Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Berkantor di IKN 28 Juli, Bakal Ada Sidang Kabinet

0 10

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Ahad 28 Juli 2024. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Istana Kepresidenan dan Kementerian Perumahan Rakyat terus mempersiapkan segala kebutuhan Jokowi untuk berkantor di IKN.

Heru mengatakan saat ini kantor presiden sudah dipersiapkan menjelang kunjungan Jokowi ke IKN. Di IKN, Jokowi bakal meresmikan dan meninjau jalan tol. “Meja, furniture, lampu, kursi. Sedang berjalan dari hari ini,” katanya ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 24 Juli 2024.

Jokowi hanya akan berkantor dua hari di IKN. Setelah itu kepala negara kan mengunjungi IKN lagi pada awal Agustus untuk mengecek kesiapan Upacara Kemerdekaan.

Sebelumnya keraguan mengenai rencana Jokowi untuk pindah kantor ke IKN pada Juli 2024 mencuat. Dalam berbagai kesempatan, Presiden mengakui masih melihat kesiapan infrastruktur dasar dan prasarana seperti air dan listrik soal rencana untuk berkantor di IKN. Pemerintah menargetkan air dan listrik bisa dipakai di IKN pada pertengahan Juli.

“Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, setiap hari hujan terus. Hujan deres banget jadi memang pekerjaan banyak yang mundur, dan itu biasa dalam proyek besar,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 16 Juli 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan air minum mulai mengalir di IKN. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan air minum bukan hanya air bersih sudah bisa masuk ke IKN.

“Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Selasa, 23 Juli 2024, dikutip Antara.

Rencana Sidang Kabinet

Pejabat di lingkaran Istana menginformasikan kepada Tempo bahwa Jokowi akan melawat ke IKN pada 28 Juli 2024. Kemudian kepala negara akan menggelar rapat pertama di calon Ibu Kota Baru itu dua hari kemudian.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga, membenarkan kabar tersebut. “Kemungkinan ya. Plt Kepala Otorita sekaligus Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono sudah beberapa hari di IKN,” katanya melalui pesan singkat kepada Tempo pada Senin, 22 Juli 2024.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono tidak membantah dan membenarkan soal rencana Jokowi gelar rapat kabinet akhir bulan ini. Heru menyebut bahwa kepastian soal sidang kabinet bisa dijelaskan oleh Sekretariat Kabinet Pramono Anung.

“Yang jelas bapak presiden dalam waktu dekat ke sana,” kata Heru. “Kalau saya, ada sidang kabinet atau tidak, kami sekretariat presiden mempersiapkan segala sesuatunya ya untuk kebutuhan kantor di sana.”

Sekretariat Kabinet Pramono Anung tidak membalas pesan yang dikirim ke nomor ponselnya. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menginformasikan bahwa bakal ada sidang kabinet dalam waktu dekat, namun tanggalnya masih ditentukan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan kepada Tempo bahwa untuk sementara Sidang Kabinet dijadwalkan pada 1 Agustus 2024.

“1 Agustus sementara agenda rapat kabinet di IKN. Saya belum dapat undangan,” kata Zulhas melalui pesan singkat kepada Tempo, Senin, 22 Juli 2024.

PIlihan Editor:

Moeldoko Minta Pratikno Rampungkan Keppres Pemindahan Ibu Kota: Agar Prabowo-Gibran Bisa Dilantik di IKN

Leave a comment