Informasi Terpercaya Masa Kini

3 Model Kerudung untuk Kebaya, Bikin Penampilan Jadi Anggun

0 22

Bagi para muslimah, memilih model kerudung untuk kebaya seringkali menjadi dilema. Pasalnya, ada banyak pilihan style hijab, tapi seringkali terlihat kurang serasi dengan model kebaya yang digunakan.

Selain itu, material kain kerudung juga sangat memengaruhi keserasian hijab dengan kebaya. Untuk aktivitas sehari-hari, biasanya kerudung yang digunakan berbahan poly cotton atau voal. Namun, bahan jenis ini kurang cocok untuk kebaya formal.

Mengutip laman The Muslim Vibes, hijab bermaterial satin lebih disarankan untuk acara-acara formal. Ini karena kainnya lembut dan shiny, sehingga memberikan kesan yang mewah saat dikenakan. Jenis hijab lain yang cocok untuk acara formal adalah berbahan silk, karena teksturnya sangat halus dan tidak bikin gerah.

Buat kamu yang bingung mencari model kerudung yang pas untuk dipakai bersama kebaya, simak tips dan inspirasinya di bawah ini, Ladies!

Inspirasi Model Kerudung untuk Kebaya

Model kerudung sangat tergantung pada jenis kain dan tipe kerudung yang pilih. Secara umum, ada dua tipe kerudung yang sering ditemukan, yakni pashmina dan segi empat. Berikut ini beberapa referensi model hijab yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Model Lilit di Area Leher

Model yang satu ini sangat cocok untuk segala tipe kerudung, baik segi empat maupun pashmina. Hampir semua material kain pun bisa di-styling dengan model ini, terutama kain satin dan silk.

Cara membuatnya tidak sulit, cukup bawa dua sisi kerudung yang menjutai di depan dada ke atas pundak secara bersilangan. Lalu ikat dua sisi tersebut di belakang leher. Pastikan kerudung terlilit dengan rapi dan clean agar tampak formal.

Karena model ini dililit di bagian leher, jadi sebaiknya hindari material kain yang terlalu bertekstur seperti crinkle. Pasalnya, kain tersebut akan membuat area leher terlihat bulky atau tebal. Selain itu, kesan kasual pada hijab crinkle kurang cocok dengan kebaya yang formal.

2. Pashmina Model Flowy

Model pashmina flowy sedang menjadi tren akhir-akhir ini dan cocok untuk pakaian kebaya. Material yang pas untuk model ini adalah satin, silky, pleated, chiffon, hingga kaos.

Untuk menciptakan kesan flowy, kamu harus memakai ciput terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan rambut tertutup dan pashmina bisa stay di kepala.

Kemudian, pakai pashmina tanpa di-pin di bawah dagu. Lalu bawa satu atau kedua sisi pashmina ke area pundak secara bersilangan. Agar pashmina tidak mudah melorot, sebaiknya gunakan pentul di bagian atas kepala.

3. Model Kerudung Menutup Dada

Sesuai namanya, model menutup dada artinya membiarkan kerudung terjuntai di area dada. Model ini cocok untuk kebaya yang memiliki kerah cukup rendah seperti kutu baru.

Baik pashmina maupun kerudung segi empat bisa di-styling menggunakan model ini. Agar lebih stylish, kamu bisa membawa sisi kanan kerudung ke pundak kiri, ataupun sebaliknya, kemudian sematkan pin atau bros agar hijab tidak jatuh.

Baca Juga: Model Kebaya Sesuai Bentuk Tubuh, Simak Tipsnya

Leave a comment