Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Z Fold 6 yang Bikin “Worth It” buat Dibeli

0 8

KOMPAS.com – Samsung Galaxy Z Fold 6 saat ini sudah mulai tersedia di Indonesia. Galaxy Z Fold 6 hadir sebagai ponsel lipat generasi terbaru yang jadi andalan Samsung. Ponsel lipat ini resmi menjadi suksesor Samsung Galaxy Z Fold 5.

Sebagai penerus, Samsung Z Fold 6 dibekali dengan sejumlah fitur unggulan dari pendahulunya. Dalam hal ini, pengguna yang tertarik untuk membeli mungkin ingin mengetahui lebih lanjut keunggulan-keunggulan Galaxy Z Fold 6.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6

Lantas, apa keunggulan Samsung Z Fold 6? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan beberapa fitur unggulan Samsung Galaxy Z Fold 6 yang membuatnya “worth it” untuk dibeli.

Fitur unggulan Samsung Galaxy Z Fold 6

Ada beberapa pembaruan yang jadi keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 6. Secara umum, keunggulan Samsung Z Fold 6 itu terletak pada struktur engsel, dimensi bodi, chipset, peningkatan fitur AI (Artificial Intelligence), dan dukungan software yang lebih lama.

Keunggulan tersebut menjadi pembaruan yang signifikan pada Samsung Z Fold 6 dan membuatnya layak buat dibeli. Adapun penjelasan yang lebih spesifikasi dari masing-masing fitur unggulan Galaxy Z Fold 6 itu adalah sebagai berikut.

1. Struktur engsel baru

Keunggulan Samsung Z Fold 6 yang pertama terletak pada struktur engsel (hinge). Ponsel lipat Samsung ini menggunakan struktur dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat, sehingga layar mampu mendistribusikan dampak dari benturan eksternal dengan lebih baik.

Kekuatan engsel Samsung Z Fold 6 diklaim dua kali lebih baik dibanding Galaxy Z Fold 5. Selain itu, lapisan layar Samsung Z Fold 6 juga ditingkatkan untuk membantu mengurangi lipatan (crease) sekaligus mempertahankan kekuatan layar.

Kemudian, layar Samsung Z Fold 6 juga dilengkapi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2. Sementara itu, untuk bingkainya (frame), Samsung Z Fold 6 menggunakan material Armor Aluminium 2.

2. Bodi lebih tipis dan ringan

Keunggulan Samsung Z Fold 6 yang kedua adalah bodinya lebih tipis dan ringan. Samsung Z Fold 6 punya ketebalan yang lebih tipis, yakni 5.6 mm (layar terbentang) dan 12.1 mm (layar terlipat), dengan bobot yang lebih ringan, yaitu 239 gram.

Sementara itu, sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Z Fold 5 punya ketebalan bodi 6,1 mm (layar terbentang) dan 13,4 mm (layar terlipat), dengan bobot yang sedikit lebih berat, yaitu 253 gram.

Kombinasi dimensi dan bobot itu membuat Samsung Galaxy Z Fold 6 menjadi seri Z Fold paling ringan di antara Z Fold yang sudah ada sebelumnya. Meski desain bodi mirip dengan para pendahulunya, Galaxy Z Fold 6 punya bingkai kanan dan kiri yang lebih datar.

3. Chipset terbaru

Berikutnya, keunggulan Samsung Z Fold 6 adalah dibekali chipset terbaru seri tertinggi. Galaxy Z Fold 6 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, berbeda dari Galaxy Z Fold 5 yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Embel-embel “for Galaxy” pada Snapdragon 8 Gen 3 menandai bahwa chipset terkuat Qualcomm ini didesain khusus untuk seri Galaxy Z Fold-Flip 6. Misalnya, membawa peningkatan NPU untuk pemrosesan AI yang efisien

“Galaxy Z Fold 6 punya NPU yang kecepatannya meningkat 42 persen dibanding generasi sebelumnya. NPU ini menjalankan tugas AI generatif secara mudah. Unit pengolah grafis (GPU) juga meningkat 19 persen, sedangkan unit pemrosesan pusat (CPU) meningkat 18 persen,” kata Annika Bizon, Brand and Channel Marketing Samsung.

4. Dukungan AI yang lebih canggih

Keunggulan Samsung Z Fold 6 selanjutnya yang bikin layak dibeli adalah ponsel ini dibekali dengan dukungan AI yang lebih canggih. Galaxy Z Fold 6 juga kebagian Galaxy AI yang telah debut pada Galaxy S24 series Januari lalu.

