Informasi Terpercaya Masa Kini

Tanda Anda Memiliki Hubungan Sehat Dibandingkan dengan Hubungan yang Lainnya

0 2

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hubungan Anda dibandingkan dengan orang lain? Sangat mudah untuk terjebak dalam kebiasaan membandingkan hubungan Anda dengan pasangan yang tampak sempurna di media sosial atau hubungan yang tampaknya sempurna di sekitar Anda.

Namun kenyataannya, hubungan yang sehat tidak selalu tentang tindakan besar atau momen yang sempurna.  Dilansir dari geediting.com, Jumat (18/10), berikut 7 tanda Anda memiliki hubungan sehat dibandingkan dengan hubungan Anda yang lainnya.

  1. Rasa hormat dan kekaguman

Ini adalah tentang mengakui kekurangan mereka dan tetap mencintai mereka. Pasangan yang sehat benar-benar mengagumi satu sama lain dan menghargai kualitas, kemampuan, dan prestasi yang membuat pasangan mereka unik.

Bukan hanya sekadar mengatakan, “Aku menghargai kamu,” tetapi menunjukkannya dalam tindakan, seperti mendengarkan saat pasanganmu berbicara, menghargai pendapatnya, dan memberi mereka ruang untuk menjadi diri mereka sendiri.

Dan inilah intinya adalah, rasa saling menghormati ini tidak goyah, bahkan dalam perbedaan pendapat.

Jika Anda bisa tidak setuju dengan pasangan Anda tanpa tidak menghormati atau meremehkannya, maka itu pertanda Anda berada dalam hubungan yang lebih sehat daripada kebanyakan orang.

Percayalah, hal itu lebih jarang daripada yang Anda duga. Cinta tanpa rasa hormat adalah dangkal dan tidak mungkin bertahan lama.

  1. Komunikasi terbuka

Penelitian menunjukkan 31% pasangan yang mengakhiri pernikahan mereka menyebut ketidakcocokan sebagai alasan.Pertanyaannyaadalah bagaimana caranya?

Bagaimana Anda menikahi seseorang tanpa menyadari bahwa Anda memiliki perbedaan yang tidak dapat didamaikan?Orang-orang menghindari pembicaraan yang sulit, mengabaikan masalah, atau berasumsi pasangannya pada akhirnya akan berubah.

Hal ini menyebabkan kesalahpahaman dan harapan yang tidak terpenuhi, yang perlahan-lahan mengikis hubungan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh penulis drama George Bernard Shaw , “Masalah terbesar dalam komunikasi adalah ilusi bahwa komunikasi telah terjadi.”

Tanpa benar-benar berbicara dan mendengarkan satu sama lain, pasangan dapat bertahun-tahun berpikir bahwa mereka berada di halaman yang sama, hanya untuk kemudian menyadari bahwa mereka bahkan tidak berada dalam buku yang sama.

Hubungan yang sehat tumbuh subur melalui transparansi, membagikan pikiran, ketakutan, dan impian Anda secara terbuka, tanpa menghakimi atau takut. Itu tidak selalu mudah, tetapi sangatlah penting.

  1. Kemandirian

Kini, ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi dengarkan. Satu hal yang harus Anda tahu adalah bahwa pasangan yang lebih sehat menyadari pentingnya menjaga individualitas dalam hubungan mereka.

Ya, jatuh cinta berarti berbagi hidup dengan seseorang, tetapi tidak berarti kehilangan diri Anda sendiri dalam prosesnya.Ketahuilah bahwa kalian berdua harus memahami bahwa kalian berdua adalah individu yang unik, masing-masing dengan minat, gairah, dan tujuan sendiri.

Dalam hubungan yang lebih sehat, Anda memberi satu sama lain ruang untuk tumbuh secara individu tanpa merasa terancam atau tidak aman.

  1. Harapan yang realistis

Mari kita bersikap realistis sejenak. Sama seperti kehidupan, tidak ada dongeng dalam hubungan.Tidak ada pangeran menawan atau ksatria berbaju zirah berkilau yang akan datang untuk memikat Anda.

