Informasi Terpercaya Masa Kini

Wajib Tahu, Ini Kebiasaan Nyetir yang Bikin Mobil Manual Boros Bensin

0 49

Otomotifnet.com – Banyak penyebab kenapa mobil manual jadi boros BBM.

Salah satunya dikarenakan cara mengemudi atau kebiasaan yang salah pemiliknya.

Seperti disampaikan Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo.

Ia mengatakan bila mobil manual dioperasikan tidak memakai gigi percepatan yang tepat dapat menyebabkan boros BBM.

“Pertama, pengemudi telat memindah persneling ke gigi yang lebih rendah saat mobil melakukan deselerasi, sehingga laju mobil terlalu pelan untuk rasio percepatan tinggi,” ucap Muchlis disitat dari Kompas.com (16/6/2024).

Muchlis mengatakan gigi percepatan yang terlalu tinggi bukan akan meningkatkan tenaga, tapi justru akan menjadi beban mesin.

“Akibatnya mesin bergetar, bahkan bisa sampai mati, tapi bila pedal gas diinjak maka biasanya mesin tetap hidup tapi ini bikin konsumsi BBM lebih boros,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan ketika mesin bekerja terlalu berat tapi laju mobil terlalu pelan maka BBM yang terbakar tidak sebanding dengan jarak tempuhnya.

Oleh karena itu, mempertahankan gigi tinggi saat deselerasi bukan pilihan tepat.

“Pindah dulu saja ke gigi lebih rendah, sehingga saat akselerasi mobil bisa lari lebih responsif, saat bersamaan juga tidak membuang-buang BBM,” ucap Muchlis.

Selanjutnya, Muchlis mengatakan telat memindah persneling ke gigi yang lebih tinggi juga bisa membuat boros BBM karena rasio percepatan terlalu kecil.

“Putaran mesin sudah tinggi, tapi tidak menghasilkan putaran roda yang tinggi, akibatnya BBM terbakar banyak tapi jarak tempuhnya pendek, ini ditandai suara mesin menggerung atau Rpm terlalu tinggi,” ucap Muchlis.

Mobil manual akan mengalami boros BBM juga bisa dipengaruhi dari perawatannya.

Bila kondisi mesin sudah tidak prima maka mobil akan cenderung lebih boros BBM.

“Bila mobil jarang melakukan servis, maka ada potensi performanya menurun, sehingga BBM yang terbakar tidak dapat terkonversi menjadi tenaga secara optimal akibat pembakaran tak sempurna,” ucap Muchlis.

Jadi, ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi mobil manual yang bikin boros BBM seperti menggunakan gigi percepatan tidak sesuai dan jarang melakukan perawatan mobil.

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF Lepas Thermostat Bikin Mesin Lebih Dingin?

Leave a comment