Informasi Terpercaya Masa Kini

Viral Istana Garuda IKN Dikritik Mirip Kelelawar, Menteri Basuki Respons Begini

0 14

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi kritik terkait dengan Istana Garuda yang disebut mirip kelelawar.

Basuki menegaskan bahwa tampilan Garuda pada Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya akan seperti patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. 

Hal tersebut disampaikan Basuki untuk menjawab kritik soal konstruksi Istana Garuda di IKN yang disebut mirip kelelawar karena berwarna hitam legam.

Baca Juga : Jokowi Mau Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN, Begini Kesiapan Istana Garuda

Basuki mengatakan bahwa berdasarkan penuturan desainer Istana Garuda Nyoman Nuarta nantinya bangunan istana presiden itu akan dilapisi cairan dan ketika terkena proses oksidasi akan berubah warnanya menjadi hijau.

“Kalau menurut, apa, [desainer] pak Nyoman Nuarta, itu kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK. Itu kan perunggu yang dikasih cairan. Nanti dia akan oksidasi menjadi hijau. Persis kayak di GWK,” tuturnya kepada wartawan di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) pada Selasa (6/8/2024) sore.

Baca Juga : : Berkantor di IKN, Ini Agenda Jokowi Selama 3 Hari di Istana Garuda

Meski begitu, dia mengatakan bahwa proses oksidasi tersebut memang membutuhkan waktu lama.

“Kayak GWK itu berapa lama? Kan ini IKN untuk jangka panjang,” pungkas Basuki.

Baca Juga : : Momen Jokowi Keliling Istana Garuda di IKN

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR memastikan kesiapan Istana Presiden hingga Istana Garuda atau kantor Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang penyelenggaraan sidang kabinet pedana di IKN.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga menyebut, distribusi air hingga listrik di Istana dan Kantor Presiden dipastikan aman.

“Ya, sudah kita siapkan keduanya Istana Presiden dan Istana Garuda, insyaallah siap [untuk pelaksanaan sidang kabinet],” tuturnya kepada Bisnis, Selasa (6/8/2024).

Dalam laporannya, sidang kabinet perdana di IKN itu bakal digelar pada pekan depan tepatnya pada 12 Agustus 2024. Pihak Istana sempat menyampaikan bahwa seluruh menteri kabinet Jokowi bakal menghadiri agenda tersebut.

Leave a comment