Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Orang Capim KPK Tak Hadiri Tes Tertulis, Dinyatakan Gugur

0 7

Pansel menggelar tes tertulis calon Pimpinan KPK di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kemensetneg, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (31/7). Sedianya ada 236 Capim KPK yang menjadi peserta tes tersebut.

Namun, tidak semuanya hadir mengikuti tes. Dari 236 peserta tes tertulis Capim KPK, yang hadir mengikuti tes sebanyak 229 orang.

Rinciannya, laki-laki sebanyak 214 orang dan perempuan 15 orang.

“Yang tidak hadir sebanyak 7 orang semuanya laki laki,” kata Anggota Pansel, Elwi Danil, dalam keterangannya kepada wartawan.

Belum diketahui siapa saja calon yang tidak hadir itu. Sementara pengumuman mereka yang lulus tes tertulis ini akan disampaikan Pansel pada Kamis 8 Agustus 2024.

Dalam tes hari ini, para Capim KPK sudah hadir di lokasi sejak pukul 07.15 WIB. Sejumlah nama terkenal yang mendaftar Capim KPK turut hadir.

Tampak ada, Anggota DPR RI sekaligus mantan jubir KPK, Johan Budi; hingga mantan Menteri ESDM, Sudirman Said.

Selain itu, terlihat juga sejumlah perwira tinggi Polri. Ada Sestama Lemhannas, Komjen Panca Putra; Kapolda Kalteng, Irjen Djoko Poerwanto; hingga mantan Dirtipidkor Bareskrim Polri, Irjen (Purn) Ike Edwin.

Sementara dari jajaran Kejaksaan Agung, tampak ada Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum), Harli Siregar; dan Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Ketut Sumedana.

Tak hanya itu, para capim juga ada yang berasal dari internal KPK. Mereka adalah Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron dan Johanis Tanak; Deputi Pencegahan dan Monitoring, Pahala Nainggolan; Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana.

Ada pula sejumlah pendaftar lain yang dinyatakan lolos seleksi administrasi juga hadir. Di antaranya, Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti; hingga mantan Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo.

Tes tertulis akan dibagi dalam 2 sesi. Yakni untuk Capim dilaksanakan mulai pukul 07.30-11.00 WIB, sementara bagi calon Dewas pukul 12.30-16.00 WIB.

Leave a comment