Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Tips Memilih Mobil Listrik dan Mobil Konvensional

0 6

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil menjadi alat transportasi pilihan banyak orang karena dinilai lebih efisien dan tentunya lebih nyaman. Simak tips memilih mobil biasanya dan mobil listrik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Dilansir dari laman greenlivingblog.org.uk, Senin (15/7/2024) banyaknya pilihan mobil listrik secara tidak langsung menimbulkan kebingungan tersendiri bagi orang-orang yang memilih mobil listrik sebagai mobil pertama mereka, terlebih lagi jika tidak mengerti tentang mesin mobil.

Simak 4 tips memilih mobil listrik yang tepat sesuai kebutuhan: 1. Tentukan anggaran

Jangan lupa untuk memperhitungkan total biaya, termasuk harga pembelian, peralatan pengisian daya, dan penghematan jangka panjang pada bahan bakar dan pemeliharaan kendaraan.

Jika rutin bepergian dalam zona emisi berbayar seperti Ultra Low Emission Zone (ULEZ) di London atau Clean Air Zones (CAZ) di berbagai kota, mengendarai kendaraan listrik adalah pilihan yang sangat tepat.

2. Nilai kebiasaan mengemudi dan pertimbangkan jangkauan

Kenali kebiasaan berkendara harian sangat penting dalam memilih kendaraan listrik yang tepat. Pertimbangkan jarak tempuh dan situasi perjalanan harian, seperti perjalanan di perkotaan ataupun pedesaan.

Kebanyakan kendaraan listrik modern memiliki jangkauan yang cukup untuk menempuh rata-rata perjalanan, tetapi harus dipastikan bahwa tipe yang akan dipilih sesuai dengan cara berkendara masing-masing.

3. Riset terkait opsi pengisian daya

Periksa ketersediaan infrastruktur pengisian daya di area dan di sepanjang rute rutin, serta nilai kesesuaian rumah untuk pengisian daya. Pengisian daya di rumah dapat membuat kendaraan listrik jauh lebih terjangkau, karena penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

4. Pertimbangkan nilai jual

Nilai jualnya dapat bervariasi secara signifikan berdasarkan faktor-faktor seperti reputasi merek, fitur, ataupun kemajuan teknologi yang berubah seiring berjalannya waktu. Meskipun tidak dapat memprediksi secara akurat, melihat nilainya melalui tipe bekas dapat menjadi acuan atau gambaran kasar yang bisa digunakan.

Jika Anda tidak berminat membeli kendaraan listrik, tidak ada salahnya untuk tetap memilih kendaraan konvensional.

Simak, berikut adalah 4 tips memilih mobil konvensional yang tepat sesuai kebutuhan: 1. Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan

Dilansir dari protectiveagency.com, mempertimbangkan pilihan berdasarkan preferensi sangat dibutuhkan sebelum melakukan transaksi. Pertimbangkanlah faktor-faktor seperti tipe, gaya bodi, fitur keselamatan, kapasitas tempat duduk, efektifitas bahan bakar, dan lain sebagainya.

2. Pilih mobil hemat bahan bakar dengan ukuran yang tepat

Efisiensi bahan bakar dengan ukuran yang tepat juga merupakan hal yang perlu diperhatikan, terutama saat menempuh perjalanan jauh atau berbelanja kebutuhan pokok. Jika memiliki keluarga besar, pilihlah mobil hemat bahan bakar dengan ruang yang nyaman. Sebaliknya, jika tidak membutuhkan ruang ekstra, pilihlah mobil hemat bahan bakar dengan ukuran secukupnya.

3. Pertimbangkan membeli mobil hybrid

Terdapat lebih dari 350.000 pengemudi yang membeli Toyota Prius, Ford Escape Hybrid, atau Honda Civic Hybrid pada tahun 2007.

Salah satu alasannya karena mobil hybrid menggunakan 2 sumber tenaga yang memungkinkan mobil untuk lebih menghemat bahan bakar. Bahkan mobil hybrid kini berada di urutan teratas dalam daftar kendaraan hemat bahan bakar. Walaupun, seseorang harus mengeluarkan biaya lebih di awal untuk mendapatkan teknologi tersebut.

4. Pertimbangkan beralih ke roda dengan hambatan gelinding rendah

Jika mencari opsi hemat bahan bakar, gantilah roda tersebut dengan roda yang memiliki hambatan gelinding yang rendah (LRR) karena roda tersebut dirancang untuk mengurangi hilangnya energi, sehingga dapat meningkatkan penghematan bahan bakar. Ingatlah untuk mengisi angin roda dengan porsi yang tepat guna membantu efisiensi bahan bakar. (Yoga Al Kemal)

Leave a comment