Informasi Terpercaya Masa Kini

Apakah Mentega yang Sudah Expired Masih Bisa Dipakai? Begini Jawabannya

0 9

SajianSedap.com – Mentega merupakan salah satu bahan makanan yang biasanya lebih sering digunakan dalam pembuatan kue.

Bahan ini sendiri dibuat dari bahan baku susu sapi.

Karena itu bahan ini mengandung lemak dan minyak dari susu.

Mentega biasanya dalam bentuk kemasan.

Nah sama seperti bahan makanan lainnya, mentega tentu memiliki masa kadaluarsa atau expired date.

Meski begitu terkadang mentega masih memiliki kondisi yang bagus padahal suah kadaluarsa.

Lantas apakah mentega kadaluarsa ini bisa dipakai?

Baca Juga: Cara Membuat Mentega Jadi Lebih Enak dan Beraroma, 15 Menit Langsung Jadi!

Apakah Mentega Kadaluarsa Bisa Dikonsumsi?

Melansir dari The Daily Meal, jika Anda menyadari bahwa tanggal kedaluwarsa mentega Anda telah berlalu tetapi Anda tidak punya waktu untuk pergi ke toko untuk membeli wadah baru, Anda masih bisa memakannya dengan relatif aman selama Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Jika Anda punya mentega yang sudah terlalu lama dan telah melewati tanggal kadaluarsa, cobalah mengendusnya terlebih dahulu.

Seperti produk susu lainnya, mentega akan mulai berbau jika sudah cukup banyak bakteri yang tumbuh dan tidak lagi aman untuk dikonsumsi.

Mentega yang rusak akan berbau asam, mirip dengan susu atau keju kadaluwarsa.

Warnanya juga bisa sedikit berubah jika sudah terlalu lama beredar, dan pasti akan terasa tidak enak jika Anda berani mengujinya dengan selera Anda.

Jika Ada tetap tidak yakin, sebaiknya mentega dibuang saja.

Karena mentega yang sudah lama kadaluarsa dapat menyebabkan pencernaan yang tidak nyaman dan, yang paling buruk, sakit perut ringan.

Nah, agar kualitas mentega tetap terjaga, mentega bisa disimpan di dalam lemari es.

Mentega yang disimpan di lemari es memerlukan waktu yang sangat lama untuk menumbuhkan jamur apa pun, tetapi mentega yang disimpan di tempat hangat dalam jangka waktu yang sangat lama (kita berbicara tentang beberapa minggu) dapat menjadi berjamur dan berbahaya bagi mentega.

Agar tidak bingung, begini cara menyimpan mentega.

Cara Menyimpan Mentega yang Benar

Jika Anda membeli sekotak mentega dan membiarkannya dalam kemasan tertutup saat Anda tidak menggunakannya secara aktif, kemungkinan besar mentega Anda akan tetap bagus untuk jangka waktu yang lama.

Jika Anda menggunakan sebagian batang mentega yang sudah Anda buka dari kertas lilinnya, segera pindahkan mentega tersebut ke dalam kantong plastik yang memiliki segel atau wadah dengan penutup untuk meminimalkan paparan udara.

Banyak orang akan menyimpan batangan mentega mereka di piring mentega dan meninggalkannya di meja untuk mendapatkan mentega lembut bersuhu ruangan kapan pun mereka membutuhkannya.

Namun, metode ini bukanlah cara teraman untuk menyimpan produk harian Anda, tidak peduli betapa lucunya piring mentega antik Anda.

Mentega aman dikonsumsi bila disimpan pada suhu kamar, tetapi hanya hingga 48 jam, menurut  USDA.

Setelah itu, mentega Anda harus disimpan di lemari es untuk menjaga rasanya dan bertahan lebih dari satu akhir pekan.

Jika Anda menemukan penawaran untuk satu bungkus mentega yang terlalu sayang untuk dilewatkan, Anda dapat menyimpan mentega di dalam freezer hingga satu tahun, dan akan aman untuk dimakan setelah dicairkan.

Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda jarang menggunakan mentega atau sering berbelanja produk susu dalam jumlah besar dan tidak memiliki ruang untuk lebih dari beberapa batang mentega sekaligus.

Baca Juga: Perbedaan Mentega Kuning dan Mentega Putih serta Kegunaannya Dalam Olahan Makanan

Leave a comment