Galaxy AI punya fitur seperti Circle to Search, Note Assist, Interpreter, Live Translate, Chat Assist, Generative Edit, Transcript Assist, Browsing Assist. Di Galaxy Z Fold 6, fitur-fitur Galaxy AI tersebut ditambah dan ditingkatkan.

Contohnya, fitur Interpreter yang bisa dijalankan dalam dua mode baru. Interpreter adalah fitur yang memungkinkan dua orang melakukan percakapan secara langsung dalam dua bahasa yang berbeda, misalnya Korea dan Inggris.

Nantinya, percakapan akan diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. Nah, di Samsung Galaxy Z Fold 6, Samsung menambahkan dua opsi baru yaitu “conversation mode” dan “listening mode”.

Conversation mode atau mode percakapan diperuntukkan saat pengguna melakukan percakapan dengan orang asing, misalnya, ketika menanyakan rekomendasi makanan/tempat populer ketika jalan-jalan ke luar negeri.

Tampilan fitur Interpreter ini juga lebih intuitif karena bisa ditampilkan di layar sekunder sekaligus di layar utama.

Dengan dukungan cover screen, masing-masing orang yang sedang berbincang bisa melihat hasil terjemahan dari layar utama dan cover screen secara bergantian, sehingga percakapan dengan orang asing menjadi lebih natural.

Untuk “Listening mode”, opsi ini memungkinkan pengguna mentranskrip dan menerjemahkan audio. Contoh penggunaannya seperti saat dosen memberikan materi kuliah, teman memberikan presentasi, pengguna mengikuti seminar, atau saat mendengarkan konten audio.

Selain fitur yang sudah ada, Samsung menambahkan fitur AI baru. Beberapa di antaranya yaitu Sketch to Image, Portrait Studio, hingga Composer.

Sketch to Image misalnya, memungkinkan pengguna membuat gambar menggunakan AI. Fitur ini bisa digunakan di foto di galeri dan di Samsung Notes. Di galeri, pengguna bisa menggunakan Sketch to Image untuk menambahkan obyek pada gambar yang sudah ada.

Caranya, pengguna buka foto yang ingin diedit. Lalu klik ikon bintang Galaxy AI. Lalu, klik “Sketch to Image” yang ada di pojok kiri bawah. Selanjutnya, gambar obyek yang diinginkan, misalnya bunga, mahkota, bintang, dll. Lalu, klik “Generate”.

Untuk Samsung Notes, pengguna harus menggambar obyek dengan manual. Selanjutnya, klik logo bintang Galaxy AI, lalu pilihan Sketch to Image.

Pengguna bisa memilih gambar ingin disulap menjadi tipe yang seperti apa, apakah tipe gambar “watercolor”, “illustration”, “Sketch”, “Pop art”, atau “cartoon”. Lalu klik “Generate”, sehingga Galaxy AI akan menyulap pengguna menjadi tipe gambar yang dipilih.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Fold 6

5. Dukungan pembaruan software hingga 7 generasi

Keunggulan Samsung Z Fold 6 yang kelima adalah ponsel lipat ini mendapatkan dukungan pembaruan software hingga tujuh generasi generasi atau tujuh tahun. Samsung menjamin Galaxy Z Fold 6 akan mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga tujuh generasi.

Ketika dirilis, Galaxy Z Fold 6 menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 dilapisi antarmuka Samsung paling baru OneUI 6.1.1 out of the box. Artinya, OS di ponsel ini bisa diperbarui hingga Android 21 pada 2031 mendatang (catatan: bila sistem penamaan Android masih sama dan berurutan).

Ini merupakan peningkatan signifikan dari komitmen Samsung sebelumnya, di mana Samsung memberikan jaminan upgrade OS Android hingga 4 generasi pada Galaxy Z Fold 5.

Selain sistem operasi, software sistem keamanan pada Galaxy Z Fold 6 juga dijamin akan mendapat pembaruan hingga tujuh tahun. Jaminan pembaruan sistem keamanan yang lebih laman ini juga merupakan peningkatan yang signifikan di Galaxy Z Fold 6.

Sebagai perbandingan, di generasi sebelumnya, Samsung hanya memberikan jaminan pembaruan sistem keamanan hingga 5 tahun.

