Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Tanda Pasangan Tidak Percaya Padamu

0 19

KOMPAS.com – Tanpa kepercayaan satu sama lain, hubungan kamu dan pasangan akan terganggu. Dan jika hal itu terjadi, romansa cinta akan sulit untuk dihidupkan kembali. 

Tentu saja ketidakpercayaan bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kecemasan, kurang percaya diri, atau trauma dari hubungan sebelumnya. 

Perasaan tidak percaya pada pasangan dapat terwujud dalam berbagai bentuk dan akhirnya memberikan masaah yang tidak diinginkan pada hubungan. 

Untuk menghindari situasi ini, kita perlu mengetahui indikator utama bahwa pasangan memiliki masalah kepercayaan atau tidak percaya penuh kepadamu. 

Baca juga: 8 Tanda Kamu Memiliki Kepercayaan Diri yang Rendah

Tanda pasangan tidak percaya 1. Dia menunjukkan “kecemburuan yang tidak beralasan.”

Kecemburuan selalu menimbulkan masalah dalam suatu hubungan, terutama jika hal itu muncul begitu saja tanpa alasan yang jelas.

“Jika kamu tidak melakukan apa pun yang memicu kecemburuan (misalnya, tidak melakukan perilaku genit), perilaku cemburu yang terus-menerus dari pasangan sering kali menandakan masalah kepercayaan yang mendasarinya,” psikolog klinis Carla Marie Manly, PhD, penulis The Joy of Imperfect Love.

Menurut Courtney Hubscher, LMHC, LCPC, NCC, dari GroundWork Cognitive Behavioral Therapy, mereka mungkin juga merasa iri atas interaksi atau hubunganmu dengan orang lain, termasuk teman atau kolega.

“Biasanya dia akan sering mempertanyakan kesetiaan atau komitmen kamu,” tambahnya.

2. Kerap memeriksa ponsel atau media sosial kamu.

Jika pasanganmu tidak percaya padamu, dia mungkin akan merasakan kecurigaan yang semakin besar, sehingga mendorongnya untuk melanggar beberapa hal pribadi.

Hubscher mengatakan pasangan dengan masalah kepercayaan kemungkinan akan memeriksa pesan teks, media sosial, catatan telepon, email, pesan langsung, atau memantau lokasi kamu.

Baca juga: 6 Cara Kembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Ketahuan Berbohong

3. Emosinya tidak dapat diprediksi 

Kita semua pernah mengalami hari-hari ketika kita merasa emosional atau mudah tersinggung, namun pasangan yang memiliki masalah kepercayaan kemungkinan besar akan menunjukkan perubahan emosional yang konsisten.

“Marah, mudah tersinggung, atau takut bisa menjadi tanda masalah kepercayaan,” kata Manly. “Ketika emosi dihubungkan dengan—atau dipicu oleh—perasaan tidak aman, masalah kepercayaan pun mulai terjadi.”

“Faktanya, tingkat emosi atau kemarahan yang tinggi sering kali muncul sebagai akibat dari perasaan rentan—ini adalah inti dari masalah kepercayaan.”

4. Dia minta kepastian terus-menerus.

Orang yang merasa hubungannya tidak aman sering kali memiliki masalah kepercayaan pada pasangannya, kata Manly. Akibatnya, dia mungkin mencari kepastian atau pengakuan melalui pasangannya.

“Tuntutan yang tinggi akan penegasan cinta dan keamanan adalah tanda lain dari masalah kepercayaan yang belum terselesaikan,” kata Manly. 

“Pasangan yang tidak percaya—terutama mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi—mungkin mencari rasa aman dengan terus-menerus meminta kepastian dari pasangannya bahwa mereka dicintai, diinginkan, atau aman.”

Mereka mungkin juga takut ditinggalkan sehingga menyebabkan ketergantungan, tambah Manly.

