Informasi Terpercaya Masa Kini

15 Stadion di Piala Dunia 2034 Arab Saudi Resmi Diumumkan,Desain di Luar Nalar

0 8

TRIBUN-TIMUR.COM – Arab Saudi telah meresmikan stadion-stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2034 mendatang, termasuk tempat yang dibangun di The Line di Neom dan stadion yang dibentuk menyerupai kulit pohon.

Dilansir dari dezeen.com, sebagai bagian dari pengajuan tawaran resminya ke FIFA, 15 stadion akan berlokasi di empat kota yakni Riyadh, Jeddah, Al Khobar, dan Abha, serta The Line yang sedang dibangun.

Secara total, 11 stadion baru direncanakan untuk Piala Dunia, dengan tiga stadion saat ini sedang dibangun.

Dua stadion terbesar di negara itu saat ini akan direnovasi.

Sementara dua stadion yang sudah ada akan diperluas sementara selama turnamen.

FIFA akan mengonfirmasi Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 pada bulan Desember, dengan negara tersebut sebagai satu-satunya penawar.

Berikut rincian 15 stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2034 :

1. Stadion New Murabba, Riyadh

Terinspirasi oleh kulit pohon akasia, Stadion New Murabba akan dikelilingi oleh berbagai bentuk seperti batu yang dipisahkan oleh ngarai.

“Desainnya meniru lapisan bidang yang saling tumpang tindih dan tekstur bidang yang mengelupas dari kulit pohon akasia asli,” menurut dokumen penawaran.

Stadion berkapasitas 45.000 tempat duduk itu akan menjadi bagian dari pembangunan pusat kota Murabba, yang sedang dibangun di barat laut Riyadh. Pembangunan itu juga akan mencakup gedung pencakar langit berbentuk kubus setinggi 400 meter bernama Mukaab.

2. Stadion Internasional Raja Salman, Riyadh

Ditetapkan sebagai tuan rumah final Piala Dunia, Stadion Internasional Raja Salman akan menjadi stadion terbesar di negara itu setelah selesai dibangun.

Dirancang oleh studio arsitektur Populous , yang membangun beberapa tempat untuk turnamen tersebut, stadion di Riyadh akan memiliki kapasitas 92.000 penonton. Desainnya terinspirasi oleh pegunungan dan gambar render memperlihatkan panel lanskap yang mengelilingi bangunan.

“Stadion ini akan menyatu dengan topografi sekitarnya, dengan medan dan habitat alami menjadi bagian dari atap stadion,” kata pengajuan resmi tersebut.

“Selain daya tarik estetikanya, desain ini akan memberikan naungan dan ventilasi efektif yang disesuaikan dengan iklim gurun.”

3. Stadion Roshn, Riyadh

Dirancang menyerupai sejumlah pecahan kristal yang menjulang ke udara, Stadion Roshn akan dibangun di sebelah selatan Riyadh sebagai bagian dari lingkungan pemukiman yang lebih luas.

“Stadion ini dirancang sebagai bagian dinamis dari tatanan kota, yang mendorong masyarakat untuk berjalan-jalan di sekitar dan melewati fasilitas tersebut,” demikian pernyataan dalam tawaran tersebut.

Ia akan berada di alun-alun pusat, dikelilingi oleh struktur ‘kristal’ mangkuk, kisi-kisi halus yang akan bersinar di langit malam.

4. Stadion Olahraga King Fahd, Riyadh

Awalnya dibuka pada tahun 1987, Stadion Kota Olahraga Raja Fahd dilengkapi dengan atap kain khas yang ditopang oleh serangkaian 24 tiang yang masing-masing tingginya 58 meter.

Stadion, yang terletak di timur Riyadh, saat ini sedang direnovasi oleh Populous dengan kapasitas yang akan ditingkatkan dari 58.000 menjadi 70.000.

Renovasi ini diharapkan selesai sebelum Piala Asia AFC tahun 2027.

5. Stadion Pangeran Mohammed bin Salman, Riyadh

Dinamai menurut Mohammed bin Salman, putra mahkota Arab Saudi, stadion ini direncanakan sebagai bagian dari distrik hiburan Qiddiya, 30 kilometer dari Riyadh.

Stadion di sisi tebing akan memiliki tribun di tiga sisi dengan dinding LED besar yang dapat ditarik di sisi lainnya. Bangunan ini juga akan dilengkapi dengan Museum Olimpiade.

“Mangkuk ini dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman penonton, menampilkan susunan tiga sisi yang unik untuk memungkinkan pemandangan spektakuler ke arah tebing Tuwaiq,” kata tawaran resmi tersebut.

6. Stadion Olahraga Kota Pangeran Faisal bin Fahd, Riyadh

Saat ini sedang dibangun di bagian timur kota, Stadion Kota Olahraga Pangeran Faisal bin Fahd akan terinspirasi oleh motif arsitektur tradisional dari wilayah tengah negara tersebut.

“Desain stadion ini mengambil inspirasi dari prinsip-prinsip ‘modernisme yang dikontekstualisasikan secara budaya’ dari arsitektur Salmani,” kata dokumen penawaran tersebut.

Stadion ini akan dibangun menggunakan bahan-bahan yang diproduksi secara lokal dan akan memanfaatkan sistem hemat energi, termasuk panel surya yang luas di atapnya.”

