Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Latihan yang Meningkatkan Keseimbangan Tubuh, Salah Satunya Berdiri dengan Jari Kaki

0 23

KOMPAS.com – Keseimbangan adalah aspek mendasar dalam menunjang kehidupan sehari-hari, karena membantu Anda menavigasi lingkungan sambil tetap stabil.

Ini mencakup bagaimana tubuh merespons gerakan, menyesuaikan diri dengan permukaan, dan pulih dari gangguan terhadap stabilitas Anda

Keseimbangan yang buruk meningkatkan risiko seseorang terjatuh, menyebabkan cidera, dan menghambat kinerja fisik secara keseluruhan.

Sehingga, meningkatkan keseimbangan adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan dan hidup lebih aktif.

Beberapa hal yang dapat memengaruhi kondisi keseimbangan tubuh adalah usia, pengobatan tertentu, kondisi kesehatan, dan kurangnya aktivitas fisik.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga dan Latihan Fisik bagi Kesehatan Mental

Latihan untuk meningkatkan keseimbangan

Dilansir dari laman WebMD, berikut adalah beberapa jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keseimbangan:

  1. Tai Chi, ini membantu Anda mengurangi risiko terjatuh pada orang lanjut usia dan mereka yang mengalami masalah keseimbangan.
  2. Berdiri dengan satu kaki selama 10 detik, ulangi 10-15 kali lalu ganti ke kaki lainnya.
  3. Pemindahan berat badan. Berdirilah dan condongkan tubuh ke salah satu kaki, angkat kaki lainnya, dan tahan 30 detik. Ulangi ke sisi lainnya.
  4. Yoga dan pilates, ini bermanfaat menjaga keseimbangan dengan memperkuat otot inti.
  5. Berjalan perlahan dalam garis lurus, sentuhkan tumit ke ujung kaki. Berjalanlah sekitar 20 langkah, gunakan dinding sebagai penyangga jika Anda merasa tidak stabil.
  6. Mengangkat kaki ke belakang. Angkat satu kaki ke belakang tanpa menekuk lutut selama 1 detik. Ulangi ini 10-15 kali untuk masing-masing kaki.
  7. Berdiri dengan jari kaki. Ini dapat membantu memperkuat otot betis dan pergelangan kaki yang akan meningkatkan keseimbangan. Cobalah berjinjit dan tahan beberapa detik, ulangi 10-15 kali.
  8. Squat, ini membantu memperkuat otot kaki dan panggul.

Baca juga: Bukan Cuma Olahraga, Lakukan 3 Gerakan Ini untuk Jaga Kesehatan

Faktor penting bagi keseimbangan tubuh

Dikutip dari laman Verywell Fit, keseimbangan melibatkan sistem kompleks yang menggunakan penglihatan, proprioception (kesadaran tubuh), dan sistem vestibular (telinga bagian dalam).

Berikut beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan untuk membantu meningkatkan keseimbangan tubuh:

1. Memperkuat otot inti

Otot inti yang kuat sangat penting untuk keseimbangan karena otot inti memberikan stabilitas dan dukungan bagi seluruh tubuh.

Ia juga memfasilitasi perpindahan berat dari satu kaki ke kaki lainnya dan memungkinkan seseorang bergerak dan menavigasi medan yang tidak rata.

Baca juga: 6 Alasan Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

2. Postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik adalah dasar keseimbangan. Ini memberikan landasan yang kuat, menyelaraskan tubuh dengan cara yang mengoptimalkan stabilitas.

Jika Anda memiliki mobilitas yang buruk, Anda akan kesulitan mempertahankan postur tubuh yang benar yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan.

Mempertahankan tulang belakang yang netral, dengan kepala sejajar di atas bahu dan bahu di atas pinggul, dapat meningkatkan keseimbangan secara signifikan.

Baca juga: 10 Manfaat Yoga, Dapat Mengurangi Kecemasan dan Baik untuk Kesehatan Tulang

3. Perhatian dan kesadaran

Memasukkan “kesadaran” ke dalam aktivitas sehari-hari dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran tubuh dan, pada gilirannya, meningkatkan keseimbangan.

Gerakan yang penuh perhatian melibatkan kehadiran penuh dalam tubuh dan memperhatikan bagaimana perasaannya selama berolahraga.

Anda perlu melatih fokus pada hubungan tubuh-pikiran, agar membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, kekuatan, dan kesehatan mental.

Leave a comment