Informasi Terpercaya Masa Kini

Penderita Hipertensi Pantang Konsumsi Makanan Ini

0 11

TRIBUNHEALTH.COM – Sobat sehat, sudah tak asing lagi bukan mendengar tentang hipertensi?

Ya, hipertensi memang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Ternyata, penderita hipertensi ini perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Hipertensi atau dikenal juga dengan tekanan darah tinggi ini merupakan kondisi di mana besarnya tekanan sirkulasi darah terhadap dinding atreri yang merupakan pembuluh darah utama.

Perlu sobat sehat ketahui, ternyata hipertensi bisa menyebabkan terjadinya komplikasi seperti strpke, penyakit jantung hingga kematian.

Baca juga: Tips Memilih Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Sebenarnya hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa dicegah dengna mengubah pola hidup dan mengatur pola makan.

Tentu saja penderita hipertensi juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap jari agar tak berisiko terhadap lonjakan tekanan darah.

Melansir herminahospitals.com, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organizatipn (WHO) menyarankan untuk membatasi asupan garam dalam sehari. Sebaiknya konsumsi daram kurang dari 5 gram per hari.

Natrium dan garam bisa mempengaruhi tekanan darah, sehingga dengan membatasi dan mengontrol konsumsi garam bisa menjaga tekanan drah dan mengurangi risiko terjadinya hipertensi.

1. Kulit Ayam

Baca juga: Kalender Februari 2024 Bertabur Tanggal Merah dan 1 Hari Cuti Bersama

Dibalik rasa yang enak, ternyata kulit ayam mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Sebaiknya penderita hipertensi menghindari konsumsi kulit ayam. Terlebih jika cara mengolahkan dengan di goreng.

2. Garam

Garam atau natrium ternyata bisa mengikat cairan yang menyebabkan volume darah meningkat. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah. Penderita hipertensi disarankan konsumsi garam maksimal 1.500 gram per hari atau setara dengan 1 sendo teh.

3. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis yang mengandung tinggi kalori bisa membuat berat badan bertambah lebih cepat. Perlu sobat sehat ketahui jika berat abdan berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Adanya tumpukan lemak menyebabkan jantung harus bekerja ekstra. Maka dari itu, dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman manis ini dikatakan baik untuk mencegah hipertensi.

4. Acar

Acar merupakan campuran pada makanan yag menyegarkan saat disantap. Biasanya, pada proses pembuatan acar ditambahkan garam agar lebih awet, sehingga acar kurang baik dikonsumsi penderita darah tinggi.

5. Kopi

Jika sobat sehat memiliki penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya konsumsi kopi dibatasi. Pasalnya, kopi bersifat diuretik dan bisa mempengaruhi kinerja jantung menjadi lebih cepat.

6. Alkohol

Sobat sehat, ternyata sering konsumsi alkohol jadi pemicu nainya tekanan darah, Selain itu, alkohol juga bisa merusak dinging pembulih darah hingga meningkatkan komplikasi lebih lanjut

Tentunya sobat sehat perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman, terutama jika sobat sehat memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

(TribunHealth.com/PP)

Leave a comment