7. Stadion Riyadh Selatan, Riyadh

Stadion lain yang terinspirasi oleh “prinsip arsitektur Salmani”, Stadion Riyadh Selatan akan berlokasi di selatan ibu kota – sesuai namanya. Stadion ini akan dibalut dengan banyak sirip vertikal berwarna cokelat kemerahan dan diberi atap transparan.

“Fasad memadukan modernitas dengan bahasa arsitektur dan palet material yang kaya di area tersebut,” pernyataan dalam tawaran tersebut.

8. Stadion Universitas Raja Saud, Riyadh

Salah satu dari dua stadion yang ada yang akan diperluas sementara untuk Piala Dunia, Stadion Universitas Raja Saud akan memiliki kapasitas 46.000 selama turnamen sebelum dikurangi menjadi 33.000 setelah acara.

9. Stadion Neom, Neom

Digambarkan sebagai “stadion paling unik di dunia”, Stadion Neom akan dimasukkan ke dalam kota besar The Line, yang sedang dibangun di barat laut negara tersebut sebagai bagian dari Neom.

“Stadion Neom akan menjadi stadion paling unik di dunia,” kata tawaran itu.

“Dengan lapangan yang terletak lebih dari 350 meter di atas tanah, pemandangan yang menakjubkan, dan atap yang dibuat dari kota itu sendiri, stadion ini akan menjadi pengalaman yang tidak ada duanya.”

10. Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah

Dibuka pada tahun 2014, Stadion King Abdullah Sports City berkapasitas 62.000 dirancang oleh Arup. Stadion ini akan direnovasi menjelang Piala Dunia.

“Stadion Olahraga Raja Abdullah di Arab Saudi adalah kompleks yang elegan, terhormat, dan serbaguna yang menggabungkan arsitektur Islam tradisional dengan desain inovatif untuk membentuk bangunan yang sangat fungsional, berkelanjutan, dan fleksibel,” kata Arup.

11. Stadion Pantai Qiddiya, Jeddah, Populous

Salah satu stadion paling berwarna yang dibangun untuk Piala Dunia, Stadion Pantai Qiddiya, dibangun 45 kilometer di sebelah utara Jeddah. Stadion ini akan dikelilingi oleh banyak sirip yang dirancang untuk membangkitkan ide gelombang Meksiko.

“Ia dirancang sebagai representasi fisik dari hubungan dinamis antara manusia dan air, energi dan materi, dengan desainnya juga membangkitkan efek riak gelombang Meksiko,” kata tawaran tersebut.

“Bentuknya bergelombang; palet warnanya yang cerah kaya dan menyenangkan.”

12. Stadion Pengembangan Pusat Jeddah

Saat ini sedang dibangun sebagai salah satu bangunan utama proyek giga Jeddah Central, stadion berkapasitas 45.000 tempat duduk ini dirancang oleh studio Jerman  GMP Architecten .

Stadion-stadion tersebut akan sepenuhnya dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang membuatnya tampak seperti kumpulan bangunan bersejarah.

“Proyek ini mencerminkan arsitektur tradisional distrik bersejarah Al Balad di Jeddah, sekaligus mengadopsi kemajuan teknologi dan desain bangunan inovatif,” ungkap dokumen penawaran tersebut.

“Gedung ini memiliki tiga tingkat, dengan ruang luar yang terhubung ke empat ‘desa’ di sekitarnya. Mangkuk stadion ditutupi sepenuhnya oleh atap semi-transparan, dengan atap bagian dalam yang dapat dibuka dan layar LED 360 derajat.”

Pengembangan yang lebih luas akan mencakup 17.000 rumah serta  pusat seni yang dirancang oleh Heatherwick Studio , gedung opera yang dirancang oleh studio Denmark Henning Larsen  , dan oseanarium oleh studio AS  SOM .

13. Stadion Kota Ekonomi Raja Abdullah, Jeddah

Terletak 80 kilometer dari Jeddah, Stadion Kota Ekonomi Raja Abdullah akan menjadi bagian dari rencana kota baru di Pantai Laut Merah.

Stadion berbentuk drum itu akan memiliki kapasitas 45.000 orang.

14. Stadion Aramco, Al Khobar

Dirancang oleh studio Inggris Foster + Partners , Stadion Aramco, yang akan dibangun oleh Populous, saat ini sedang dibangun di kota Al Khobar di pantai timur negara tersebut.

Dipengaruhi oleh pusaran air yang ada di lepas pantai Arab Saudi, stadion berkapasitas 47.000 tempat duduk itu akan ditutupi serangkaian bentuk seperti layar. Stadion ini direncanakan rampung pada tahun 2026 dan akan digunakan untuk Piala Asia 2027.

“Arsitektur stadion ini merayakan sifat dinamis laut dan pengaruhnya yang mendalam terhadap masyarakat setempat,” demikian dokumen penawaran resmi.

“Desainnya yang berbentuk pusaran air meniru layar yang saling tumpang tindih dan memanfaatkan motif gelombang alami yang anggun agar menyatu sempurna dengan lanskap pesisir.”

15. Stadion Universitas Raja Khalid, Abha

Terletak di kota barat daya Abha, Stadion Universitas Raja Khalid adalah stadion kedua yang akan diperluas untuk turnamen tersebut.

Awalnya dibuka pada tahun 1987, stadion ini saat ini memiliki kapasitas 12.000, yang akan ditingkatkan menjadi 45.000 selama Piala Dunia.

Leave a comment