Informasi Terpercaya Masa Kini

Pamer Gim MOBA Lokal, Luhut Sayangkan Pasar RI Didominasi Asing

0 12

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan Lokapala, gim asli karya anak bangsa, dan mengajak masyarakat mengutamakan bermain gim lokal daripada asing.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Luhut mengatakan Lokapala merupakan gim MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) berbasis IP (Intellectual Property) yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios.

“Terinspirasi dari penelitian budaya, tokoh mitologi dan sejarah Nusantara, Lokapala menjadi gim esports pertama asal Indonesia dan satu-satunya dari Asia Tenggara,” katanya, dikutip Kamis (8/8).

Luhut mengungkapkan, Indonesia tercatat sebagai pasar mobile game terbesar ketiga di seluruh dunia, berdasarkan hasil unduhan di Google Play. Pada 2025 mendatang, potensi pasar gim Indonesia diprediksi mencapai USD 2,5 miliar atau setara Rp 36 triliun.

“Sayangnya, pangsa pasar gim di Indonesia masih didominasi oleh gim asing. Sedangkan gim lokal hanya menguasai 0,5 persen saja,” ungkapnya.

Dia pun melihat potensi besar industri gim nasional bukan hanya sebagai entertainment semata, melainkan juga sebagai alat edukasi yang efektif dan kreatif. Menurutnya, melalui gim, nilai-nilai budaya dan kekayaan tradisi nusantara bisa diperkenalkan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Selain itu, lanjut dia, gim juga menjadi medium penyampai pesan-pesan edukatif untuk memperkenalkan sejarah peradaban bangsa dan kearifan lokal kepada generasi muda, dengan cara yang lebih interaktif dan menarik.

“Beberapa gim buatan Indonesia telah berhasil menjadi salah satu instrumen penguatan diplomasi ekonomi dan budaya, baik di regional maupun internasional,” tutur Luhut.

Adapun pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Luhut menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan potensi besar yang dimiliki oleh para developer gim lokal dan menjadikan gim buatan Indonesia sebagai bagian dari industri global yang terus berkembang.

Luhut melanjutkan, dalam rangka merayakan Hari Gim Nasional tahun ini, pemerintah berharap partisipasi dan kontribusi masyarakat Indonesia yang begitu besar dalam mendukung dan memprioritaskan gim buatan lokal.

“Mari kita gunakan dan nikmati gim-gim lokal. Hal tersebut bukan hanya mendukung para developer dan industri kreatif dalam negeri, tetapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

“Saya ingin di masa depan, generasi muda kita bukan hanya menjadi konsumen gim saja, tetapi mereka menjadi kreator dan developer gim terkemuka di kancah global,” pungkas Luhut.

Leave a comment