Informasi Terpercaya Masa Kini

MotoGP Austria 2024 – Balikkan Keadaan dari Terpuruk Langsung Lolos ke Q2, Marc Marquez Pede Hanya Tertinggal 1 Langkah dari Francesco Bagnaia dan Jorge Martin

0 11

BOLASPORT.COM – Pembalap Gresini, Marc Marquez, mengatakan bahwa ia tidak lagi tertinggal dua atau tiga langkah di belakang pesaing gelar MotoGP, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin (Pramac).

Pernyataan ini dibuat setelah menunjukkan kecepatan yang kuat dalam sesi hari pertama MotoGP Austria 2024 di Red Bull Ring, Jumat (16/8/2024).

Di sirkuit yang terletak di Spielberg yang pendek dengan 10 tikungan, Marquez mencatat waktu putaran terbaik 1 menit 28,858 detik dengan motor Ducati GP23 miliknya pada latihan kedua untuk finis di urutan keempat tercepat.

Pembalap 31 tahun itu tertinggal dari 0,350 detik dari Bagnaia.

Posisi ke-18 pada FP1 tidak terlihat bagus, tetapi posisi Marquez yang rendah tidak mencerminkan kecepatannya, karena telah ‘kalah’ pada putaran yang jauh lebih cepat, atau perasaannya terhadap motor.

Marquez dengan tepat melompati catatan waktu untuk memimpin di sesi sore, dalam perjalanannya ke posisi ke-4 dan langsung masuk ke kualifikasi 2.

Yang lebih mengesankan, ia melaju dalam jarak yang dekat dari dua pembalap Pramac, Franco Morbidelli dan  Jorge Martin, yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga pada akhir sesi yang berlangsung selama satu jam.

Itu adalah perubahan besar dari performa yang telah ia tunjukkan di beberapa putaran terakhir.

Ima memulai dengan langkah yang lambat pada Jumat sebelum secara bertahap menemukan kecepatan yang lebih tinggi untuk menjadi kompetitif pada hari balapan.

Marquez merasa bahwa ia kini telah memperkecil jarak secara signifikan dengan para pembalap terdepan MotoGP di Austria.

Baca Juga: Update Susunan Pembalap MotoGP 2025 – Akhirnya Bertabur Rookie Lagi, Somkiat Chantra Resmi Gusur Takaaki Nakagami di LCR Honda

“Saya kesulitan dalam kecepatan balapan dan melakukan kesalahan (di FP1), karena kami mengalami masalah yang sama dengan Austin pada rem,” kata Marquez dilansir dari MotoSport.

“Tetapi, kemudian tim yang berpengalaman di Austin melakukan perbaikan pada sore hari dan hasilnya jauh lebih baik.”

“Mereka juga memberi saya beberapa kiat tentang gaya berkendara dan saya selanjutnya mampu menyerang dan itu membuat saya sedikit lebih konsisten dalam kecepatan balapan.”

“Saya merasa baik. Perasaan dengan motor jauh lebih baik daripada balapan terakhir. Bahkan, pada balapan terakhir saya merasa kami tertinggal dua, bahkan tiga langkah di belakang para pembalap teratas.”

“Saat ini kami tertinggal satu langkah di belakang para pembalap teratas. Jadi ini sudah merupakan pertanda baik.”

Meskipun telah meraih empat podium grand prix sejauh ini pada 2024, termasuk tiga kali berturut-turut antara Jerez dan Barcelona, ​​Marquez belum pernah naik podium teratas bersama Ducati.

Meski mengakui bahwa ini adalah salah satu hari Jumat terbaik yang pernah dinikmatinya sejauh ini, juara enam kali itu tetap merasa tidak berada di grup yang sama dengan Bagnaia dan Martin di Spielberg.

Ketika ditanya apakah ia yakin memiliki peluang untuk memenangkan GP Austria, balapan yang tidak pernah dimenangkannya selama di Honda, pembalap Spanyol itu berkata: “Tidak. Saya ingin mengatakan ya, tetapi sayangnya (tidak).”

Baca Juga: MotoGP Austria 2024 – Bagnaia Tuju Hattrick Kemenangan, Marc Marquez dan 2 Pembalap Lain Jadi Kandidat Gagalkan Pesta

“Memang benar kami lebih dekat dan saya merasa seperti satu langkah di belakang Bagnaia dan Martin, yang merupakan pembalap teratas,” ujar Marquez.

“Kami berada di grup kedua bersama Morbidelli, Bastianini, dan saya. Jadi mari kita lihat apakah besok saya dapat bekerja dengan detail-detail kecil dan menjadi sedikit lebih konsisten.”

Meskipun Ducati secara umum tampil baik di Austria, dengan tujuh dari delapan pembalapnya ada di posisi 10 besar, Marquez juga yakin ban berperan dalam peningkatan performanya di sirkuit tersebut.

Spielberg adalah salah satu dari tiga lintasan tempat Michelin menghadirkan profil ban yang berbeda.

Hal ini membuat para pembalap lega meski belum sepenuhnya terbiasa dengan karet standar 2024.

“Bagi saya, dengan ban ini, saya merasa lebih alami,” ucap pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu.

“Dengan ban belakang baru yang mereka bawa tahun ini (selama sebagian besar musim, tetapi tidak untuk Spielberg), teknologi baru, saya tidak merasakannya secara alami dari tepi hingga traksi.”

“Saya merasa banyak mengubah cengkeraman antara satu dan jenis ban lainnya seperti dua ban yang berbeda.”

“Namun, dengan yang satu ini jauh lebih alami, dan bagi saya pergerakan motor lebih dapat diprediksi.”

“Ini adalah salah satu hari Jumat terbaik musim ini. Memang benar Sachsenring bagus, tetapi sayangnya pada sore hari saya mengalami kecelakaan besar.”

“Namun hari ini adalah hari Jumat yang sangat baik. Saya sudah mengatakan bahwa saya perlu mendekati FP1 sedikit berbeda karena sebelumnya saya mengalami beberapa kecelakaan yang tidak saya pahami.

 

Marquez menuju balapan Sprint Sabtu (17/8/2024) di posisi keempat dalam kejuaraan dunia, 13 poin di belakang pemenang dua kali Silverstone Bastianini.

Leave a comment