Informasi Terpercaya Masa Kini

Berapa Lama Usia Layak Pakai Ban Mobil?

0 12

JAKARTA ,KOMPAS.com – Kondisi ban yang sudah tidak layak pakai dapat menjadi faktor utama dalam kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, setiap pengemudi penting untuk mengetahui kapan saatnya mengganti ban dan bagaimana merawatnya dengan baik demi menjaga keselamatan berkendara.

Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, mengatakan bahwa tidak ada jawaban pasti mengenai berapa lama usia layak pakai ban mobil.

Baca juga: Waspada Modus Pencurian Motor Berkedok Debt Collector

“Tidak ada jawaban pasti sih, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan pengemudi untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi ban mereka dan menghindari mengemudi dengan ban yang tidak aman,” ujar Fisa kepada Kompas.com, Kamis (15/8/2024).

Menurut Fisa, banyak faktor yang memengaruhi usia pakai ban, seperti perawatan, gaya berkendara, dan kondisi jalan yang dilalui sehari-hari.

“Rata-rata, orang berkendara sejauh 20.000 hingga 25.000 km setahun, yang berarti ban berkualitas baik rata-rata akan bertahan antara tiga hingga lima tahun, tergantung pada perawatan, gaya dan kondisi mengemudi,” jelasnya.

Baca juga: PO Widji Lestari Luncurkan Bus Pariwisata Baru, Pakai Kelir Anyar

Untuk memastikan ban tetap dalam kondisi optimal, Fisa merekomendasikan pengecekan tekanan udara secara rutin, rotasi ban, serta menjaga keseimbangan dan kelurusan roda.

Hal ini penting agar ban tidak mengalami keausan yang tidak merata, yang bisa memperpendek umur pakai ban dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Leave a comment