Informasi Terpercaya Masa Kini

AIRLANGGA Dikabarkan Diperiksa Kejagung Soal Dugaan Korupsi Izin Minyak Sawit,Ini Kata Adies Kadir

0 3

TRIBUN-MEDAN.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dikabarkan diperiksa Kejagung dugaan korupsi izin ekspor minyak sawit mentah dan turunannya (CPO) hari ini, Selasa (20/8/2024). 

Sebelumnya, Airlangga menyatakan mundur dari jabatan Ketua Umum Golkar. 

Pengunduran diri Airlangga bikin kaget sejumlah politisi. Mereka menduga ada campur tangan pihak istana terkait ini. 

Setelah pengunduran diri ini, Golkar langsung gerak cepat menggelar Rapimnas untuk menentukan Ketua Umum yang baru. 

Satu kandidat yang berpotensi menjadi ketua yakni Bahlil Lahadalia yang baru saja dilantik menjadi Menteri ESDM. 

Bahlal satu-satunya yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum Golkar. 

Kabar pemeriksaan Airlangga ini dijawab Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Adies Kadir.

Adies Kadir mengaku belum mengetahui soal isu pemanggilan mantan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto ke Kejaksaan Agung terkait kasus korupsi izin ekspor minyak sawit mentah dan turunannya (CPO) pada hari ini, Selasa (20/8/2024).

Hal itu disampaikan Adies di sela-sela penyelenggaraan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di Jakarta.

“Terus terang kami belum dengar karena kami lagi sibuk Rapimnas,” kata Adies.

Adies berharap tak ada kasus hukum yang menimpa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu setelah tak lagi menjadi sebagai Ketua Umum Golkar.

“Dan kami tidak berharap bahwa pak Airlangga Hartarto itu harus mengalaami atau menjalani proses hukum,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan tidak mengetahui ihwal pemeriksaan mantan Ketua Umum Golkar pada hari ini.

“Terus terang kami belum dengar karena lagi sibuk Rapimnas [Rapat Musyawarah Nasional] dan tidak tahu kalau pak Airlangga harus menjalani proses hukum,” ucap Agus di tempat yang sama.

Baca juga: Detik-detik Belasan Pendaki Berlarian Nyaris Diterjang Erupsi Gunung Dukono, Mendaki tanpa Izin

Baca juga: Alasan TKW Karsini Nekat Robohkan Rumah Mantan di Pati, Ditinggal Nikah, Sudah Kirim Uang Rp250 Juta

Golkar Sumut Dukung Bahlil Jadi Ketua Umum

Ketua Golkar Sumut Musa Rajekshah atau Ijeck secara terbuka telah menyampaikan dukungan terhadap Bahlil Lahadalia sebagai calon ketua umum Golkar menggantikan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri. 

“Kita memang Golkar Sumut sudah mengeluarkan dukungan kepada pak Bahlil untuk sebagai calon ketua Umum Golkar, ” kata Ijeck kepada Tribun Medan, Rabu (14/8/2024). 

Ijeck menjelaskan sejumlah alasan mengapa Golkar Sumut memutuskan mendukung menteri Investasi itu menggantikan Airlangga Hartarto yang mundur dari ketua umum Golkar. 

Ijeck menilai Bahlil adalah kader Golkar yang dapat membawa kemajuan bagi Golkar. 

“Ya kita tau pak Bahlil orang mendukung kemajuan Golkar dan kita juga mendukung itu. Secara pribadi saya juga kenal dan secara organisasi juga turut sebagai kader Golkar dan menteri, tidak ada hal hal yang negatif. Berita berita juga tidak ada negatif, semua baik baik saja,” kata Ijeck. 

Golkar sendiri telah menunjuk ketua umum Golkar lewat Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang digelar pada Selasa, 13 Agustus 2024 malam.

Adapun Wakil Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi ditunjuk Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Golkar.

Golkar pun berencana melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar dan Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Golkar pada 20 Agustus. 

Dalam munas nanti, Golkar akan memilih calon ketua umum yang baru. Ijeck berharap munas Golkar nanti dapat berjalan baik dan lancar. 

“Jadi tidak ada salahnya juga Sumut mendukung pak Bahlil sebagai calon ketua umum Golkar. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata dia. 

(*/tribun-medan.com) 

Baca berita TRIBUN MEDAN lainnya di Google News

Ikuti juga informasi lainnya di Facebook, Instagram , Twitter dan WA Channel

Leave a comment