Informasi Terpercaya Masa Kini

Hampir Sebulan, Jenazah Atlet China Zhang Zie Jie Masih Berada di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

0 5

KOMPAS.com – Jenazah pebulu tangkis China, Zhang Zhi Jie tak kunjung diambil oleh pihak keluarga, hampir sebulan sejak ia dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024).

Hingga Rabu (24/7/2024), terhitung sudah 24 hari jenazah atlet China tersebut berada di RSUP Dr Sardjito, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Diketahui, Zhang Zhi Jie meninggal akibat mengalami henti jantung saat bertanding di ajang Badminton Asia Juniar Championships 2024 di GOR Among Rogo, Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024).

Lantas, mengapa jenazah Zhang Zhi Jie tak kunjung dipulangkan?

Baca juga: Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis China yang Meninggal Dunia Saat Bertanding di Indonesia

Penjelasan PBSI

Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy membenarkan bahwa jenazah Zhang Zhi Jie masih berada di RSUP Dr Sardjito hingga Rabu (24/7/2024).

Menurutnya, pihak keluarga meminta agar jenazah Zhang Zhi Jie tetap berada rumah sakit tersebut untuk sementara waktu.

“Benar, hingga kini jenazah Zhang Zhi Jie masih di RS Sardjito Yogyakarta. Informasi dari panpel (panitia pelaksana) setempat, keluarga meminta satu minggu lagi untuk mengambilnya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Meski demikian, ia mengaku tak mengetahui alasan di balik permintaan keluarga Zhang Zhi Jie tersebut.

Broto memastikan, PBSI bakal menanggung proses pengembalian jenazah atlet China tersebut untuk kembali ke negaranya.

“Untuk alasan kenapa pihak keluarga minta diperpanjang, kami juga tidak dapat informasi,” kata dia.

“Kami fasilitasi dan terus memberikan yang maksimal untuk keluarga mendiang,” imbuhnya.

Baca juga: Penjelasan PBSI soal Jenazah Atlet China Zhang Zie Jie yang Masih Berada di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Jenazah dalam kondisi baik

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermaan sebelumnya mengatakan, jenazah Zhang Zhi Jie disimpan di dalam ruangan pendingin sumah sakit.

Ia memastikan bahwa jenazah tersebut aman dan dalam kondisi baik. Selain itu, tidak ada treatment khusus dalam penyimpananya.

“InsyaAllah (bertahan) lama, karena freezer (lemari pendingin) kita juga sudah mampu dalam jangka panjang. Tidak ada treatmen, hanya disimpan saja,” ujarnya dikutip dari Antara(12/7/2024). 

Pihaknya masih menunggu arahan dan informasi dari keluarga mendiang ataupun PBSI terkait keputusan pengambilan jenazah Zhang Zhi Jie.

“Kami masih menunggu keputusan dari keluarga Zhang atau informasi PBSI,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Zhang Zhi Jie mewakili China di nomor tunggal putra dalam turmamen Badminton Asia Juniar Championships 2024 di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Saat itu, Zhang sedang menghadapi wakil tunggal putra Jepang, Kazuma Kawano di babak penyisihan grup, Minggu (30/6/2024) malam.

Setelah melewati interval babak pertama, Zhang tiba-tiba jatuh dan mengalami kejang. Setelah itu, ia tak sadarkan diri dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Penjelasan BWF soal Prosedur Pertolongan Darurat Atlet Usai Zhang Zhi Jie Meninggal

Leave a comment