Informasi Terpercaya Masa Kini

Tokoh Nahdliyin yang Diberhentikan PWNU Jakarta Terafiliasi RAHIM

0 15

PWNU Jakarta memberhentikan Zainul Ma’arif dari kepengurusan Lembaga Bahtsul Masail (LBM), karena turut dalam rombongan yang berangkat bertemu Presiden Isaac Herzog di Israel. Bersama Zainul, ada 3 orang lainnya yang juga diberhentikan dari LBM.

Mereka adalah Mukti Ali dari jabatan Ketua LBM, serta Roland Gunawan dan Sapri Saleh dari kepengurusan LBM. Setelah diselidiki, mereka berempat terafiliasi dengan lembaga The Ibrahim Heritage Study Center for Peace (RAHIM).

“Kalau yang lain adalah karena secara organisasi melakukan kesalahan yaitu mereka ini bergabung dalam organisasi yang namanya RAHIM. RAHIM itu salah satunya adalah memang pimpinannya Pak Mukti Ali, terus ada nama lain Sapri Saleh dan Pak Roland itu,” kata Ketua PWNU Samsul Ma’arif, kepada wartawan di kantornya, Jakarta Timur, Kamis (18/7).

Samsul menjelaskan, RAHIM adalah organisasi yang punya akses dan menjembatani komunikasi dengan Israel. Mereka terafiliasi dalam lobi-lobi dengan pihak Israel.

“Ya ada keterkaitan lah ada keterkaitan komunikasi dengan pemberangkatan. Ada komunikasi dengan pihak Israel,” tutur Samsul.

RAHIM juga mencatut logo LBM dalam website resmi mereka. Ini adalah kecolongan bagi pihak PWNU.

“Ya, memasukkan logo LBM ke linknya RAHIM itu sebuah kesalahan dalam perorganisasi,” tambahnya.

Per Kamis (18/7) website RAHIM sudah tidak bisa diakses lagi. Pada website RAHIM, tertera informasi bahwa mereka berkantor di Depok.

Organisasi ini menyebut diri mereka sebagai koalisi Yahudi, Muslim, dan Bani Nuh. Pengurusnya termasuk beberapa orang yang dilabeli kiai haji (KH), salah satunya KH Zainul Maarif yang menjabat Manager Penelitian Domestik. Pria bergelar doktor ini ditulis sebagai akademisi di bidang filsafat dan agama, dan aktif menulis buku dan artikel seputar filsafat, agama, dan komunikasi.

Pengurus lainnya yang ditulis adalah KH Mukti Ali Qusyairi, Presiden Direktur; Elisheva D. Stross, Direktur Urusan Luar Negeri; Leo Agustinus Yuwono, Kepala Delegasi; Avigayil Ziva Solomon, Manager Penelitian Luar Negeri; KH Asnawi Ridwan, Manager Penelitian Kitab Suci; KH Roland Gunawan, Manager Media dan Komunikasi; Yokhanan Elias, Manager Diseminasi dan Informasi; dan Lodwyk Tiwery, Manager Pendanaan.

Tak cuma mencantumkan nama pengurus, RAHIM mengunggah nama dan logo organisasi yang terafiliasi. Mereka terdiri dari LBM NU dan dua organisasi penyokong Israel dan Yahudi. Mereka mengeklaim mendedikasikan diri untuk mendidik masyarakat beragama di Indonesia.

RAHIM juga pernah merilis keterangan pers yang menyayangkan serangan HAMAS ke Israel. Mereka juga pernah mengunggah pertemuan aktivis RAHIM saat bertemu dengan Dubes Israel di Singapura pada Agustus 2023.

Leave a comment