Informasi Terpercaya Masa Kini

HP Murah Nothing CMF Phone 1 Rilis, Bisa Ganti Cover dan Pasang Banyak Aksesori

0 44

KOMPAS.com – Perusahaan teknologi Nothing resmi meluncurkan smartphone pertamanya dari sub-merek CMF, yakni Nothing CMF Phone 1, Senin (8/7/2024).

CMF merupakan brand yang mencakup produk dengan desain khas Nothing, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau/murah. Sebelumnya, Nothing sudah pernah meluncurkan arloji pintar (smartwatch) CMF Watch Pro.

Nothing CMF Phone 1 mengunggulkan panel belakang yang bisa dilepas pasang. Panel ini dilengkapi empat sekrup yang mudah dibuka menggunakan obeng yang disertakan dalam paket pembelian ponsel.

Baca juga: Smartphone Nothing Phone 2A Edisi Spesial Meluncur

Ketika dibuka, pengguna bisa memasang panel lain dengan pilihan warna hitam (Black), oranye (Orange), biru (Blue), dan hijau (Green). Panel ini dijual terpisah seharga 29 Pound sterling atau sekitar Rp 605.343 per panel.

Panel belakang CMF Phone 1 juga memiliki tonjolan bulat di bawah kanan, yang berguna untuk memasang berbagai macam aksesori.

Adapun aksesori yang dimaksud mencakup stan ponsel, tali pengikat (lanyard), dan casing untuk kartu. Masing-masing aksesori itu dibanderol seharga 19 Pound sterling (Rp 396.590).

Smartphone bikinan perusahaan yang dibesut mantan pendiri OnePlus, Carl Pei, juga mengunggulkan chipset MediaTek Dimensity 7.300 (fabrikasi 4 nm).

Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup empat inti Cortex-A78 dengan clockspeed maksimum 2,5 GHz, empat inti Cortex-A55 dengan clockspeed 2 GHz, serta unit pengolah grafis (GPU) Mali-G615 MC2.

Baca juga: Bukan Cuma Gadget, Nothing Kini Rambah Bisnis Fashion

System-on-Chip (SoC) ini dipadankan dengan RAM 6 GB/8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB.

Gawai ini mengusung layar Super AMOLED berdiagonal 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.000 nits, rasio aspek 20:9, dan touch sampling rate 240 Hz.

Layar ini turut dilengkapi dengan sebuah kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0) yang dimuat dalam lubang punch hole.

Masih soal fotografi, CMF Phone 1 dibekali dengan kamera utama 50 MP (f/1.8) dan sensor depth 2 MP (f/2.4). Duo kamera ini diposisikan secara vertikal dalam modul menyerupai pil.

Di samping kanan kamera, ada sebuah lampu LED flash untuk menyokong aktivitas fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Untuk daya, ponsel teranyar Nothing ini ditopang oleh baterai jumbo 5.000 mAh, yang mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 33 Watt (via kabel/wired).

Baca juga: Earphone TWS Nothing Ear dan CMF Buds Masuk Indonesia, Ini Harganya

Nothing CMF Phone 1 juga mendukung reverse wired charging berdaya 5 Watt untuk mengisi daya perangkat lainnya, tetapi gawai ini tidak mendukung pengisian cepat nirkabel atau wireless.

CMF Phone 1 menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas ponsel Nothing, Nothing OS 2.6.

Antarmuka ini membawa berbagai fitur personalisasi seperti pembuat wallpaper yang ditenagai kecerdasan buatan (AI Wallpaper Generator), tetapi secara garis besar antarmukanya sama seperti smartphone Nothing lainnya.

Nothing menjanjikan ponsel terbarunya ini akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Android hingga dua generasi dan pembaruan keamanan hingga tiga tahun.

Spesifikasi CMF Phone 1 lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) di bawah layar (under-display), USB-C, Dual SIM, microSD, speaker, Bluetooth 5.3, GPS, dan masih banyak lagi.

Smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi anti-air dengan rating IPX2, yakni jaminan pertahanan terhadap tetesan air. Nothing mengeklaim CMF Phone 1 tahan terendam air sedalam 25 cm selama tiga detik.

CMF Phone 1 tidak dibekali jack headphone 3,5 mm dan teknologi NFC.

Harga Nothing CMF Phone 1

Di atas kertas, Nothing CMF Phone 1 memiliki dimensi 164 x 77 x 8,2 mm dengan bobot 197 gram. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna hitam, oranye, biru, dan hijau.

Nothing CMF Phone 1 tersedia di Amerika Serikat lewat Nothing US Beta Program. Gawai ini juga bisa dibeli di India dan setiap pasar yang dijangkau Nothing.

CMF Phone 1 varian RAM 6 GB/128 GB tersedia secara eksklusif di India, sedangkan varian RAM 8 GB/128 GB tersedia di semua pasar yang dijangkau Nothing. Kemudian, varian teratas 8 GB/256 GB tidak meluncur di India.

Berikut ini harga CMF Phone sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Selasa (9/7/2024):

  • CMF Phone 1 (6 GB/128 GB) – 15.999 Rupee (sekitar Rp 3,1 juta)
  • CMF Phone 1 (8 GB/128 GB) – 17.999 Rupee (sekitar Rp 3,5 juta)
  • CMF Phone 1 (8 GB/256 GB) – 239 Pound sterling (sekitar Rp 4,9 juta)

Ponsel ini dapat dibeli di situs resmi cmf.tech. Pengiriman untuk CMF Phone 1 varian 8 GB/128 GB warna hitam dilakukan pada 12 Juli ini, sedangkan varian warna hijau 8 GB/128 GB dan hitam 8 GB/256 GB dikirimkan pada 23 Juli.

Leave a comment