Informasi Terpercaya Masa Kini

11 Susu Formula Terbaik untuk Balita 1-3 Tahun Rendah Gula

0 7

Pemberian susu formula dapat menjadi pengganti ASI dalam membantu tumbuh kembang si Kecil. Namun dalam pemberiannya, Mama perlu memperhatikan kandungan gizi yang berbeda di dalam susu. Pastikan kamu memilih susu formula yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak.

Satu yang penting adalah melihat kandungan pada susu formula anak. Pada umumnya, semua produk susu memiliki beberapa nutrisi utama, seperti; protein, karbohidrat, gula, lemak, vitamin, dan mineral. Namun pada beberapa susu formula ditemukan kandungan gula yang tinggi.

Kementrian Kesehatan RI sendiri membatasi konsumsi gula pada anak 1-3 tahun hanya 25 gram maksimal atau setara dengan 3-4 sendok the per harinya. Kandungan gula yang perlu dihindari adalah gula yang ditambahkan dalam makanan sehar-hari mereka, misalnya pada produk susu formula anak.

Susu formula dengan tingkat gula yang tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti merusak gigi anak, mengganggu kerja sistem imun, bahkan dapat menyebabkan munculnya masalah obesitas pada anak balita.

Ada baiknya kita menghindari masalah-masalah kesehatan si Kecil dengan mengganti produk susu formula mereka ke produk yang rendah kandungan gula.

Tenang saja Ma, Popmama.com siap membantu dengan memberikan rekomendasi 11 susu formula terbaik untuk balita 1-3 tahun rendah gula!

1. Arla Pure Grow Organic

Arla Pure Grow Organic adalah susu formula organik pertama yang ada di Indonesia. Susu ini terbuat dari bahan yang sepenuhnya organik (99%) dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil seperti Omega 3 & 6, FOS & GOS. Arla Pure Grow Organik telah mendapatkan sertifikasi oleh European Union Organic Certification maupun sertifikasi Organik Indonesia.

Susu ini berasal langsung dari sapi yang makan rumput organik, bebas dari hormon pertumbuhan, dan hidup di lahan yang bebas dari unsur kimiawi.

Pure Grow Organic memastikan nutrisi yang terkandung didalamnya sepenuhnya alami, tanpa zat-zat kimia tambahan. Selain itu, Arla Pure Grow Organic juga tidak mengandung gula tambahan, selain gula yang secara alami terkandung di dalam susu sapi.

Arla Pure Grow  Organic bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun kaena dipenuhi dengan zat yang membantu tumbuh kembang mereka, seperti omega-3 dan omega-6, FOS dan GOS, DHA, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, zat besi, kalsium, dan zinc.

2. Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi

Produk susu formula lainnya yang datang dari Morinaga. Kali ini kita punya Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun.

Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi memiliki kandungan nutrisi lengkap, dengan adanya Probiotik Triple Bifi dan Prebiotik GOS untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Susu ini juga dilengkapi dengan kandungan DHA, Zat Besi, Kalsium dan Vitamin D yang tinggi.

Beberapa kandungan lain dalam Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi seperti AA & DHA yang penting dalam struktur dan perkembangan otak, memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi dan membantu memperbaiki profil asam amino sehingga lebih mendekati ASI. Akibatnya, susu ini baik untuk pencernaan dan dapat meningkatkan kualitas tidur si Kecil.

Ada juga kandungan klorin yang membanagu perkembangan sel syaraf dan memperkuat daya ingat (memori). Zat Besi yang berperan dalam proses perkembangan sistem syaraf. Lalu Omega 6 & Omega 3 yang merupakan bahan pembentuk AA & DHA.

Lalu terdapat Triple Bifidus yang merupakan gabungan 3 bakteri baik Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63 yang berperan dalam kesehatan saluran pencernaan & mendukung daya tahan tubuh yang optimal.

Produk susu Chil Kid Platinum MoriCare+ Triple Bifi merupakan susu formula yang tidak megandung gula. Susu ini membantu mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan lebih optimal.

3. Chil Kid Soya MoriCare+ Triple Bifi

Susu formula rendah gula berikutnya datang dari Morinaga. Susu Chil Kid Soya Moricare+ Triple Bifi sendiri merupakan susu pertumbuhan yang cocok untuk anak usia 1-3 tahun dengan intoleransi laktosa atau menderita galaktosemia.

Chil Kid Soya Moricare+ Triple Bifi memiliki formula yang telah disempurnakan, dan terbuat dari kedelai. Meski begitu susu formula ini tetap mengandung gizi penting, seperti DHA, asam amino dan omega 3 & 6 , serat FOS, dan protein soya yang tinggi.

