Informasi Terpercaya Masa Kini

Lantunan Al-Quran Bergema di Gereja Belanda,Menandai Peringatan Setahun Pembataian Israel di Gaza

0 3

Lantunan Al-Quran Bergema di Gereja Belanda, Menandai Peringatan Setahun Pembataian Israel di Gaza

SERAMBINEWS.COM – Ayat-ayat suci Al-Quran bergema di Gereja Dominicus di Amsterdam, ibu kota Belanda pada Minggu (6/10/2024) waktu setempat.

Pembacaan ayat suci Al-Quran di gereja itu dilakukan dalam rangka memperingati dan memberikan penghormatan kepada warga Palestina yang terbunuh dalam serangan dan genosida Israel di Gaza.

Hari ini, 7 Oktober 2024, menandai satu tahun Israel melancarkan serangan militer dan genosida di Jalur Gaza, Palestina.

Serangan Israel itu sebagai balasan ‘tanpa ampunan’ terhadap Gaza setelah Hamas melakukan Operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 lalu

Setelah Operasi Badai Al-Aqsa yang dilakukan Hamas, Israel tak henti-hentinya melakukan genosida hingga membuat 41.870 warga Palestina terbunuh di Gaza.

Walikota Amsterdam, Femke Halsema dan perwakilan Palestina di Belanda, Duta Besar Ammar Hijazi, menghadiri upacara peringatan yang diadakan di Gereja Dominicus bagi mereka yang kehilangan nyawa di Gaza.

Dalam upacara tersebut, doa dipanjatkan untuk mereka yang kehilangan nyawa di Gaza.

Para hadirin memberikan doa pada upacara tersebut.

Imam Masjid Fatih Amsterdam yang berafiliasi dengan Yayasan Keagamaan Belanda (HDV), Kemal Gözütok, membaca Al-Quran untuk para mereka yang kehilangan nyawa di Gaza.

Imam Gereja Dominicus dan teolog, Janneke Stegmen mengatakan bahwa mereka menyelenggarakan upacara peringatan ini untuk mereka yang terbunuh di Gaza.

Stegmen menunjukkan bahwa genosida telah berlangsung selama satu tahun dan banyak orang, anak-anak, perempuan, laki-laki yang menjadi korban kekejaman Israel.

“Tidak ada yang bisa menahan rasa sakit dan kemarahan ini. Oleh karena itu, kami pikir kami memerlukan tempat tersendiri di mana orang-orang berada,” katanya, dilansir dari Anadolu Ajansı.

“Kami dapat mengungkapkan perasaan mereka dan di mana kita dapat berkabung bersama jika memungkinkan,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa genosida di Gaza telah menganggu orang-orang dari semua agama.

“Sangat penting bagi kami bahwa pembicaranya adalah Muslim, Yahudi, Kristen, semua agama. Mereka semua berbicara tentang masalah ini,” katanya.

“Ketidakadilan yang mereka saksikan, fakta bahwa genosida telah berlangsung begitu lama, dan fakta bahwa mereka berbicara tentang apa artinya hal ini bagi masyarakat,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa tidak ada cukup empati terhadap para korban genosida di Gaza dan sangat sulit untuk menanggung genosida ini.

“Secara historis, dan saat ini, banyak umat Kristen di negara-negara Barat yang mendukung negara Israel, namun mereka kurang berempati terhadap warga Palestina atau menerima bahwa penderitaan warga Palestina lebih sedikit,” sebut Stegmen.

“Ini sungguh menyakitkan, dan dari sudut pandang itu, sangat penting bagi saya bahwa gereja ini adalah tempat bagi rakyat Palestina.” katanya.

Khutbah pada upacara tersebut menjelaskan bahwa mereka telah menyaksikan genosida di Gaza dalam ketakutan dan duka selama setahun.

Mereka telah menghadapi berita buruk dan gambaran mengerikan setiap hari atas kekejaman Israel di Gaza.

Menekankan bahwa genosida di Gaza terjadi secara langsung di depan mata dunia, para pembicara dalam upacara itu mengkritik dukungan negara-negara Barat terhadap genosida ini.

Peserta yang mengenakan pakaian hitam meninggalkan bunga di tempat yang telah ditentukan di dalam gereja.

Di penghujung acara, para artis asal Gaza menyanyikan lagu-lagu berbahasa Arab, dan beberapa peserta tak kuasa menahan air mata.

  1 Tahun Kekejaman Israel, Zionis Lancarkan 25.000 Serangan ke Gaza: Sudah 41.870 Warga Terbunuh

Hari ini, 7 Oktober 2024, menjadi penanda satu tahun Israel melancarkan serangan militer dan genosida di Jalur Gaza, Palestina.

Serangan Israel itu sebagai balasan ‘tanpa ampunan’ terhadap Gaza setelah Hamas melakukan Operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 lalu.

