Informasi Terpercaya Masa Kini

Aplikasi ChatgGPT Versi Windows Dirilis untuk Pengguna Berbayar

0 3

KOMPAS.com – OpenAI memperluas ketersediaan chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif ChatGPT dengan merilisnya ke platform Windows pada Oktober 2024 ini.

ChatGPT untuk Windows dirilis OpenAI setelah aplikasi yang sama dirilis untuk macOS beberapa waktu lalu. Upaya ini juga dilakukan OpenAI untuk memposisikan ChatGPT sebagai alat yang penting, baik di lingkup pribadi maupun profesional.

ChatGPT untuk Windows dapat diakses dengan mudah melalui shortcut (tombol pintasan) keyboard Alt dan tombol spasi, terlepas dari apa pun model PC komputer pengguna.

Integrasi ini diterapkan agar memudahkan dan meningkatkan produktivitas pengguna tanpa perlu membuka web browser tersebut dahulu ketika ingin mengakses ChatGPT.

Shortcut itu juga bisa dipakai untuk aplikasi lain. Karena itu pengguna perlu mengaturnya di menu pengaturan (settings) perangkat bila ingin memakainya untuk ChatGPT supaya tidak tumpang tindih dengan fungsi lain.

Baca juga: Pembuat ChatGPT Dapat Pendanaan Baru, Valuasinya Jadi Rp 2.400 Triliun

Untuk saat ini, ChatGPT di Windows baru tersedia dalam versi preview (pratinjau), sehingga belum semua fitur bisa dijalankan sepenuhnya. Salah satu yang belum bisa digunakan selama masa preview adalah fitur Voice mode. Fitur ini baru akan bisa dijalankan saat aplikasi ChatGPT versi stabil dirilis.

Meski demikian, sebagian besar fitur ChatGPT bisa dijalakan pengguna Windows, antara lain mengunggah file atau foto untuk meminta AI menganalisisnya, hingga membuat gambar dengan memanfaatkan kekuatan model AI, DALL-E dan masih banyak lagi.

Adapun spesifikasi perangkat Windows yang bisa menjalankan chatbot ini cukup sederhana, yaitu perangkat dengan sistem operasi Windows 10 versi 17763.0 atau lebih tinggi, dihimpun KompasTekno dari Howtogeek, Senin (28/10/2024).

Bagi pengguna perangkat berbasis Windows, chatbot AI ini bisa diunduh dari Microsoft Store, atau melalui situs web OpenAI pada tautan berikut ini. 

Perlu dicatat bahwa ChatGPT di Windows baru tersedia untuk pelanggan berbayar, termasuk ChatGPT Plus, Enterprise, Team, atau ChatGPT Edu. Namun OpenAI menjanjikan ChatGPT Windows gratis di waktu mendatang.

“Kami berencana meluncurkannya untuk semua pengguna ChatGPT pada akhir tahun ini,” demikian keterangan OpenAI dikutip KompasTekno dari unggahan perusahaan di media sosial X dengan handle @OpenAI.

  Susul ChatGPT untuk macOS

ChatGPT juga sudah tersedia untuk pengguna perangkat macOS. OpenAI meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT pertamanya untuk perangkat macOS pada pertengahan Mei 2024. 

Awalnya, aplikasi ini hanya bisa diunduh (download) oleh pengguna berbayar (yang berlangganan ChatGPT Plus).

Baca juga: Aplikasi ChatGPT di MacOS Kini Bisa Di-download Gratis oleh Semua

Namun, mulai Selasa (25/6/2024), OpenAI mengatakan bahwa aplikasi ChatGPT untuk macOS kini tersedia untuk semua orang, termasuk pengguna gratis.

Pantauan KompasTekno, pengguna macOS yang kompatibel bisa menginstal aplikasi desktop ChatGPT ini lewat URL openai.com/chatgpt/mac atau melalui link berikut ini.

Di laman Help Center, OpenAI merinci bahwa aplikasi ChatGPT untuk macOS ini bisa berjalan di perangkat pengguna yang menjalankan sistem operasi macOS 14 (Sonoma) dan menggunakan prosesor Apple Silicon M1 atau yang lebih baru.

Sebelum ada aplikasi desktop ChatGPT, pengguna harus membuka browser di perangkat macOS, kemudian pergi ke situs openai.chatgpt.com untuk bisa berinteraksi dengan chatbot AI ini.

Leave a comment