Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Tanda Tangani Deklarasi Jakarta-Vatikan

0 11

VATICAN CITY, KOMPAS.com – Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Paul VI Audience Hall saat bertemu Ketua Umum GP Ansor dan organisasi kepemudaan lintas agama, PP Muhammadiyah, Pemuda Katolik, PERADAH Indonesia, dan GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia).

Pertemuan berlangsung pada Rabu (21/8/2024) di Vatikan. Berikut isi deklarasi tersebut:

Deklarasi Jakarta-Vatikan bertema “Keadilan dan Perdamaian untuk Dunia”.

Baca juga: Paus Fransiskus di Tengah Kritikan Kaum Konservatif dan Liberal

Kami Pemuda Lintas Iman, Dengan Ini Berkomitmen:

1. Menjadi generasi muda Indonesia yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai energi positif bagi peradaban dunia;

2. Mengajak kaum muda sedunia untuk membangun masyarakat dunia yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong;

3. Mendukung dan menyebarluaskan pandangan dan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Kehidupan Bersama (Dokumen Abu Dhabi) untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

Vatikan, 21 Agustus 2024

Ditandatangani Oleh

– Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin 

– Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma

– Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla

– Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat 

– Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan 

– Ketua Umum Gema Khonghucu Kris Tan

Baca juga:

  • Bagaimana Paus Fransiskus Mengubah Wajah Gereja Katolik
  • Kisah di Balik Terpilihnya Paus Fransiskus
  • Mengenal Sosok dan Pemikiran Paus Fransiskus

Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin mengatakan bahwa pertemuan ini sangat luar biasa. Paus Fransiskus menerima pimpinan organisasi kepemudaan lintas agama di Vatikan.

“Beliau sangat menghormati Indonesia, Pancasila, bahkan berkenan untuk menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan yang digagas anak-anak muda lintas agama Indonesia,” katanya, dikutip dari siaran pers.

Gus Addin melanjutkan, pertemuan dengan Paus Fransiskus ini bukanlah yang pertama dan terakhir karena OKP Lintas agama akan melakukan tur perdamaian dunia dengan mengunjungi Grand Syekh Al Azhar, penerima Nobel perdamaian, dan tokoh dunia lainnya

“Kita juga akan membentuk sekretariat pemuda lintas Agama se-Asia-Pasifik di Indonesia untuk mewujudkan cita-cita deklarasi Jakarta-Vatikan tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Arti Penting Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia…

Leave a comment