Informasi Terpercaya Masa Kini

Rangkuman Hari Ke-898 Serangan Rusia ke Ukraina: Suasana Hati Putin Pascaserangan Kursk | Situasi Serangan Donetsk

0 4

KYIV, KOMPAS.com – Para pejabat Rusia mengatakan serbuan Ukraina ke wilayah Kursk di barat daya Rusia dianggap Vladimir Putin sebagai “tamparan di wajahnya”.

Ini jadi salah satu poin dalam rangkuman hari ke-898 serangan Rusia ke Ukraina Jumat (9/8/2024).

Dilansir dari EA Worldview, berikut rangkuman selengkapnya.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Jepang Keluarkan Peringatan Gempa Besar | Ukraina Lanjutkan Serangan Besar-besaran ke Wilayah Rusia

Korban serangan di supermarket Kostiantynivka

Jumlah korban telah meningkat menjadi 11 orang tewas dan 37 lainnya terluka akibat serangan Rusia terhadap sebuah supermarket di Kostiantynivka, wilayah Donetsk, pada Jumat (9/8/2024) dini hari.

Gubernur Donetsk Vadym Filashkin awalnya mengatakan bahwa Rusia telah menggempur lokasi sipil tersebut, namun kemudian mengatakan bahwa lokasi tersebut dihantam oleh rudal Kh-38 Rusia.

Bagian pengiriman Nova Poshta, layanan pos terbesar di Ukraina juga mengalami kerusakan, begitu juga dengan empat rumah, sembilan toko, tempat pencucian mobil, dan 12 mobil.

Putin merasa tertampar di wajah setelah serangan Kursk

Para pejabat Rusia mengatakan serbuan Ukraina ke wilayah Kursk di barat daya Rusia dianggap Vladimir Putin sebagai tamparan di wajahnya.

Seorang pejabat yang terlibat dalam mempersiapkan acara Kremlin yang melibatkan Putin mengatakan suasana hati sang pemimpin sedang tidak baik.

“Dia mungkin belum pernah terlihat seperti ini sejak kami dipaksa mundur dari Kherson di Ukraina selatan pada musim gugur 2022,” ujarnya.

Beberapa pejabat yang telah lama mengenal pemimpin Rusia itu mengatakan bahwa ekspresi wajah Putin selama penampilannya di depan umum mengindikasikan bahwa ia tidak puas dan kesal dengan situasi tersebut.

AS Dukung Serangan Ukraina

Kementerian Pertahanan AS mengatakan bahwa serangan Ukraina ke wilayah Kursk, Rusia konsisten dengan kebijakan AS.

“Kami telah mendukung Ukraina sejak awal untuk mempertahankan diri dari serangan yang datang dari seberang perbatasan dan untuk kebutuhan baku tembak,” Juru bicara Pentagon Sabrina Singh.

Baca juga: Ukraina Lanjutkan Serangan Besar-besaran ke Wilayah Rusia 

Situasi Serangan Donetsk

Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi empat orang, dengan 24 orang terluka, akibat serangan artileri Rusia di sebuah supermarket di Kostiantynivka di wilayah Donetsk, Ukraina timur.

Pencarian masih terus dilakukan untuk mencari korban lainnya yang masih tertimbun reruntuhan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa sebuah kantor pos juga terkena serangan.

Putin Minta Gubernur Tabah

Vladimir Putin telah mendesak Gubernur Kursk

Alexei Smirnov untuk menunjukkan ketabahan dalam menghadapi serbuan lintas batas Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-897 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Sulit di Kursk Pascaserangan Ukraina | Donetsk Dihantam Rusia

“Hidup ini memiliki tugas yang luar biasa dan menantang untuk membantu orang lain. Meskipun Anda tentu saja memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman profesional yang diperlukan, itu saja tidak cukup. Dalam situasi saat ini, Anda membutuhkan tingkat keberanian dan ketenangan tertentu,” ujar Putin dalam panggilan video.

Leave a comment