Produk susu ini membantu meningkatkan pertahanan tubuh si Kecil. Termasuk membantu kecerdasan multitalentanya berkembang dan mendukung tumbuh kembang optimal dari kandungan SINBIOTIK (sinergi kombinasi probiotik triple bifi + prebiotik serat FOS) yang terdapat dalam susu ini.

Susu ini juga 100% Terbuat dari Isolat Protein Kedelai yang mudah dicerna si Kecil serta diperkaya L-Metionin, Sistein, Taurin, Karnitin, Asam Amino Esensial, Vitamin dan Mineral untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Chil Kid Soya Moricare+ Triple Bifi memiliki kandungan gula yang rendah, hanya sekitar 4 g total dalam setiap penyajiannya. Membuat produk ini tidak menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas pada anak.

4. Enfagrow A+3 MFGM Pro

Enfagrow A+3 MFGM Pro adalah susu formula untuk anak usia 1-3 tahun yang mendukung pertumbuhan anak karena mengandung MFGM Pro dan DHA tinggu untuk membantu perkembangan otaknya.

Susu formula ini juga kaya akan gizi yang penting bagi tubuh anak. Seperti kadar DHA 35 mg/saji membantu memenuhi kebutuhan DHA harian. Ada juga kandungan Omega-3 (ALA) & Omega-6 (LA) tinggi yang mendukung perkembangan otak. Beta Glucan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar pembelajaran si kecil lebih baik. Dan tentunya 0% Sukrosa untuk varian rasa originalnya.

Beberapa kelebihan lain susu ini di antaranya seperti berikut.

  • Sumber Kolin.
  • Tinggi Zat Besi.
  • Tinggi Zink & Vitamin C.
  • Tinggi Vit B1, B2, B3, B5, B6, B12 .

Enfagrow A+ 3 MFGM Pro sendiri tersedia dengan 3 rasa berbeda, Vanila, Madu, dan Original yang tetap enak dan pastinya disukai si Kecil.

5. Enfagrow Essential 3

Enfagrow Essential 3 merupakan salah satu susu formula rendah gula. Susu ini mendukung pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan diperkaya kandungan DHA 25 mg/saji, Omega 3&6, 14 vitamin & 9 mineral untuk mendukung kecerdasan si Kecil.

Enfagrow Essential 3 diperkaya dengan 10 nutrisi penting untuk anak tumbuh tanggap, tangkas, dan tangguh. Susu pertumbuhan ini diformulasikan untuk memberikan nutrisi optimal anak Indonesia.

Adanya kandungan Formula Nutriq+ dengan Omega 3&6 baik untuk perkembangan otak, tinggi Vitamin dan Zink untuk daya tahan tubuh, serta tinggi kalsium untuk pertumbuhan optimal si Kecil.

Susu Enfagrow Essential tersedia dalam rasa Vanilla yang enak dan tidak memiliki gula tambahan (0 g sukrosa) sehingga aman untuk anak.

6. Frisian Flag Primagro 1+

Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Produk ini dikembangkan dengan formula yang lebih sehat dengan gula lebih rendah.

Frisian Flag Primagro 1+ mengandung banyak gizi yang berguna bagi perkembangan tubuh si Kecil, seperti adanya Complete AAE (9 Asam Amino Esensial).  Kandungan Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Minyak Ikan dan Zat besi, zat gizi untuk mendukung si Kecil menjadi pintar dan berakal kreatif

Susu ini juga diperkaya dengan serat pangan inulin, tinggi vitamin A, C, E, Zinc (seng) dan selenium, zat gizi yang membanatu mendukung daya tahan tubuh si Kecil menjadi kuat dan tangkas

Susu Frisian Flag Primagro 1+ merupakan satu-satunya susu formula yang Sialic Acid dan Sphingomyelin yang berperan penting untuk mendukung memori otak si Kecil.

Frisian Flag Primagro 1+ memiliki beragam pilihan rasa yang lezat, seperti rasa madu, vanila dan cokelat.

7. Friso Gold® 3

Friso Gold® 3 adalah pilihan susu yang tepat untuk anak balita usia 1 sampai 3 tahun. Dibuat dengan NOVAS Signature Milk yang berkualitas tinggi dan berasal dari peternakan di Belanda.

Susu ini memiliki karakteristik unik yaitu dengan adanya molekul kecil yang mengunci stuktur protein sehingga mudah dicerna anak.

Friso Gold® 3 tidak dibuat dengan penambahan rasa dan gula. Susu ini diformulasikan khusus dengan nutrisi yang esensial sesuai dengan perkembangan anak, seperti prebiotic, probiotics, DHA, nukleotida, Vitamin D dan Selenium.  Kandungan gizi tersebut membantu mendukung pertahanan dan daya imun tubuh anak.

