Informasi Terpercaya Masa Kini

ALASAN Ijeck Putuskan Surya untuk Dampingi Bobby Nasution di Pilgub 2024

0 13

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengumumkan Bupati Asahan Surya menjadi Calon Wakil Gubernur Sumut mendampingi Bobby Nasution pada Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Musa Rajekshah usai menghadiri acara Bimtek Anggota DPRD dan Calon Anggota DPRD Terpilih Fraksi Partai Golkar se-Sumut di Hotel JW Marriot, Medan, Senin (15/7/2024).

“Kita sudah sepakat dari partai koalisi karena Bobby sudah dari Gerindra, maka pasangannya dari Golkar. Golkar dengan beberapa kader dan dengan kriteria-kriteria dan saya berkonsultasi dengan Ketua Umum, akhirnya disepakati adalah Pak Surya. Bobby juga saat kita sodorkan nama, dia tidak keberatan yah menerima itu,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Alasan dipilihnya Surya, lanjut Ijeck karena Bupati Asahan 2 periode ini adalah kader tulen Partai Golkar sejak 1978.

“Kedua beliau juga sudah di pemerintahan baik sebagai Wakil Bupati dan Bupati, sudah cukuplah pengalamannya di pemerintah. Selain itu juga umurnya yang sudah sangat matang dan beliau juga bersedia karena beliau tidak ikut Pilkada,” kata Ijeck.

Dalam gelaran Bimtek tersebut, Ijeck pun mengenalkan Surya sebagai Calon Wakil Gubernur Sumut bersama dengan Bobby yang juga turut hadir di Bimtek.

“Ini menunjukkan keseriusan partai Golkar mendukung Paak Bobby dan siap bekerja untuk menenangkan Pak Bobby dan Pak Surya sebagai Wakil Gubernur,” ujarnya.

 

Ketua DPD Golkar Asahan, Edi Irwansyah Pane mengaku pertemuan tersebut dilakukan di acara bimbingan teknis partai Golkar Sumut. 

“Hari ini bukan deklarasi, bimtek calon kepala daerah, anggota DPRD, dan anggota DPRD terpilih dari Golkar. Kegiatan ini diadakan dari Golkar Provinsi Sumut, Bapak Musa Rajekshah,” kata Efi. 

Golkar Asahan merasa bersyukur dan bangga bila Surya dipilih sebagai wakil gubernur. 

“Kami bersyukurlah. Karena, kalau Pak Surya bisa menjadi Wakil Gubernur, kita pasti berharap Kabupaten Asahan bisa lebih cepat dalam melakukan pembangunan,” katanya. 

Selain itu, ungkapnya, kader Golkar Asahan memiliki jiwa militan yang tinggi. Sebab, dalam pileg tahun 2024, Golkar Asahan berhasil memperoleh 10 kursi DPRD. 

“Kita pastikan kader mulai dari Kabupaten hingga kecamatan dan desa pasti akan memenangkan Bobby dan Surya. Terbukti, dari pileg kita bisa mendapatkan perolehan tertinggi,” pungkasnya. 

Ketua umum partai golongan karya (Golkar), Airlangga Hartanto menyebutkan nama Bupati Asahan yang akan mendampingi Bobby Nasution di Pemilihan Gubernur Sumut November 2024 mendatang. 

Siapakah sosok Surya yang disebut-sebut oleh Airlangga dalam konferensinya dengan wartawan.

Bupati Asahan, H Surya B. Sc disebut-sebut dampingi Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024. Surya mengaku siap bila diminta oleh Ketua Umum Golkar, Kamis (27/6/2024). (TRIBUN MEDAN/ALIF)

Profil Surya 

Nama Surya memang sudah melekat di benak masyarakat Kabupaten Asahan, selain Bupati Asahan saat ini, Surya juga merupakan putra asli Kabupaten Asahan yang lahir di Pulau Raja, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, 22 Mei 1955 silam. 

Sudah satu dekade lebih Surya menjadi bagian dari pemerintahan Kabupaten Asahan.

Surya dia kali menjabat sebagai wakil Bupati Asahan bersama Taufan Gama Simatupang, satu kali Plt Bupati, dan kini menjadi Bupati Asahan setelah memenangkan pemilu pada 2020 silam. 

Sebelum menjabat Bupati dan wakil Bupati Asahan, Surya sudah menyusun karier politiknya di Golkar sejak tahun 1977.

Surya aktif di organisasi-organisasi partai hingga saat ini. 

Tidak seperti politikus lain, Surya merupakan kader Golkar tulen yang tidak pernah berganti pakaiannya ke partai politik lain.

Surya tetap setia dengan jas kuning khas partai berlogo pohon beringin tersebut. 

Terbukti, Surya mengawali kariernya menjadi anggota dewan Kabupaten Asahan, dan berlanjut menjadi anggota DPRD Batubara, bahkan menjadi ketua DPRD Batubara pertama pada tahun 2008-2009.

Dengan melihat sejarah politiknya, Taufan Gama Simatupang yang merupakan anak mantan Bupati Asahan, Abdul Manan Simatupang melirik dan menggandengnya sebagai wakil Bupati dalam pemilu 2010-2015.

Duet keduanya berjalan harmonis dan berlanjut hingga periode berikutnya, 2015-2020.

Namun, pada tahun 2019, Taufan Gama Simatupang meninggal dunia akibat sakit, sehingga Surya mengambil alih kepemimpinan menjadi Plt Bupati Asahan. 

Mantan ketua DPD Golkar Batubara ini, kembali mengikuti kontestasi pemilu di tahun 2020 maju sebagai Bupati dengan menggandeng Sekretaris Daerah Asahan kala itu, Taufik Zainal Abidin Siregar, dan berhasil mendapatkan kursi orang nomor 1 dan nomor 2 pemkab Asahan. 

Pasangan ini berhasil memperoleh 139.005 suara pada Pilkada 2020 dan secara otomatis menumbangkan dua pasangan lainnya, yakni Nurhajizah Marpaung – Hendri Siregar, dan Rosmansyah – Winda Fitrika. 

Kini Surya digadang-gadang akan berpasangan dengan Bobby Nasution dalam Pilgub 2024 mendatang.

Nama Surya disebut – sebut menjadi sosok yang layak mendampingi Bobby. 

Kendati begitu, Surya mengaku sampai saat ini baik Ketum Golkar, Airlangga Hartanto, maupun Calon Gubernur Sumut, Bobby Nasution belum ada menghubungi pihaknya. 

(cr2/tribun-medan.com)

Baca berita TRIBUN MEDAN lainnya di Google News

Ikuti juga informasi lainnya di Facebook, Instagram dan Twitter   dan WA Channel

Berita viral lainnya di Tribun Medan  

Leave a comment