Informasi Terpercaya Masa Kini

Ismail Haniyeh Tewas Akibat Serangan Rudal dari Luar Iran

0 8

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas akibat serangan rudal udara yang menghantam kediamannya di Teheran pada Rabu (31/7) sekitar pukul 2 pagi waktu setempat.

Dikutip dari CNN, Haniyeh berada di Teheran untuk menghadiri pelantikan presiden Iran dan tinggal di sebuah tempat tinggal untuk para veteran.

Laporan kantor berita milik pemerintah Iran, IRNA, menyebutkan pemimpin Hamas itu diserang menggunakan “proyektil berpemandu udara” dari luar Iran.

Serangan itu terjadi sekitar pukul 2 pagi waktu setempat.

IRNA mengatakan penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan rincian operasi dan posisi dari mana proyektil itu ditembakkan.

Penyataan Hamas

Hamas mengeklaim Ismail Haniyeh tewas terbunuh akibat serangan berbahaya Zionis.

Kelompok tersebut merilis pernyataan terkait pembunuhan pemimpin politiknya. Mereka menyebut insiden itu sebagai jihad, dan telahmemasrahkan kematian Israel kepada Sang Pencipta.

Dikutip dari Al Jazeera, berikut pernyataan lengkap Hamas:

Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (Dan janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang terbunuh di jalan Allah itu mati. Bahkan, mereka itu hidup di sisi Tuhan mereka, dengan mendapat rezeki.)

Gerakan Perlawanan Islam Hamas berduka cita atas meninggalnya rakyat Palestina yang agung, bangsa Arab dan Islam, dan seluruh rakyat merdeka di dunia: Saudara, pemimpin, syahid, Mujahid Ismail Haniyeh.

Pimpinan gerakan terbunuh dalam serangan berbahaya Zionis di kediamannya di Teheran setelah berpartisipasi dalam upacara pelantikan presiden baru Iran. Kita milik Allah dan kepada-Nya kita akan kembali. Dan itu adalah jihad, kemenangan atau kesyahidan.

Reaksi Iran

Iran bereaksi keras atas terbunuhnya pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Dia tewas di Teheran pada Rabu (31/7).

“Darah Ismail Haniyeh tidak akan terbuang sia-sia,” kata jubir Kemlu Iran Nasser Kanaani, seperti dikutip dari Al-Jazeera.

“Kemartiran Haniyeh di Teheran akan memperkuat hubungan dalam dan tak tergoyahkan Teheran, Palestina, dan perlawanan,” sambung dia.

Hamas meyakini Israel sebagai dalang pembunuhan terhadap Haniyeh. Sampai saat ini Israel masih bungkam atas terbunuhnya Haniyeh.

Sedangkan, Garda Revolusi Iran menegaskan masih akan menyelidiki penyebab kematian Haniyeh.

Leave a comment