Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Jenis Sayur Penurun Tekanan Darah Tinggi,Bagus untuk Penderita Hipertensi

0 30

TRIBUNHEALTH.COM – Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang masalah kesehatan yang sering jadi keluhan masyarakat.

Penderita hipertensi harus memeperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Pasalnya, asal konsumi makanan maupun minuman bisa berisiko terjadi peningkatan tekanan darah.

Tak perlu khawatir, selain minum obat yang diresepkan dokter, penderita hipertensi bisa menjadikan sayuran sebagai pilihan sehat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Hipertensi yang tidak segera ditangani dengan tepat bisa menimbulkan komplikasi serius.

Namun, orang dengan kondisi ini tak perlu khawatir. Salah satu cara yang efektif untuk mengelola dan menurunkan tekanan darah tinggi yaotu dengan mengatur pola makan.

Baca juga: Adakah Kondisi Wajah yang Tidak Boleh Filler? Begini Penjelasan Dokter Estetika

Ternyata dengan konsumsi sayuran tertentu sudah terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Melansir kontan.co.id dari laman Doctor Health Press, berikut jenis sayuran yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Bayam

Bayam merupakan sumber karotenoid yang sangat menguntungkan, termasuk lutein, zeaxanthin dan beta-karoten. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi bayam bisa memperkuat fungsi asam nitrat di dalam tubuh yang bisa memperbaiki kesehatan jantung, mengendalikan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah serta kondisi pembuluh darah.

2. Rebung

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Minum Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri

Rebung merupakan tunas dari bambu. Rebung yang bisa diko nsumsi merupakan spesies bambu seperti Phyllostachys edulis dan Bambusa vulgaris.

Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal International Scholarly Research Notices tahun 2014, rebung mengandung tinggi serat yang berperan mengendalikan tekanan darah tinggi.

Di India Timur Laut, sudah lama rebung dijadikan sebagai bagian dari pengobatan tradisional untuk masalah hipertensu dan mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Kangkung

Kangkung mengandung antioksidan seperti qercetin dan kaempferol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mendukung kesehatan jantung.

Kandungan lain seperti kalium, magnesium dan juga serat pada kangkung berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung secara umum.

4. Selada Air

Baca juga: Wanita Karir Tak Ada Hasrat dengan Pasangan, Apa Termasuk Indikator Penurunan Estrogen?

Selada air kaya akan mineral penting seperti kalsium, kalium dan magnesium yang berkontribusi pada penurunan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Avicenna of Phytomedicine pada tahun 2014 menemukan bahwa konsumsi selada air secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah diastolik.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang termasuk sumber kalsium, kalium, magnesium dan serat yang baik. Semua yang terkandung di dalam brokoli bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Lutein pada brokoli berperan mencegah arteri menjadi tebal. Senyawa sulforaphane pada brokoli telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Kembang Kol

Baca juga: Intip Manfaat Mengurangi Garam dan Gula untuk Kesehatan

Kembang kol mengandung serat, sulforaphane, kalium, magnesium dan kalsium yang berpotensi menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit terkait.

Kembang kol juga mengandung vitamin C, vitamin K, asam lemak omega-3 dan antioksidan lain yang berperan mencegah akumulasi plak pada pembuluh darah yang mampu menurunkan risiko hipertensi.

7. Seledri

Seledri berasal dari keluarga Apiaceae yang kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, serat, dan antioksidan untuk mendukung penurunan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri bisa berperan mengatur tekanan darah tinggi kronis.

8. Sawi Hijau

Baca juga: Pentingnya Sarapan dan Ketahui 9 Manfaatnya, Apa Saja?

Sawi hijau (Brassica juncea) merupakan bagian dari keluarga Brassica.

Sawi hijau mengandung serat, kalsium, kalium dan magneisum yang membantu menurunkan tekanan darah.

9. Bok Choy

Bok choy merupakan sumber serat, kalium, kalsium dan magneium yang berkontribusi pada penurunan tekanan darah.

Vitamin B6 dan folat pada bok choy juga membantu menghindari akumulasi homosistein yang bisa menyebabkan masalah jantung dan kerusakan pembuluh darah.

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rutin konsumsi sayuran ini bisa mendukung pengelolaan dan penurunan tekanan darah. Namun, menjalani pola hidup sehat secara menyeluruh juga sangat penting dalam mengendalikan tekanan darah.

(TribunHealth.com)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Tekanan Darah Tinggi Turun dengan Konsumsi 9 Sayuran Ini

Leave a comment