Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Jenis Teh yang Bisa Membakar Lemak Perut,Nomor 1 Sering Dikonsumsi

0 7

TRIBUNHEALTH.COM – Menurunkan berat badan saja sudah cukup sulit, tapi menghilangkan lemak di sekitar perut bisa menjadi tantangan ekstra.

Hal itu karena sebagian besar lemak perut berbeda dengan lemak di sekitar bagian tubuh lainnya.

Sebagian besar, lemak perut disebut dengan lemak visceral yang terletak lebih dalam daripada lemak tubuh lainnya dan berada di sekitar organ perut.

Hal ini membuat lemak perut lebih berbahaya dibandingkan lemak tubuh lain.

Kelebihan lemak perut ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada lemak perut.

Bahkan, ada yang reh yang dikaitkan dengan pembakaran lemak perut.

Tidak semua jenis makanan atau minuman bisa menghilangkan lemak perut, tapi beberapa makanan mengandung senyawa, vitamin, dan nutrisi tertentu yang menurut penelitian bisa membantu menghilangkan lemak perut sebagai bagian dari diet seimbang.

Baca juga: 9 Cara Efektif Mecegah Naiknya Gula Darah Usai Makan Nasi Ala dr. Zaidul Akbar

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat, karena ini dikaitkan dengan pengurangan lemak perut.

Rupanya hal yang sama juga berlaku untuk teh, yang dikatakan bisa menghilangkan lemak perut.

Secara alami, teh mengandung banyak antioksidan dan senyawa yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Beberapa di antaranya ditemukan antioksidan dan senyawa pada teh bisa membantu menghilangkan lemak pada perut.

Lantas, teh apa yang bisa membakar lemak perut?

Jenis Teh yang Bisa Membakar Lemak Perut

Sebagaimana dirangkum dari Eat This Not That, berikut teh yang bisa membakar lemak perut:

1. Teh Hijau

Teh hijau sudah terkenal untuk membakar lemak perut.

Menurut sebuah studi terbaru tahun 2022 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health , peserta yang mengonsumsi teh hijau dalam jumlah banyak, yaitu empat cangkir atau lebih sehari memiliki risiko 44 persen lebih rendah mengalami obesitas perut dibandingkan peserta yang tidak minum teh hijau.

Baca juga: Khasiat Rambut Jagung Sebagai Obat Herbal, Bantu Atasi 4 Penyakit Ini

Sebuah studi lama tahun 2008 yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior menemukan bahwa partisipan obesitas yang rutin minum teh hijau lebih banyak mengalami penurunan berat badan keseluruhan dibandingkan partisipan yang tidak meminumnya sama sekali, dan sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi katekin, antioksidan yang ditemukan pada daun teh hijau bisa membantu mengurangi lemak perut jika dipadukan dengan olahraga.

Namun, apa yang membuat teh hijau memiliki khasiat untuk membakar lemak perut?

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar khasiatnya untuk menurunkan berat badan disebabkan oleh tingginya polifenol dan subkelompok polifenol ini dikenal sebagai katekin.

Katekin paling banyak ditemukan pada teh hijau adalah ECGC, yang dikaitkan dengan percepatan metabolisme .

Anda dapat menemukan EGCG dalam jenis teh lainnya, tetapi teh hijau sejauh ini memiliki senyawa tersebut dengan konsentrasi tertinggi.

2. Teh Oolong

Baca juga: 10 Tips Mengelola Stres, Coba Sisihkan Waktu untuk Bersantai

Teh lain yang terbukti membantu menghilangkan lemak perut adalah teh oolong.

Teh oolong berasal dari daun yang sama dengan teh hijau dan teh hitam, tetapi sebagian teroksidasi, sedangkan teh hijau tidak teroksidasi, dan teh hitam mengalami oksidasi penuh.

Teh oolong dibuat dengan cara mengeringkan daun teh di bawah sinar matahari hingga layu dan menggulung.

Penelitian menunjukkan bahwa teh oolong mengandung polifenol dikaitkan dengan metabolisme yang lebih cepat dan pengurangan lemak perut.

Satu studi pada hewan yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau, hitam, dan oolong semuanya memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi jaringan lemak visceral.

Sebuah studi tahun 2020 dari Universitas Tsukuba bahkan menemukan bahwa teh oolong meningkatkan pemecahan lemak sekitar 20 persen, dan terus melakukannya saat partisipan tidur.

3. Teh Hitam

Baca juga: Ternyata Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Keputihan, Apa Saja? Berikut Kata Dokter

Sebuah laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules mengatakan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat anti-obesitas dan bisa membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral, sementara penelitian hewan yang disebutkan sebelumnya dari The Journal of Nutrition memasukkan teh hitam bersama teh oolong dan hijau untuk efeknya pada lemak perut.

Peserta dari studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Food & Function yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan berat badan dan pengurangan lingkar pinggang (alias lemak perut) lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

4. Teh Putih

Teh putih dikenal sebagai jenis teh yang paling lembut dan paling sedikit diproses.

Teh putih, teh hijau dan teh oolong bisa mempercepat metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak, yang membantu menurunkan atau mengelola berat badan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Aware Terhadap Tanda Perut Buncit, Simak Penuturan Ahli Gizi

Laporan terbaru tahun 2023 yang diterbitkan dalam Food Safety & Health juga menyimpulkan bahwa teh putih memiliki dampak positif pada penurunan berat badan serta lemak visceral.

5. Teh Pu-erh

Salah satu jenis teh hitam Cina yang difermentasi dan dikenal sebagai teh pu-erh telah dikaitkan dengan penurunan berat badan atau pengurangan lemak dalam beberapa penelitian.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menemukan bahwa peserta pria dengan sindrom metabolik yang minum teh pu-erh mengalami sedikit penurunan lemak tubuh dan BMI.

Studi lain dari Nutrition Research menemukan bahwa ekstrak dari teh pu-erh membantu menurunkan berat badan, BMI, dan lemak visceral pada orang dewasa Jepang.

(TribunHealth.com/PP)

Leave a comment