Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2024 – Jorge Martin Jadi Pole Sitter dengan Rekor Baru Saat Francesco Bagnaia Apes, Marc Marquez Tiga Besar

0 11

BOLASPORT.COM – Keberhasilan pembalap Prima Pramac, Jorge Martin, merebut pole position dengan rekor lap gemilang menjadi hasil kualifikasi MotoGP Austria 2024.

Kedigdayaan Francesco Bagnaia dalam mengarungi Red Bull Ring, Spielberg, Austria disamarkan penampilan menawan Jorge Martin yang  di kualifikasi MotoGP Austria 2024, Sabtu (17/8/2024).

Martin kembalu menunjukkan tajinya meski tampil dalam keadaan tangan yang cedera. Runner-up MotoGP 2023 itu membukukan lap waktu tercepat dengan 1 menit 27,748 detik yang menjadi rekor baru.

Itu menjadi pole position kelima Martin sepanjang musim MotoGP 2024.

Sementara Bagnaia yang sempat mengamankan spot teratas, harus puas di tempat kedua.

Motornya sempat mengalami masalah di akhir sesi kualifikasi. Dia terpaksa melambat ke pinggir lintasan sambil melambaikan tangan kepada marshal.

Posisi ketiga diamankan Marc Marquez.

Sedangkan  Aleix Espargaro juga diam-diam mampu menembus dominasi Ducati dengan posisi keempat. 

Baca Juga: MotoGP Austria 2024 – Dibuka Crash-crash Ngeri, Kecerobohan Besar Pedro Acosta hingga Bergulingnya Fabio Di Giannantonio Sampai Putuskan Mundur

Dibuka dengan sesi Q1 yang memperebutkan dua spot teratas untuk kelayakan menuju Q2, Pedro Acosta, Jack Miller dan Fabio Quartararo tampil kuat sejak awal.

Terutama Acosta yang terlihat mendorong keras sejak memasuki sirkuit. Satu putaran pertama langsung mengancam, Acosta membukukan 1 menit 29.393 detik.

Quartararo juga tak mau kalah dengan M1 Yamaha dengan 1 menit 29,667 detik dan mengamankan tempat kedua.

Acosta akhirnya menembus waktu 1 menit 28,864 detik. Spot kedua direbut Jack Miller yang juga tembus di 1 menit 28 detik.

Quartararo hampir saja menembus spot dua besar lagi tetapi sayangnya M1 kurang bisa diajak kerja sama saat melintasi Tikungan 1.

Kejutan kembali ditunjukkan pembalap wildcard KTM, Pol Espargaro yang mampu menembus waktu 1 menit 28,635 detik dan sementara ini mengamakan spot teratas sesi Q1.

Tak berselang lama, posisi teratas direbut Jack Miller yang membukukan 1 menit 28,567 detik.

Acosta dan Quartararo apes kehilangan beberapa sepersekian detik di sektor tiga.

Memasuki sesi Q2, Francesco Bagnaia menjadi pembalap pertama yang memasuki lintasan yang langsung diikuti Miller dan Marc Marquez.

Persaingan sengit langsung tersaji antara Bagnaia, Marquez dan Martin. Ketiga penunggang Desmosedici GP Ducati itu tampil cepat di setiap sektor Red Bull Ring.

Bagnaia langsung unjuk gigi dengan 1 menit 28,605 detik dan mengamankan posisi pertama.

Juara Dunia tiga kali itu kembali mempertajam waktunya dengan 28,142 detik yang sekaligus jadi rekor lap baru di Red Bull Ring pada sesi kualifikasi.

Martin dan Marquez merespons dengan catatan waktu lap yang tak kalah hebat, tetapi masih tertinggal sekitar 0,2 detik. Bagnaia, Martin dan Marquez sementara berada di tiga posisi teratas.

Morbidelli nyaris mengalami insiden ketika tergelincir di tikungan 4 yang memang jadi titik paling berat. Sedangkan Pol Espargaro crash di tikungan 3 da membuat yellow flag dikibarkan.

Aksi Martin yang tampil dengan cedera di ibu jari kirinya akibat terpisau, baru terlihat di dua menit terakhir dengan catatan waktu 1 menit 27,748 detik.

Hasil Selengkapnya Menyusul…

Baca Juga: MotoGP Austria 2024 – Pimpin Klasemen, Jorge Martin Perhitungkan Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini daripada Marc Marquez

Leave a comment