Informasi Terpercaya Masa Kini

Israel-Hizbullah Saling Tukar Pesan Usai Serangan Roket dan Drone, Ini Katanya

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Kelompok Hizbullah Lebanon dan Israel bertukar pesan melalui perantara pada Ahad untuk mencegah eskalasi lebih lanjut menyusul salah satu baku tembak terbesar antara kedua musuh dalam 10 bulan, Reuters melaporkan, mengutip dua diplomat.

Pesan utamanya adalah kedua belah pihak menganggap bahwa baku tembak intens pada Ahad telah “selesai” dan tidak ada pihak yang menginginkan perang skala penuh, kata seorang diplomat. Para diplomat tersebut berbicara dengan syarat mereka tidak disebutkan namanya.

Seorang pejabat Hizbullah sebelumnya mengatakan bahwa kelompok tersebut “bekerja” untuk memastikan serangan roket dan drone terhadap Israel pada Ahad sebagai pembalasan atas pembunuhan seorang komandan utama, Fuad Shukr, bulan lalu tidak akan memicu perang skala penuh.

Hizbullah meluncurkan ratusan roket dan drone ke Israel pada Ahad pagi, ketika militer Israel mengatakan pihaknya menyerang Lebanon dengan sekitar 100 jet untuk menggagalkan serangan yang lebih besar, dalam salah satu bentrokan terbesar dalam lebih dari 10 bulan perang perbatasan.

Tiga kematian dipastikan terjadi di Lebanon dan satu di Israel, di mana kerusakan yang ditimbulkan tampaknya terbatas. Hizbullah mengindikasikan pihaknya belum merencanakan serangan lebih lanjut. Menteri Luar Negeri Israel mengatakan negaranya tidak menginginkan perang skala penuh.

Kelompok Lebanon mengatakan mereka telah menembakkan 320 roket Katyusha ke arah Israel dan mengenai 11 sasaran militer dalam apa yang mereka sebut sebagai tahap pertama pembalasan atas pembunuhan Shukr oleh Israel.

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menggagalkan serangan yang jauh lebih besar dengan serangan udara preventif setelah menilai Hizbullah sedang bersiap melancarkan serangan, menggunakan 100 jet untuk menyerang lebih dari 40 lokasi peluncuran Hizbullah di Lebanon selatan.

Serangan tersebut menghancurkan ribuan barel peluncur, yang sebagian besar ditujukan ke Israel utara tetapi juga menargetkan beberapa wilayah tengah, kata militer Israel.

Hizbullah menolak pernyataan Israel bahwa serangan kelompok tersebut telah digagalkan dengan serangan pencegahan, dan mengatakan bahwa mereka mampu meluncurkan drone sesuai rencana dan bahwa respons mereka terhadap pembunuhan Shukr akan memakan waktu “beberapa waktu.”

Pilihan Editor: Hamas Sebut Serangan Hizbullah Merupakan Tamparan bagi Israel

REUTERS | AL ARABIYA

Leave a comment