Itulah beberapa keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 6 yang membuatnya layak untuk dibeli. Untuk spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 di atas kertas, pemaparannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Spesifikasi Galaxy Z Fold 6

Secara bodi keseluruhan, ponsel lipat terbaru dari Samsung ini memiliki dimensi 153.5 x 132.6 x 5.6 mm saat terbentang dan 153.5 x 68.1 x 12.1 mm saat terlipat, dengan bobot seberat 239 gram.

Di bagian layar utama, spesifikasi Galaxy Z Fold 6 menggunakan layar Dynamic AMOLED 2x 7,6 inci dengan resolusi QXGA+, adaptif refresh rate 1-120 Hz, tingkat kecerahan maksimal 2.600 nits, kerapatan piksel 374 ppi, rasio aspek 20,9:18.

Sementara itu, di layar sekunder atau cover screen, spesifikasi Galaxy Z Fold 6 mengusung panel Dynamic AMOLED 2x 6,3 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 120 Hz, kerapatan piksel 410 ppi, rasio aspek 22,1:9.

Di layar utama, terdapat kamera selfie beresolusi 4 MP (f/1.8). Sementara itu, di layar sekunder, Samsung Galaxy Z Fold 6 dibekali kamera selfie beresolusi 10 MP (f/2.2), mirip Galaxy Z Fold 5 pendahulunya.

Beralih ke bagian punggung, spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 mengusung tiga pengaturan kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/2.2), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, zoom optis 3x, PDAF, OIS).

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Z Fold 6 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Chipset ini dipadukan dengan RAM 12 GB dan tiga varian memori penyimpanan, yaitu 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Untuk sektor daya, spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 dibekali baterai berkapasitas 4.400 mAh, dengan didukung fitur pengisian daya cepat (fast charging) 25 Watt. Dengan konfigurasi ini, daya ponsel bisa terisi dari 0-50 persen dalam 30 menit.

Di bagian software, ponsel lipat ini menjalankan sistem operasi Android 14 dilapisi antarmuka OneUI 6.1.1. Galaxy Z Fold 6 dijamin akan mendapat pembaruan sistem operasi dan keamanan sampai 7 tahun.

Fitur lain yang dibawa Samsung Z Fold 6 meliputi dukungan Galaxy AI yang lebih canggih, koneksi 5G, dual SIM, NFC, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, USB Type C, sertifikasi tahan air dan debu rating IP48, sensor sidik jari, dan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2.

Samsung Galaxy Z Fold 6 hadir dalam tiga varian warna, yaitu Silver Shadow, Pink, dan Navy. Khusus di Indonesia, terdapat dua varian warna eksklusif dari Galaxy Z Fold 6, yang terdiri dari Crafted Black dan White.

Itulah spesifikasi Galaxy Z Fold 6 yang bisa jadi pertimbangan untuk membelinya. Lantas, berapa harga Samsung Z Fold 6 di Indonesia? Jika tertarik membeli berikut adalah daftar harga Samsung Z Fold 6 di Indonesia.

Harga Samsung Z Fold 6

Di Indonesia, harga Samsung Z Fold 6 dipatok paling murah mulai Rp 26 jutaan untuk varian 12 GB/256 GB. Sementara itu, harga Samsung Galaxy Z Fold 6 yang paling mahal dibanderol Rp 31 jutaan untuk varian 12 GB/1 TB.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki tiga varian RAM dan memori penyimpanan, yakni 12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB, dan 12 GB/1 TB. Adapun harga Samsung Z Fold 6 untuk tiga varian itu adalah sebagai berikut:

  • Harga Samsung Z Fold 6 12 GB/256 GB: Rp 26.499.000
  • Harga Samsung Z Fold 6 12 GB/512 GB: Rp 28.499.000
  • Harga Samsung Z Fold 6 12 GB/1 TB: Rp 31.999.000

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 Vs Z Flip 6: Beda Spesifikasi, Fitur, Harga, dan Warna

Itulah harga Samsung Z Fold 6 di Indonesia. Untuk diketahui, Samsung Galaxy Z Fold 6 telah dirilis pada 10 Juli 2024. Bersamaan dengan perilisan secara global, keran pemesanan Galaxy Z Fold 6 dibuka di Indonesia.

Periode pemesanan dibuka dari tanggal 10 – 30 Juli 2024. Kini, 31 Juli 2024, Samsung Z Fold 6 sudah tersedia di Indonesia. Pengguna bisa membelinya langsung di gerai-gerai Samsung atau secara online melalui website Samsung Indonesia.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment