Informasi Terpercaya Masa Kini

Israel Mungkin Sengaja Seret Iran dalam Konflik, Berujung Keterlibatan Langsung AS

0 2

BEIRUT, KOMPAS.com – Mouin Rabbani, peneliti non-residen di Pusat Studi Konflik dan Kemanusiaan, mengatakan bahwa serangan terhadap Beirut adalah langkah terbaru Israel yang dirancang untuk membentuk kembali kekuatan di wilayah tersebut.

Jika memungkinkan, serangan akan menarik AS ke dalam konfrontasi langsung dengan Iran.

“Saya pikir Israel telah mengambil keputusan strategis bahwa mereka ingin mengubah bentuk Timur Tengah secara fundamental. Dan elemen kunci dari hal tersebut adalah menghancurkan Hizbullah dan menyingkirkannya sebagai faktor militer yang signifikan di Timur Tengah,” kata Rabbani kepada Al Jazeera.

Baca juga: Di Iran dan Yaman, Ribuan Orang Demo Mengutuk Serangan Israel terhadap Lebanon-Gaza

“Saya pikir target utamanya adalah untuk melemahkan Iran dan, jika memungkinkan selama bulan-bulan terakhir pemerintahan Biden, untuk melibatkan Amerika Serikat dalam konfrontasi militer langsung dengan Iran,” kata Rabbani.

“Itulah mengapa Israel sama sekali tidak punya waktu untuk berdiplomasi. Itulah mengapa serangannya berjalan dengan baik dan jauh melampaui apa pun yang dapat ditafsirkan dalam tujuan yang lebih sempit yang telah diumumkan Israel dalam hal keamanannya sendiri,” katanya.

Sebelumnya, Hizbullah pada Sabtu (28/9/2024) mengeklaim luncurkan rentetan roket ke Israel utara, usai serangan besar Israel menghantam pinggiran selatan Beirut semalam.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengatakan bahwa peluncuran salvo (tembakan serentak) roket Fadi-1 ini untuk menanggapi serangan Israel di kota-kota, desa-desa dan warga sipil Lebanon.

“Ini untuk membela Lebanon dan rakyatnya, kami menargetkan kibbutz Kabri di Israel utara dengan salvo roket Fadi-1,” terang pernyataan Hizbullah, dikutip dari AFP.

Terkait hal itu, militer Israel menyatakan bakal melancarkan serangan baru pada Sabtu ini yang menargetkan Hizbullah di Lebanon timur.

Baca juga: Pidato Keras Netanyahu di PBB, Delegasi Iran Walk Out

Serangan tersebut dilakukan setelah pemboman hebat di benteng kelompok itu di Beirut selatan.

Leave a comment