Dalam Operasi Badai Al-Aqsa, sebanyak 1.200 warga Israel tewas dan Hamas menyandera 250 orang lainnya.

Setelah Operasi Badai Al-Aqsa yang dilakukan Hamas, Israel tak henti-hentinya melakukan genosida hingga membuat 41.870 warga Palestina terbunuh di Gaza.

Pemimpin Ansarullah Yaman, Abdul-Malik Badruldeen al-Houthi mengatakan bahwa rezim Israel telah melancarkan 250.000 serangan terhadap Jalur sejak pecahnya perang pada 7 Oktober 2023.

Berbicara dalam pidato, ia mengatakan bahwa Operasi Penyerbuan Al-Aqsa merupakan hasil alami dari perang permusuhan Israel selama 105 tahun pendudukan.

Musuh Israel melancarkan lebih dari 250.000 serangan udara dan artileri terhadap Jalur Gaza dalam setahun penuh.

“Agresi Israel di Jalur Gaza telah menewaskan lebih dari 41.000 orang dan hampir 100.000 orang terluka sejak 7 Oktober 2023”, katanya, dilansir dari Mehr News, Senin (7/10/2024).

Dikatakannya, Israel telah menggunakan sekitar 100.000 ton bahan peledak seperti bom, rudal dan peluru yang disediakan oleh Amerika Serikat

“Pembantaian Israel terhadap rakyat Palestina di Rumah Sakit Al-Mu’amdani, kamp Jabalia dan Sekolah Al Khor merupakan salah satu pembantaian paling nyata dan mengerikan yang tidak akan pernah dilupakan oleh orang yang berhati Nurani,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa Israel menggunakan segala cara pembunuhan dan mencoba melakukan genosida dengan memaksakan kelaparan terhadap warga Palestina.

Pemimpin Ansarullah Yaman itu merinci kejahatan yang dilakukan oleh pendudukan Israel di Jalur Gaza selama setahun terakhir.

“Sisa-sisa jenazah 7.820 martir di Gaza belum dikuburkan maupun dibawa ke rumah sakit, dan identitas mereka masih belum tercatat, ini hanya perkiraan,” katanya, menggarisbawahi besarnya perang genosida Israel terhadap Palestina. 

Pemimpin Ansarullah Yaman itu memuji ketangguhan para pejuang dan rakyat Palestina di Gaza.

Ia menggambarkan keteguhan mereka sebagai kehebatan dan bersejarah, tak tertandingi dalam sejarah rakyat Palestina atau bangsa Arab dalam perjuangan mereka melawan Israel.

Ia menekankan bahwa pertempuran yang sedang berlangsung “telah membuktikan bahwa sumber daya, senjata, dan peralatan bukanlah faktor penentu dalam pertempuran.”

“Musuh Israel, yang didukung oleh Amerika, Inggris, dan pendukung Barat, telah mengerahkan semua sumber dayanya untuk menyerang Gaza, Mereka melancarkan serangannya dengan 350.000 tentara reguler dan cadangan, tetapi Palestina mampu mempertahankan wilayah mereka,” pujinya.

Ia mencatat banyak korban jiwa akibat penggunaan senjata buatan AS dan bom yang dilarang secara internasional oleh musuh Israel yang dirancang untuk pemusnahan massal dan kehancuran total di Gaza.

Di sisi lain, ia menyoroti meningkatnya upaya front dukungan di Lebanon, Yaman, Irak, dan Iran dalam konfrontasi mereka dengan musuh Israel.

Pemimpin itu menekankan bahwa front ini tengah menuju ke arah eskalasi yang lebih besar.

Berfokus pada garis depan dukungan Lebanon, yang telah aktif sejak 8 Oktober 2023, Sayyed al-Houthi menyatakan bahwa Israel dikejutkan oleh pejuang Hizbullah, yang menunjukkan lebih banyak keteguhan, ketahanan, dan keberanian daripada yang diketahui sebelumnya. 

“Pejuang Hizbullah terlibat dalam pertempuran dengan musuh dari jarak dekat, yang menimbulkan kerugian langsung, terutama dalam pertempuran baru-baru ini di mana pejuang Perlawanan berhasil memukul mundur invasi darat Israel,” jelasnya.

Abdul-Malik Badruldeen al-Houthi juga menanggapi anggapan bahwa jika Israel meyakini bahwa pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah, akan melemahkan moral, maka mereka salah besar dan keliru.

Ia menekankan bahwa sebagian besar faksi Lebanon memahami bahwa agresi Israel menimbulkan ancaman bagi seluruh Lebanon.

“Israel adalah musuh seluruh warga Lebanon, Israel telah gagal belajar dari pelajaran masa lalu, baik di Palestina maupun di Lebanon,” ungkapnya.

(Serambinews.com/Agus Ramadhan)

Leave a comment