Informasi Terpercaya Masa Kini

Susan Wojcicki Mantan CEO YouTube dan Eksekutif Google Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun

0 5

TRIBUNKALTIM.CO – Mantan CEO YouTube dan Eksekutif Google Susan Wojcicki meninggal dunia di usia 56 tahun.

Seperti diketahui, Susan Wojcicki menjabat sebagai CEO YouTube selama sembilan tahun selama periode pertumbuhan besar-besaran untuk platform video tersebut.

Selain itu Susan Wojcicki juga merupakan salah satu karyawan pertama Google.

Melansir dari variety.com, Susan Wojcicki meninggal pada hari Jumat, 9 Agustus 2024 di usia 56 tahun.

Meninggalnya Susan Wojcicki setelah dua tahun berjuang melawan kanker sebagaimana diumumkan oleh suaminya, Dennis Troper, dalam sebuah posting publik Jumat malam di Facebook.

“Dengan kesedihan yang mendalam, saya sampaikan berita meninggalnya Susan Wojcicki. Istri tercinta saya selama 26 tahun dan ibu dari lima anak kami meninggalkan kami hari ini setelah 2 tahun hidup dengan kanker paru non-sel kecil,” tulis Troper dalam unggahan tersebut.

“Susan bukan hanya sahabat dan pasangan hidup saya, tetapi juga seorang yang cerdas, ibu yang penyayang, dan sahabat bagi banyak orang.

“Dampaknya terhadap keluarga kami dan dunia tidak terukur. Kami patah hati, tetapi bersyukur atas waktu yang kami lalui bersamanya. Mohon doakan keluarga kami saat kami melewati masa sulit ini.”

Sundar Pichai, CEO Google dan Alphabet, dalam penghormatan yang diunggah di X mengatakan, “Sangat sedih atas kehilangan sahabat saya @SusanWojcicki setelah dua tahun hidup dengan kanker. Ia adalah inti dari sejarah Google seperti orang lain, dan sulit membayangkan dunia tanpanya.”

Pichai melanjutkan, “Ia adalah orang, pemimpin, dan sahabat yang luar biasa yang memiliki dampak luar biasa pada dunia dan saya adalah salah satu dari banyak Googler yang menjadi lebih baik karena mengenalnya.

“Kami akan sangat merindukannya. Doa kami untuk keluarganya. Beristirahatlah dengan tenang, Susan.”

Susan Wojcicki bergabung dengan Google pada tahun 1999 sebagai karyawan ke-16, dan menjadi eksekutif pemasaran pertama mesin pencari tersebut.

Para pendiri Larry Page dan Sergey Brin awalnya menjalankan perusahaan tersebut dari garasinya di Menlo Park, California.

Di antara prestasinya yang lain, Susan Wojcicki membuat kesepakatan pertama perusahaan untuk melisensikan teknologi pencarian dan memimpin pengembangan awal pencarian gambar Google.

Pada bulan Februari 2014,  Susan Wojcicki diangkat menjadi CEO YouTube.

Pengangkatan Susan Wojcicki, salah satu eksekutif paling senior di perusahaan tersebut, oleh Google mencerminkan betapa pentingnya platform video tersebut bagi bisnis periklanannya.

Ia mengundurkan diri sebagai CEO YouTube pada bulan Februari 2023 sambil tetap menjadi penasihat perusahaan.

Neal Mohan, yang menggantikan Wojcicki sebagai CEO YouTube, mengatakan bahwa ia beruntung sekali bertemu Susan 17 tahun lalu ketika ia menjadi arsitek akuisisi DoubleClick, perusahaan teknologi iklan tempat ia pernah menjadi eksekutif. 

“Warisannya tetap hidup dalam segala hal yang ia sentuh di @google dan @youtube,” tulis Mohan di X.

“Saya selamanya berterima kasih atas persahabatan dan bimbingannya. Saya akan sangat merindukannya. Hati saya tertuju pada keluarga dan orang-orang yang dicintainya.”

Selama beberapa kali bekerja di Google, Susan Wojcicki telah mengawasi manajemen produk AdSense, Google Book Search, dan Google Video serta sindikasi produk-produk perusahaan.

Sebelum bekerja di Google, ia bekerja di Intel, Bain & Co., dan RB Webber & Co. (*)

Ikuti berita populer lainnya di Google News, Channel WA, dan Telegram.

Leave a comment