Informasi Terpercaya Masa Kini

HT Spanyol Vs Perancis 2-1: Mbappe Lepas Topeng, Rekor Lamine Yamal

0 44

KOMPAS.com – Spanyol sementara unggul 2-1 atas Perancis pada babak pertama semifinal Euro 2024. Jesus Navas (38 tahun) dan Lamine Yamal (16) sama-sama mencatat rekor.

Rekor langsung tercipta begitu laga semifinal Euro 2024 antara Spanyol vs Perancis di Munich Football Arena, Muenchen, Selasa (9/7/2024) atau Rabu (10/7/2024) dini hari WIB dimulai.

Jesus Navas (38 tahun, 231 hari) yang turun sebagai starter untuk Spanyol, menjadi pemain non-kiper tertua yang pernah mentas dalam semifinal ajang Euro atau Piala Dunia.

Ia melampaui rekor milik Fritz Walter (Jerman/ 37 tahun, 236 hari) dan Gunnar Gren (Swedia/37 tahun, 236 hari), yang saling berhadapan pada semifinal Piala Dunia 1958.

Hal menarik lain pada awal laga Spanyol vs Perancis adalah penampilan Kylian Mbappe. 

Baca juga: Link Live Streaming Spanyol Vs Perancis, Kickoff 02.00 WIB

Mbappe tampak tak lagi memakai topeng pelindung hidung yang sebelumnya ia kenakan dalam laga melawan Polandia, Belgia, dan Portugal.

Kans pertama dalam pertandingan ini datang untuk Spanyol pada menit kelima, diawali oleh operan silang Lamine Yamal dari sisi kanan penyerangan.

Gawang Perancis masih aman karena tandukan Fabian Ruiz yang menyambut operan Yamal, masih melambung ke atas gawang Mike Maignan.

Kendati Spanyol menunjukkan dominasi dalam aspek penguasaan bola pada awal laga, Perancis justru mampu unggul lebih dahulu.

Gawang Spanyol jebol pada menit kesembilan oleh sundulan Randal Kolo Muani.

Kolo Muani yang berdiri di tiang jauh lepas dari penjagaan Aymeric Laporte dan mampu menyundul servis Kylian Mbappe dari sisi sayap kiri penyerangan Perancis.

Baca juga: Susunan Pemain Spanyol Vs Perancis: Jesus Navas Beradu dengan Mbappe

Bermain tanpa topeng, Mbappe tampak lebih leluasa. Pada menit ke-19 ia punya kans bagus menambah keunggulan Perancis.

Tetapi, gerakan memotong ke dalam Mbappe yang diikuti dengan tembakan, masih bisa diblok Nacho Fernandez.

Selang dua menit, rekor baru kembali diciptakan pemain Spanyol.

Lamine Yamal (16 tahun) menjadi pencetak gol termuda di sepanjang sejarah Euro usai sepakan lengkungnya dari luar kotak penalti menjebol gawang Maignan pada menit ke-21.

Bola tembakan kaki kiri Yamal menyentuh tiang sebelum masuk ke jaring gawang Perancis.

Momentum segera berpindah lagi ke kubu Spanyol. Aksi individu apik Dani Olmo sukses mengecoh Aurelien Tchouameni.

Olmo kemudian mendapatkan ruang tembak leluasa di kotak penalti Perancis.

Tembakan Olmo yang coba dipotong Jules Kounde, justru masuk ke gawang Perancis. Meski bola masuk setelah terkena kaki Kounde, UEFA tetap menghitung itu sebagai gol Dani Olmo.

Dalam tempo hanya empat menit, Spanyol mampu mengemas dua gol dan berbalik unggul 2-1.

Keunggulan 2-1 bisa dipertahankan La Roja (Si Merah) julukan Spanyol sampai masa jeda babak.

Susunan Pemain Spanyol vs Perancis

Spanyol (4-2-3-1): 23-Unai Simon; 22-Navas, 4-Nacho, 14-Laporte, 24-Cucurella; 16-Rodri, 8-Fabian Ruiz; 19-Yamal, 10-Olmo, 17-Nico Williams; 9-Morata.

Pelatih: Luis de la Fuente

Perancis (4-3-3): 16-Maignan; 5-Kounde, 4-Upamecano, 17-Saliba, 22-Hernandez; 13-Kante, 8-Tchouameni, 14-Rabiot; 11-Dembele, 12-Kolo Muani, 10-Mbappe.

Pelatih: Didier Deschamps.

Leave a comment