Dan sejujurnya, itu bukanlah gambaran hubungan yang sehat. Ini tentang memiliki harapan yang realistis terhadap satu sama lain dan hubungan itu sendiri.Ini tentang memahami bahwa pasangan Anda adalah manusia, sama seperti Anda, dengan kesalahan dan kelemahan mereka sendiri.

Hubungan yang lebih sehat bukanlah tentang menemukan seseorang yang melengkapi Anda, melainkan seseorang yang melengkapi Anda.Ini tentang dua individu yang bersatu untuk menciptakan sesuatu yang indah. Ini juga tentang menyadari bahwa akan ada pasang surut.

Akan ada hari-hari yang fantastis dan penuh cinta, dan akan ada hari-hari ketika kalian hampir tidak tahan satu sama lain. Dan itu tidak apa-apa.

  1. Konflik yang sehat

Nah, ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi. Lagipula, bukankah tidak adanya konflik merupakan tanda hubungan yang baik? Yah, belum tentu.Setiap hubungan pasti punya perselisihan. Bukan tidak adanya konflik yang membuat hubungan lebih sehat, melainkan bagaimana Anda menanganinya.

Faktanya, menghindari konflik sepenuhnya dapat menjadi tanda dinamika yang tidak sehat seperti ketakutan atau kebencian.

Seperti yang dikatakan oleh orang-orang di Psych Central, “Masalah dengan mengabaikan masalah adalah bahwa masalah yang dihadapi pasangan ini kemungkinan tidak akan hilang sampai masalah tersebut diatasi. Dan sampai masalah tersebut diatasi, rasa kesal dapat muncul.”

Di sisi lain, konflik yang sehat melibatkan penyelesaian masalah secara langsung, dengan rasa hormat dan pikiran terbuka. Ini tentang menemukan penyelesaian yang memuaskan kedua belah pihak, bukan satu pihak yang selalu mengalah demi menjaga perdamaian.

Artinya mengetahui kapan harus berkompromi dan kapan harus teguh pada pendirian. Percayalah, sedikit konflik sesekali bukanlah hal yang normal; itu perlu untuk pertumbuhan. Jadi, jangan menghindar darinya. Terima saja.

  1. Kepercayaan dan kesetiaan

“Kerentanan adalah tempat lahirnya cinta, rasa memiliki, kegembiraan, keberanian, empati, dan kreativitas.” — Brené Brown.Menjadi rentan dalam suatu hubungan itu kuat, tetapi itu juga salah satu hal tersulit untuk dilakukan.

Banyak orang, terutama di awal-awal karier, mencoba menjaga diri, menyembunyikan sebagian jati diri mereka karena takut ditolak.Namun inilah kebenarannya, tanpa kerentanan, Anda tidak dapat membangun keintiman sejati.

Keterbukaan itu menumbuhkan kepercayaan, memperdalam hubungan, dan memungkinkan kedua orang untuk benar-benar melihat dan dilihat.

  1. Nilai-nilai bersama

Baiklah, langsung saja ke intinya. Pada akhirnya, cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan hubungan.Anda bisa mencintai seseorang dengan sepenuh hati, tetapi jika nilai-nilai inti Anda berbenturan, jalan yang akan Anda tempuh akan berbatu.

Dalam hubungan yang lebih sehat, pasangan berbagi nilai dan tujuan hidup yang sama. Ini tidak berarti Anda harus menyetujui segala hal, jauh dari itu.Tetapi keyakinan dasar Anda tentang apa yang penting dalam hidup harus selaras. Ini tentang menginginkan hal yang sama, memiliki visi yang sama untuk masa depan.

Ini tentang menghargai nilai-nilai satu sama lain, bahkan jika nilai-nilai itu tidak sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai Anda.Jika Anda dan pasangan mendayung perahu ke arah yang sama, jika Anda memiliki pemahaman bersama tentang apa yang paling penting bagi masing-masing, maka itu merupakan indikasi kuat dari hubungan yang lebih sehat.

Ini bukan tentang berubah demi seseorang atau mengharapkan mereka berubah demi Anda. Ini tentang menemukan orang yang cocok dengan Anda sebagaimana Anda berdua. Dan itu, teman-teman, adalah sesuatu yang benar-benar istimewa.(jpc)

Leave a comment