Informasi Terpercaya Masa Kini

Lebih Keras dari Biden, Kamala Haris Tekan Netanyahu Akhiri Penderitaan di Gaza

0 11

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Wakil Presiden AS Kamala Harris menekan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis (25/7/2024) untuk membantu mencapai kesepakatan gencatan senjata Gaza.

Menurutnya, ini akan meringankan penderitaan warga sipil Palestina.

Harris menggunakan nada yang lebih keras daripada Biden dalam pernyataannya.

Baca juga: Trump Sebut Kamala Harris Orang Kiri Radikal

“Sudah saatnya perang ini diakhiri,” ujar Harris dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi setelah ia mengadakan pembicaraan tatap muka dengan Netanyahu, dikutip dari Reuters.

Harris, yang kemungkinan besar akan menjadi calon presiden dari Partai Demokrat setelah Biden mengundurkan diri dari persaingan pemilihan, menegaskan sikapnya terhadap krisis kemanusiaan yang mencengkeram Gaza setelah sembilan bulan perang antara Israel dan militan Hamas.

“Kita tidak bisa membiarkan diri kita mati rasa terhadap penderitaan dan saya tidak akan diam,” katanya.

Pernyataan Harris bernada tajam dan serius ini menimbulkan pertanyaan apakah ia akan lebih agresif dalam menghadapi Netanyahu jika terpilih sebagai presiden pada 5 November.

Namun, para analis tidak memperkirakan akan ada perubahan besar dalam kebijakan AS terhadap Israel, sekutu terdekat Washington di Timur Tengah.

Konflik dimulai pada 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel selatan dari Gaza, menewaskan 1.200 orang dan menangkap lebih dari 250 tawanan, menurut perhitungan Israel.

Serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 39.000 orang dan menyebabkan bencana kemanusiaan dengan sebagian besar daerah kantong pesisir diratakan, orang-orang mengungsi dari rumah mereka, kelaparan, dan kekurangan bantuan darurat.

Baca juga: Olivia Rodrigo Memberikan Dukungan kepada Kamala Harris atas Pendirian Hak Reproduksi

Biden sebelumnya bertemu dengan Netanyahu namun tidak memberikan pernyataan yang substantif.

Para ajudannya mengatakan bahwa ia mendesak gencatan senjata dalam pembicaraan tatap muka pertamanya dengan pemimpin Israel tersebut sejak Biden melakukan perjalanan ke Tel Aviv pada hari-hari setelah 7 Oktober.

Baca juga: Jajak Pendapat Terbaru Reuters/Ipsos: Kamala Harris Unggul Tipis dari Trump

Netanyahu akan bertemu dengan saingan Harris dari Partai Republik, Donald Trump, pada Jumat (25/7/2024) di klub Mar-a-Lago milik Trump di Florida.

Leave a comment