Informasi Terpercaya Masa Kini

Pakar Baca Sinyal Jokowi Ngotot Bangun IKN dengan Gelar Sidang Kabinet

0 6

TEMPO.CO, Jakarta –Sejumlah pengamat politik membaca sinyal Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ngotot ihwal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan merencanakan sidang kabinet di sana. Padahal pembangunan infrastruktur dasar di IKN untuk kantor pemerintah masih sangat memerlukan kelengkapan.

Pakar politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan Jokowi hendak memastikan tidak ada yang berubah mengenai keinginannya memindahkan aktivitas pemerintahan dari Jakarta ke IKN. “Karena itu, sidang kabinet pun akan digelar di sana, meskipun untuk itu harus dikebut semuanya,” katanya dihubungi Tempo pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Siti menyinggung rencana lama Jokowi untuk mengadakan perayaan HUT RI ke-79 di IKN. Meskipun ada pertanyaan publik mengenai soal tidak adanya linimasa yang jelas sebagai patokan untuk berpindah ke IKN pada Agustus 2024.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai Jokowi juga tidak ingin merasa terkesan gagal dengan pembangunan IKN yang tertunda. “Sehingga Jokowi memberi sinyal politik, ngotot bahwa dia konsisten membangun IKN,” katanya.

Siti dan Ujang satu pendapatan mengenai motif lain menggelar sidang kabinet di IKN adalah untuk memberi kesan positif kepada investor untuk menanamkan modal di calon ibu kota baru. Sebab sampai saat ini belum ada investasi asing yang masuk ke IKN.

Rencana Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN awalnya diungkap pejabat di lingkaran Istana kepada Tempo. Dia menyebut Jokowi akan menggelar sidang kabinet pada 30 Juli 2024. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga, membenarkan kabar tersebut kepada Tempo pada Senin, 22 Juli 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menginformasikan bahwa bakal ada sidang kabinet dalam waktu dekat, namun tanggalnya masih ditentukan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan kepada Tempo bahwa untuk sementara Sidang Kabinet dijadwalkan pada 1 Agustus 2024.

“1 Agustus sementara agenda rapat kabinet di IKN. Saya belum dapat undangan,” kata Zulhas melalui pesan singkat kepada Tempo, Senin, 22 Juli 2024.

Presiden Jokowi tidak mau menjawab soal agenda sidang kabinet di IKN. Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung belum merespons pesan Tempo soal isu ini.

Jokowi mengaku masih menunggu kesiapan infrastruktur dasar di IKN. “Kalau semuanya sudah siap. Kalau kursinya belum ada gimana? duduk, masa lesehan, sidang kabinet masa lesehan,” kata Jokowi usai meresmikan Golden Visa di hotel yang berlokasi di Jakarta Selatan, 25 Juli 2024.

Istana Kepresidenan memastikan bahwa Ahad, 28 juli 2024, Jokowi akan mengecek jalan tol, kantor presiden, hingga kesiapan lain untuk Upacara 17 Agustus 2024. Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana memastikan ini. Namun belum menjawab saat ditanya mengenai agenda sidang kabinet.

Pilihan editor: Masyarakat Penanggulangan Bencana Tolak Ormas Keagamaan Terlibat Kelola Tambang

Leave a comment