Informasi Terpercaya Masa Kini

Mobil yang Ditumpangi Mantan Presiden Timor Leste Ditabrak Truk TNI di Belu NTT

0 8

KUPANG, KOMPAS.com – Mobil yang ditumpangi mantan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak mengalami kecelakaan di wilayah Indonesia pada Senin (22/7/2024).

Mobil itu ditabrak truk TNI Yonif Raider 744/SYB di ruas jalan Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kejadian itu diunggah oleh Taur Matan Ruak melalui akun Facebook resminya, yakni @Ex Primeiro Ministro: S.E Taur Matan Ruak.

Baca juga: Polisi di Surabaya Gagalkan Pengiriman Ilegal 2 Mobil dan 34 Motor ke Timor Leste

Dari video unggahan yang diperoleh Kompas.com, terlihat mobil yang ditumpangi Taur Matan Ruak berwarna silver ditabrak mobil truk TNI Yonif Raider 744/SYB di Sesekoe saat bersama rombongan kembali dari Distrik Oekusi menuju Dili, Ibu kota Timor Leste.

Akibat kecelakaan itu, mobil milik Taur Matan rusak ringan pada bagian depan sebelah kanan. Taur Matan Ruak sendiri dan sopir serta ajudannya dalam kondisi baik.

Baca juga: Kapal Angkut Bahan Bangunan Tenggelam di Perbatasan RI-Timor Leste, 1 ABK Meninggal

Setelah kejadian itu, pihak TNI dan Taur Matan Ruak sepakat menyelesaikan insiden itu secara kekeluargaan di kantor Konsulat Timor Leste di Atambua.

Nampak hadir menyaksikan pihak polisi Timor Leste, polisi dan Lantas Polres Belu dan Konsulat Timor Leste yang juga sebagai penerjemah.

Pimpinan Yonif Raider 744/SYB dalam kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf dan siap bertanggung jawab atas insiden yang terjadi akibat kelalain anggotanya.

Taur Matan Ruak menerima dan memaafkan kelalaian sopir mobil truk TNI Yonif Raider 744/SYB yang mengakibatkan kecelakaan tersebut.

Dia meminta pimpinan Yonif Raider 744/SYB untuk tidak memproses anggotanya yang lalai.

Selanjutnya, Taur Matan Ruak bersama romobongan melanjutkan perjalanan menuju Dili-Timor Leste.

Dihubungi terpisah, Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes membenarkan kejadian itu. Dia pun menyebut, kejadian itu sudah diselesaikan.

“Semuanya sudah clear,” ujar Joao kepada Kompas.com, Rabu (24/7/2024) malam.

Leave a comment