8. Isomil Plus Advance Soya

Produk susu formula anak terakhir yang rendah gula adalah susu Isomil Plus Advance Soya. Susu pertumbuhan anak ini dilengkapi dengan isolat protein kedelai yang bebas susu sapi dan bebas laktosa yang diformulasikan khusus untuk anak usia 1-10 tahun.

Isomil Plus Advance Soya cocok dikonsumsi oleh anak anak yang mengalami intoleransi laktosa, alergi protein susu sapi, atau galaktosemia. Karena tidak mengandung susu sapi dan laktosa, namun tinggi protein dan kalsium.

Kandungan protein dan kalsium di dalamnya membantu pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi si Kecil.

Susu ini cocok digunakan sebagai asupan yang membantu tumbuh kembang anak karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Seperti; Vitamin A, C, E, D3, K1, B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam Pantotenat), B6 (Piridoksin), B12, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Yodium, Zink, Selenium, Mangan, Kolin, Tembaga, Klorida, Biotin, Taurin,  dan L-Karnitin.

9. Morinaga Chil*Go! 1+

Chil Go Powder 1+ adalah susu formula rendah gula untuk anak usia 1-3 tahun yang diolah dengan kualitas Jepang yang tinggi.

Menghasilkan susu dengan kandungan nutrisi baik untuk mendukung daya tahan dan kebutuhan nutrisi harian Anak, yaitu serat pangan Inulin, Vitamin A, C, E, Zink, dilengkapi Minyak Ikan, Omega 3 & 6, dan Kolin.  

Morinaga Chil Go! 1+ juga dilengkapi dengan 14 vitamin & 7 mineral. Termasuk di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial untuk mendukung daya tahan tubuh, tumbuh kembang Anak sesuai tahapan usianya, serta dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Kandungan 9 asam amino esensial berperan dalam mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh si Kecil. Berikut adalah 9 asam amino esensial yang terdapat dalam Morinaga Chil Go! 1+; histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

Susu bubuk ini juga mengandung serat pangan inulin yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Serat pangan membantu menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan gerakan usus menjadi lebih teratur. Sehingga menghindari si Kecil dari risiko sembelit.

Terdapat dua pilihan rasa susu Morinaga Chil Go! 1+ yang cocok untuk anak, yaitu rasa vanila dan madu. Kedua rasanya lezat meski tidak memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga memudahkan anak mau minum susu.

10. Sustagen Junior 1+

Susu formula rendah gula berikutnya adalah susu Sustagen Junior 1+. Susu ini merupakan produk susu pertumbuhan yang diformulasikan oleh Mead Johnson untuk anak usia 1-3 tahun dan memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti Zinc, Zat Besi, Asam Folat, Tiamin dan Vitamin B12.

Sustagen Junior 1+ membantu mendukung anak-anak 1-3 tahun memenuhi nutrisi sesuai angka kecukupan gizi (AKG).

Untuk itu, produk susu ini memilik sejumlah nutrisi penting seperti berikut.

  • Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Kalsium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Zat Besi yang membantu pembentukan haemoglobin dalam sel darah merah yang berperan sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Tiamin yang bekerja sebagai ko-enzim yang mengubah karbohidrat menjadi energi

Sustagen Junior 1+ memiliki 2 varian rasa yang disukai anka, yaitu rasa Vanila dan Madu. Produk ini juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga cocok untuk anak-anak yang sensitif terhadap gula.

11. Susu vidoran Xmart 1+

Susu Vidoran Xmart 1+ merupakan pilihan susu formula rendah gula dengan rasa vanilla yang lebih enak. Susu pertumbuhan ini merupakan yang pertama dengan yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.

Cod liver oil atau minyak hati ikan kod dalam susu ini dikenal mengandung Omega 3 (DHA + EPA) dan tinggi vitamin A & D alami. Kandungan ini berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan Otak, meningkatkan daya tahan dan tumbuh kembang anak.

Selain itu, ada juga kandungan serat Pangan Inulin, serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak. Dan asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Susu Vidoran Xmart 1+ juga memiliki kandungan tinggi protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sebelas produk susu formula anak rendah gula di atas dapat menjadi pilihanmu untuk menjaga batas konsumsi gula si Kecil. Selalu pilih asupan makanan dan minuman yang bergizi tinggi untuk anak-anak mama ya!

Baca juga:

  • 14 Rekomendasi Merek Susu UHT untuk Anak 1 Tahun
  • 5 Manfaat Susu UHT Cokelat untuk Tumbuh Kembang Anak
  • 7 Ciri-Ciri Anak 2 Tahun Tidak Cocok dengan Susu Formula
Leave a comment