Informasi Terpercaya Masa Kini

Rekap Transfer Sepak Bola Wanita: Risa Shimizu, Viv Miedema, Maella Garbino

0 14

Jendela musim panas 2024 sudah dibuka sejak awal Juli kemarin. Klub-klub sepak bola wanita top Eropa kompak merekrut pemain incaran mereka guna meningkatkan performa timnya di musim panas nanti.

Manchester City adalah salah satu klub yang menerapkan itu. Demi memboyong banyak trofi di musim 2024/25, klub berjuluk The Citizens itu sampai mendatangkan dua bintang dari beda negara!

Siapa saja mereka? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Vivianne Miedema: Arsenal ke Manchester City

Setelah menghabiskan tujuh tahun bersama Arsenal, Vivianne Miedema, striker Timnas Wanita belanda, kini bergabung dengan Manchester City sampai tiga tahun ke depan. Ia jadi rekrutan pertama City di musim panas ini.

Mengutip laman resmi City pada Jumat (5/7) pekan lalu, alasan Miedema memilih City sebagai rumah barunya adalah karena klub tersebut memiliki ambisi yang sama dengannya, yakni ingin memenangkan gelar Liga Inggris Wanita (WSL) dan kejuaraan lainnya.

“Melihat masa depan, saya selalu mengatakan bahwa saya ingin bermain dengan pemain terbaik di dunia. Saya pikir, City sudah mendapatkannya,” kata Miedema.

“Saya sangat bersemangat menjadi bagian dari tim ini. Semoga rekan-rekan saya di sana (City) bisa membantu dan mengembalikan saya ke performa terbaik. JIka saya kembali ke performa terbaik saya lagi, maka kita bisa mencapai hal-hal baik bersama-sama,” sambungnya kemudian.

Miedema adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah WSL. Ia mencetak sebanyak 80 gol dari 106 penampilannya di Arsenal. Di Timnas Wanita Belanda, catatannya tak kalah apik. Ia menorehkan sebanyak 119 gol dari 95 pertandingan yang dilakoninya sejak 2013 silam.

Risa Shimizu: West Ham ke Manchester City

Bek Timnas Wanita Jepang, Risa Shimizu, siap bertemu rekan senegaranya, Yui Hasegawa, setelah resmi direkrut Manchester City pada Jumat (12/7) kemarin. Oleh The Citizens, Risa dikontrak selama tiga tahun, yakni hingga 2027.

Mengutip laman resmi klub pada Jumat (12/7), Risa mengaku senang bisa bergabung dengan Manchester City. Ia tak sabar untuk bisa segera merengkuh trofi bersama klub yang dihuni Mary Fowler dkk itu.

“Pertama-tama, ini akan menjadi tantangan. Tapi, saya siap menghadapinya. City memainkan sepak bola dengan gaya penguasaan bola yang tinggi, dan itu yang saya sukai,” kata Risa.

“Saya pikir, saya bagus secara teknik dan tenang saat menguasai bola. Jadi, menurut saya, saya akan bermain bagus dengan gaya City,” imbuh pemain berusia 28 tahun itu.

Sebelum ke City, Risa adalah pemain andalan West Ham. Ia bergabung sejak 28 Agustus 2022 setelah menghabiskan sembilan tahun di Tokyo Verdy Beleza.

Katie Robinson: Brighton & Hove Albion ke Aston Villa

Senin (15/7) kemarin, Aston Villa secara resmi mengumumkan bahwa Katie Robinson, mantan pemain Brighton & Hove Albion, akan bermain untuk klubnya mulai musim panas ini. Robinson dikontrak selama dua tahun, yakni hingga 2026.

“Rasanya luar biasa, Saya senang bisa bergabung dengan klub ini. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang bisa kita capai di masa depan nanti,” ucap Robinson, dikutip dari laman resmi Aston Villa pada Senin (15/7).

Robinson, yang kini berusia 21 tahun, memulai debut seniornya untuk Brighton pada 2020 silam sebelum menghabiskan musim 2021/22 dengan status pinjaman di Charlton Athletic.

Selama membela Seagulls—julukan Brighton & Hove Albion, Robinson telah tampil sebanyak 68 kali dan mencetak 10 gol. Di Timnas Wanita Inggris, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu memiliki lima caps. Ia menjadi bagian dari Lionesses saat mereka mencapai final Piala Dunia Wanita 2023.

Maella Garbino: Juventus ke Paris FC

Maella Garbino akhirnya kembali ke kampung halamannya, Prancis, setelah bermain selama satu musim di Juventus. Senin (15/7) kemarin, pemain berusia 27 tahun itu secara resmi mengucapkan selamat tinggal untuk Bianconeri—julukan Juventus—dan mengumumkan bahwa akan memulai kariernya yang baru di Paris FC.

Di sana, Garbino dikontrak selama dua tahun, yakni hingga Juni 2026. Dapat dipastikan bahwa selama dua musim ke depan, dirinya akan berlaga di D1 Arkema atau Liga Prancis Wanita.

Ini bukan kali pertama bagi Garbino tampil di Liga Prancis. Pada 2014 lalu, ia sempat membela Olympique Lyonnais (Lyon), tim raksasa Prancis, selama dua tahun. Setelah itu, ia pindah ke Saint-Etienne dan menghabiskan dua musim di sana.

Lalu pada 2018, ia pindah lagi, kali ini ke Bordeaux dan bertahan hingga lima tahun. Setelah itu, ia mencoba peruntungannya dengan berkarier di luar Prancis, Juventus (Italia), dan bermain selama satu musim di sana.

Rekap Transfer Lengkap Sepekan Terakhir

  • Romee Leuchter: Ajax ke PSG

  • Alice Marques: Lyon ke Valencia

  • Rosa Otermin: Sevilla ke Atletico Madrid

  • Patricia Hmirova: Sporting Huelva ke Deportivo La Coruna

  • Federica D’Auria: Juventus ke Lazio

  • Alba Radao: Madrid CFF ke Real Betis

  • Pancha Lara: Villarreal ke Deportivo La Coruna

  • Natalia Montilla: Real Beti ke Espanyol

  • Anissa Lahmari: Levante Las Planas ke Levante

  • Bex Rayner: Sheffield United ke Brighton & Hove Albion

  • Camila Saez: Madrid CFF ke West Ham

  • Claudia Zornoza: Real Madrid ke Utah Royals

  • Alisha Lehmann: Aston Villa ke Juventus

  • Antonia: Levante ke Real Madrid

Leave a comment