Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Sejumlah Fitur Rahasia Steam, dari Cloud Saves hingga Game Gratis

0 71

TEMPO.CO, Jakarta – Steam menjadi salah satu platform distributor digital yang diminati para gamer untuk membeli dan memainkan game teranyar di personal computer atau PC. Layanan yang dijanjikan Steam di antaranya menghadirkan judul-judul game terbaru dengan harga relatif murah dibanding kompetitornya. Selain itu juga ada kegiatan gratis mingguan yang bisa dinikmati sebelum memutuskan membeli sebuah game.

Sekilas, Steam hampir mirip dengan layanan Play Store maupun App Store. Perbedaannya pada kategori game yang dijual di platform tersebut. Di Steam, deretan game yang dijual hanya diperuntukkan bagi gamer PC, alias tidak menawarkan permainan untuk versi mobile atau ponsel.

Kendati telah diluncurkan sejak 2003 lalu, ternyata masih banyak fitur rahasia di Steam yang jarang dimanfaatkan. Dikutip dari Gizchina, Senin, 8 Juli 2024, layanan Steam yang jarang terjamah oleh gamer adalah fitur cloud saves atau pencadangan data game secara langsung di platform. Setelah membeli game di Steam, gamer biasanya hanya menyimpan datanya di hard drive perangkat PC. Padahal risiko kehilangan data bisa saja terjadi jika ada kerusakan di hard drive-nya.

Sekilas fitur ini mirip seperti brankas game pribadi di cloud dan bisa digunakan gamer untuk menyimpan berbagai data game yang mereka mainkan. Namun tidak semua cloud saves mampu untuk menyimpan game. Gamer akan diberi pedoman saat membuka Cloud Steam jika ingin menikmati layanan ini, misalnya seputar game apa saja yang bisa disimpan melalui fitur cloud saves ini.

Fitur lainnya adalah Steam Remote Play. Fitur ini memungkinkan antar gamer di Steam bisa terhubung satu sama lain walaupun berada di lokasi yang berbeda. Remote Play di Steam dinilai mempermudah petualangan dalam game karena bisa dinikmati secara bersama-sama dengan perangkat lainnya.

Fitur tangkapan layar di dalam game juga mampu didukung oleh Steam. Pengguna hanya perlu menekan tombol F12 di keyboard untuk menangkap momen di layar. Tangkapan layar ini bisa dibagikan ke media sosial atau disimpan gamer di perangkatnya. Steam bahkan juga mengkategorikan tangkapan layar yang bisa digunakan pengguna untuk berbagai jenis game.

Steam juga menawarkan koleksi yang sangat banyak untuk judul-judul game gratisan. Meskipun fitur ini agak tersembunyi, namun dengan memakai sistem filter, gamer bisa menemukannya.

Pilihan Editor: Khawatir Koleksi Arkeologi Diangkut BRIN, Masyarakat Barus Mengadu ke Jokowi

Leave a comment