Informasi Terpercaya Masa Kini

Iqbal Ramadhan: Saya Tak Gunakan Nama Ayah Saat Ditangkap Polisi

0 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Asisten pengacara publik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Iqbal Ramadhan (28), menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menggunakan nama besar ayahnya saat ditangkap Polda Metro Jaya ketika berdemonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Kamis (22/8/2024).

“Saya tidak pernah menggunakan nama besar almarhum ayah saya untuk kepentingan pribadi,” ujar Iqbal dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (27/8/2024).

Adapun, Iqbal adalah anak dari seorang purnawirawan TNI berpangkat Letnan Jenderal sekaligus menteri pada masa rezim Orde Baru.

Baca juga: Mengenal Iqbal Ramadhan, Anak Purnawirawan Letjen TNI dan Menteri Orba yang Dianiaya Aparat Saat Demo di DPR

Ibunya, Machica Mochtar, adalah seorang penyanyi terkenal di Tanah Air.

  Iqbal mengaku selalu menjaga latar belakang kedua orangtuanya dengan rapat. “Bahkan ketika saya berada dalam situasi yang sangat mengerikan di hadapan aparat bersenjata yang melecehkan, memukul, dan menendang kepala saya,” ucap Iqbal. Ia mengaku tidak sedikit pun terpikir untuk memanfaatkan nama besar ayahnya agar diberikan pengampunan oleh aparat yang sedang menyiksanya. Iqbal menjelaskan bahwa dia merasa seperti bagian dari masyarakat kecil ketika ditangkap Polda Metro Jaya saat berdemonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI. Baca juga: Cerita Iqbal Ramadhan Saat Ditangkap Aparat, Disuruh Buka Celana lalu Ditendang   “Bagaimana rasanya menjadi masyarakat kecil saat mereka ditangkap dan ditahan oleh aparat keamanan karena menuntut hak-haknya. Hak untuk bebas dari penyiksaan adalah hak semua anak bangsa di atas bumi manusia,” ucap dia. Iqbal menekankan bahwa perjuangannya di bulan Agustus 2024 ini bukan hanya tentang dirinya. “(Tapi) perjuangan ini bukan hanya tentang saya. Perjuangan di bulan Agustus 2024 milik semua pemuda yang bahu membahu melakukan perlawanan, milik semua pemuda yang mengalami kekerasan oleh aparat keamanan,” tambahnya. Ketika ditanya apakah Iqbal akan melanjutkan proses hukum atas aparat yang diduga telah menganiayanya saat penangkapan di halaman gedung wakil rakyat, dia enggan untuk melanjutkannya. Baca juga: Respons Iqbal Ramadhan Saat Disebut Anak Mami gara-gara Pulang Demo Dijemput Machica Mochtar   “Saya malas untuk diperiksa dan yakin pasti hanya berkutat pada pertanyaan, ‘ingat tidak perawakannya seperti apa?’, ‘nama pelaku siapa?’, ‘mukanya seperti apa?’, dan lain-lain. Dan tidak menghasilkan hasil yang memuaskan,” pungkas Iqbal. Iqbal menjadi salah satu korban dugaan penganiayaan dalam unjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Kamis (22/8/2024). Ketika kerumunan massa mencoba merobohkan pagar terali besi dan memasuki area gedung, Iqbal, yang khawatir akan keselamatannya, mencoba mencari perlindungan. “Waktu saya baru loncat ke dalam pelataran gedung DPR itu, tiba-tiba ada lemparan batu antara aparat dan massa,” ujar Iqbal saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2024). Dalam usaha mengamankan diri, Iqbal mendekati seorang aparat tak berseragam dan meminta bantuan.

Namun, situasi semakin memburuk ketika aparat berpakaian bebas menyuruhnya berjongkok dan meminta Iqbal membuka celana, yang diikuti oleh dugaan penganiayaan secara membabi buta.

Leave a comment