Informasi Terpercaya Masa Kini

Piala Eropa: Spanyol Juara Usai Tumbangkan Inggris!

0 30

Spanyol mengalahkan Inggris dalam final Piala Eropa 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Senin (15/7) dini hari WIB. Skor akhir 2-1. La Furia Roja mengangkat trofi Piala Eropa yang keempat dalam sejarah mereka.

Starting XI Spanyol vs Inggris di Final Piala Eropa

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz, Dani Olmo; Nico Williams, Alvaro Morata, Lamine Yamal.

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi; Bukayo Saka, Declan Rice, Kobbie Mainoo, Luke Shaw; Phil Foden, Jude Bellingham; Harry Kane.

Jalannya Laga Spanyol vs Inggris di Final Piala Eropa

Jual-beli serangan terjadi sejak awal babak pertama. Namun sampai menit 15, baru Spanyol yang bisa melepas tembakan. Ada dua, salah satunya sepakan salto Le Normand di menit 13, tetapi arahnya masih melenceng dari gawang Inggris.

Spanyol cukup mengandalkan kelincahan dua sayap mereka, Williams dan Yamal. Spanyol tampak lihai menemukan celah mengumpan di antara barisan pertahanan Inggris, tetapi kesulitan untuk melepas sepakan ideal karena sering terblok.

Inggris tampil tidak neko-neko. Sekalinya memegang bola, mereka akan coba langsung angkat ke kotak penalti, tetapi juga kesusahan mendapat ruang tembak.

Peluang terbaik Inggris lahir di menit 45+1. Usai momen tendangan bebas, Foden melepas sepakan akurat ke sisi kanan bawah gawang Spanyol, tetapi bola masih bisa ditepis Simon. Skor 0-0 bertahan sampai jeda.

Spanyol mencetak gol pada awal babak kedua, tepatnya menit 47. Yamal melakukan cutting inside lalu melepas umpan datar ke kotak penalti, bola disambar dengan tendangan akurat oleh Williams ke pojok kiri bawah gawang Inggris.

Spanyol nyaris menggandakan skor di menit 49. Williams mengumpan bola kepada Olmo, tetapi sepakan datar Olmo di kotak penalti hanya membuat bola meluncur di kiri gawang Inggris.

Inggris mendapat peluang emas di menit 64. Dari luar kotak penalti, Bellingham melepas sepakan datar, tetapi masih melebar dari sisi kanan gawang Spanyol.

Dua menit berselang, giliran Spanyol punya peluang. Sepakan datar Yamal di kotak penalti masih bisa ditepis Pickford.

Inggris menyamakan skor di menit 73. Berawal dari serangan balik, Saka menyisir sisi kiri pertahanan Spanyol, mendribel sampai masuk kotak penalti, lalu mengoper ke tengah, bola diumpan ke belakang oleh Bellingham, kemudian Cole Palmer melepas sepakan datar akurat dari luar kotak penalti yang membikin bola bersarang di kanan bawah gawang Spanyol.

Yang menarik, Palmer baru masuk di 70 untuk menggantikan Mainoo. Jadi, ia cuma butuh waktu kurang lebih 3 menit untuk mencetak gol.

Pickford kembali melakukan penyelamatan krusial di menit 82. Yamal melepas sepakan di kotak penalti, tetapi ia masih bisa menepisnya.

Spanyol kembali unggul di menit 86. Menyambar assist dari Cucurella, Mikel Oyarzabal (pengganti Morata) membobol Inggris lewat tendangan di dalam kotak penalti.

Inggris mendapat peluang emas di menit 90. Palmer melepas umpan sepak pojok, bola disundul Rice, lalu ditepis Simon. Bola liar di udara disundul Guehi, tetapi Olmo bisa menanduk bola tepat di garis gawang. Bola lalu disundul lagi oleh Rice dan arahnya melayang di atas mistar. Skor 2-1 bertahan sampai bubar.

Leave a comment