Informasi Terpercaya Masa Kini

Retno Marsudi Minta Amerika Serikat Hormati Hukum Internasional secara Konsisten

0 14

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan para menlu ASEAN dan bersama Menlu AS Antony Blinken di Vientiane, Laos pada Sabtu, 27 Juli 2024, meminta Amerika Serikat menghormati hukum internasional secara konsisten. Sebab kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat harus berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dan stabilitas dunia.

“Hukum internasional harus ditegakkan di mana pun, di Ukraina, di Laut Cina Selatan dan tentunya di Palestina,” ujar Retno.

Pertemuan di Vientiane bukan hanya dihadiri oleh para menlu negara-negara ASEAN, tetapi juga mempertemukan ASEAN dengan Amerika Serikat, Cina, Rusia, Jepang, India, dan Australia untuk memperkuat hubungan dan membahas isu-isu keamanan utama dan urusan regional lainnya. Isu Laut Cina Selatan, Ukraina dan Palestina menjadi beberapa masalah yang menjadi topik pembicaraan dalam pertemuan tersebut.

“Kami tidak bisa menutup mata akan kondisi krisis kemanusiaan di Gaza. Saat kami bicara di sini, lebih dari 40 ribu orang dibunuh. Gencatan senjata harus segera dilakukan untuk hentikan kekejaman ini,” kata Retno.

Retno juga berbicara soal peran Amerika Serikat untuk perdamaian dan pertumbuhan. Sebagai mitra, penting bagi Amerika Serikat dan negara lain di dunia untuk menghormati hukum internasional dan menciptakan budaya dialog.

Sentralitas ASEAN juga harus terefleksi dalam berbagai kerja sama antara ASEAN dan Amerika Serikat. Kemitraan tersebut juga dikatakan perlu menjadi faktor utama dan penentu dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang stabil dan menguntungkan bagi semua.

Hal lain yang disinggung Retno dalam rapat itu adalah pentingnya negara-negara anggota ASEAN meningkatkan kapasitas industrinya, termasuk untuk sektor mineral kritis. Perihal ini, Indonesia berharap Amerika Serikat dapat membantu negara-negara di kawasan untuk memenuhi standar ESG (Environmental, Social and Governance), mengingat perannya sebagai anggota asosiasi transnasional Minerals Security Partnership (MSP).

Beberapa capaian utama kerja sama antara ASEAN dan Amerika Serikat dalam tiga tahun terakhir termasuk meningkatnya status kemitraan menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif, penyelenggaraan KTT ASEAN-AS pada Mei 2022, komitmen memajukan ekosistem kendaraan listrik di kawasan, dukungan Amerika untuk ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan pembentukan ASEAN-US Center di Washington, D.C.

Pilihan editor: Kementan, FAO dan USAID Memulai Program Penerapan Standar Pelayanan Minimal Zoonosis Prioritas di Sukabumi

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Leave a comment