Baca juga: Pentingnya Memberi Kepercayaan Penuh untuk Pasangan

5. Dia tidak terbuka.

Meskipun beberapa pasangan yang memiliki masalah kepercayaan mungkin ingin berbagi segalanya denganmu, yang lain mungkin justru menjadi tertutup secara emosional.

“Komunikasi yang jujur ??mungkin menjadi sulit jika pasangan takut terjadi kesalahpahaman,” kata Hubscher.

Pasangan yang memiliki masalah kepercayaan mungkin merasa sulit untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaan pribadinya atau menghindari mendiskusikan hubungan dan pengalaman masa lalunya, jelasnya.

6. Dia mengajukan banyak pertanyaan menyelidik

Jika pasangan terus-menerus menginterogasi dengan pertanyaan tentang keberadaanmu, kenalan, dan rencana masa depan, dia mungkin melakukannya karena dia tidak mempercayaimu atau berpikir kamu mungkin selingkuh.

“Misalnya, jika kamu keluar bersama teman, kamu mungkin akan ditanyai ‘Di mana kamu? Dengan siapa kamu? Ngapain aja?’ ketika sampai di rumah,” kata Amanda Levison, konselor profesional berlisensi di Neurofeedback & Counseling Center di Harrisburg, Pennsylvania.

Baca juga: Curiga Pasangan Selingkuh? Simak 12 Tanda Tersembunyi Ini

7. Dia mencoba menjebakmu dengan pertanyaan

Terkadang, setelah pasangan menginteogasi dengan pertanyaannya, dia akan mencoba menangkap apa yang mungkin dianggap sebagai kebohongan.

“Dia misalnya bertanya ‘Saya pikir kamu akan langsung pulang kerja, dan perjalanan itu hanya memakan waktu 15 menit. Kemana saja kamu pergi?'” kata Elizabeth Brokamp, ??PhD, seorang konselor profesional berlisensi dengan praktik swasta di Virginia.

“Hal ini bahkan dapat meluas ke peristiwa atau hubungan di masa lalu,” kata Brokamp. “Jika pasangan sering memulai kalimat dengan, ‘Aku pikir dulu kamu mengatakan… mengapa tidak seperti itu?’, ini adalah cara dia mengorek hal-hal yang dianggap tidak sesuai denan perkataanmu sebelumnya.

8. Dia merasa tidak nyaman saat kamu bersosialisasi tanpanya

Jika keluar malam bersama teman membuat pasangan kamu gelisah, kemungkinan besar dia tidak mempercayai kamu sepenuhnya.

“Jika pasangan melarangmu untuk pergi atau bersikeras untuk ikut saat kamu ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman, dia mungkin tiak mempercayai kamu,” kata konselor kesehatan mental berlisensi GinaMarie Guarino.

“Ini menyiratkan bahwa pasangan sedang bergumul dengan ketakutan yang menyebabkan ketidakpercayaan, meskipun dia tidak memiliki bukti bahwa kamu tidak dapat dipercaya,” kata Guarino.

9. Dia gelisah ketika kamu tidak segera menjawab telpon atau pesan.

Jika pasangan terus-menerus kesal atau marah ketika kamu tidak segera membalas pesannya, mungkin ada beberapa masalah kepercayaan yang harus diselesaikan dalam hubunganmu.

“Orang-orang yang kesulitan mempercayai pasangannya cenderung cepat gusar dan langsung mengambil kesimpulan ketika mereka tidak segera mendengar kabar,” kata Guarino. 

“Perasaan ini serta perilaku dan kemarahan yang diakibatkannya biasanya tidak masuk akal dan merupakan indikator bahwa kecemasan dan ketidakpercayaan mereka menyebabkan mereka langsung mengambil kesimpulan, meskipun mereka tahu bahwa kamu mungkin sedang sibuk atau tidak bisa menjawab pesan.”

Baca juga: Harus Lakukan Apa Saat Curiga Pasangan Berselingkuh?

Leave a comment