Informasi Terpercaya Masa Kini

Belanda Vs Inggris: Emosional untuk Hasselbaink Si “Spesialis Penalti”

0 62

KOMPAS.com – Keberhasilan timnas Inggris memenangi adu penalti melawan Swiss di perempat final Euro 2024, tidak lepas dari sosok asisten pelatih, Jimmy Floyd Hasselbaink. 

Setelah kemenangan itu, Hasselbaink akan membantu Inggris menghadapi Belanda di semifinal Euro 2024.

Laga yang akan terasa emosional buat Hasselbaink, pria kelahiran Paramaribo, Suriname yang besar di Belanda.

Ia pernah memperkuat timnas Belanda pada 1998-2002, tampil sebanyak 23 kali dan mengontribusikan 9 gol.

Eks penyerang Chelsea itu mulai bekerja sebagai asisten pelatih timnas Inggris pada 2023.

Hasselbaink menemani rekan bermainnya semasa Middlesbrough, Gareth Southgate, yang sekarang menjadi pelatih kepala timnas Inggris.

Asisten pelatih berusia 52 tahun ini bekerja dalam bayangan dan jarang melakukan wawancara.

Tetapi, kehadirannya membantu pemain Inggris untuk memperbaiki aspek mental serta teknis, termasuk dalam situasi adu penalti.

Baca juga: Belanda Vs Inggris: Saka Ancaman, Oranye Punya Pemain Tercepat Premier League

Hasselbaink berperan sebagai mentor bagi pemain muda Inggris yang kini akhirnya bisa mengusir trauma saat terlibat dalam adu tendangan penalti.

Dalam sebuah artikel di media Belanda, NOS, Hasselbaink disebut sebagai spesialis penalti. Label yang terasa pas.

Sebab, striker asal Belanda itu berhasil mengeksekusi 14 dari 15 tendangan penalti kala berseragam Chelsea dan Middlesbrough di Liga Inggris.

Peran Hasselbaink diakui langsung oleh Jude Bellingham, salah satu eksekutor penalti sukses Inggris dalam laga melawan Swiss.

“Ini adalah yang pertama bagi saya untuk terlibat di dalamnya, untuk mengambilnya,” ujar Bellingham kepada BBC Radio 5Live, setelah pertandingan Inggris vs Swiss.

Dalam adu penalti melawan Swiss, tim berjuluk Tiga Singa menang 5-3, dengan semua pemain berhasil menjalankan tugas.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan babak tambahan.

Baca juga: Belanda Vs Inggris, Bek Man City Nantikan Laga, Siap Lawan Three Lions

Kelima pemain Inggris yang sukses melakoni tugas sebagai algojo penalti dalam laga kontra Swiss ialah Jude Bellingham, Cole Palmer, Bukayo Saka, Ivan Toney dan Trent Alexander-Arnold.

“Saya sangat percaya diri dengan persiapan saya, percaya diri dengan hal-hal yang saya bicarakan dengan Jimmy Floyd Hasselbaink, dia sangat membantu kami,” ujar Bellingham.

“Ini adalah kerja keras yang dia lakukan di balik layar, dengan pemain bersedia menerima informasi tersebut, yang menempatkan kami dalam situasi untuk bisa menang,” ucap Bellingham menyanjung peran Hasselbaink.

Inggris akan bersua dengan Belanda dalam babak semifinal Euro 2024 pada Rabu (10/7/2024) atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB, di BVB Stadion Dortmund, Jerman.

Leave a comment