Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Romo Benny Susetyo, Stafsus BPIP yang Meninggal Dunia Hari Ini

0 3

Bisnis.com, JAKARTA – Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (5/10/2024) pukul 00.05 WIB.

Antonius Benny Susetyo atau yang lebih dikenal dengan Romo Benny Susetyo wafat pada usia 55 tahun.

Mengutip melalui laman resmi BPIP, Benny lahir di Malang, Jawa Timur pada 10 Oktober 1968 dan dikenal sebagai sosok yang terus memajukan Pusat Studi dan Pengembangan Kebudayaan (PUSPeK). 

Baca Juga : Berita Duka, Stafsus BPIP Romo Benny Susetyo Meninggal Dunia

Romo Benny Susetyo merupakan lulusan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang 1996, Benny juga dikenal sebagai seorang pastor muda yang pernah menulis buku berjudul ‘Hancurnya Etika Politik, Membuka Mata Hati Indonesia’. 

Tak hanya itu, almarhum merupakan tokoh yang juga memiliki konsern demi memperjuangkan masyarakat lemah dengan memberi perhatian kepada korban bencana dan kekerasan.

Baca Juga : : Kata Jokowi Soal Peluang Sanksi BPIP Buntut Polemik Paskibraka Lepas Jilbab

Dalam perjalanan hidupnya, Benny juga pernah ditunjuk sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia pada 2008.

Di sisi lain, pihak Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pun menyebut bahwa Benny dikenal sebagai sosok yang berkomitmen kuat dalam mengawal nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan.

Baca Juga : : Jokowi Lantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP

“Selama masa pengabdiannya, beliau telah memberikan kontribusi besar dalam memperkuat pemahaman dan implementasi ideologi Pancasila di masyarakat. Pemikiran-pemikiran beliau mengenai kebhinekaan dan toleransi telah memberikan inspirasi bagi banyak pihak,” tulis keterangan BPIP, Sabtu (5/10/2024).

BPIP menekankan bahwa kepergian tokoh tersebut merupakan kehilangan besar bagi lembaga Negara dan seluruh bangsa Indonesia. 

“Semoga mendiang diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan,” tandas BPIP.

Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP Mahnan Marbawi mengatakan bahwa Romo Benny wafat saat menjalankan tugas kedinasan.

“Beliau wafat di saat menjalankan tugas kedinasan dalam misi memperkuat pemahaman ideologi Pancasila di Pontianak, Kalimantan Barat,” kata Marbawi ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Manhan mengatakan jasad Romo Benny akan diberangkatkan menuju rumah keluarga di Malang melalui Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, pada pukul 11.35 WIB.

Setibanya di Malang, jasad Romo Benny akan disemayamkan di Rumah Duka Gotong Royong dan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Sukun pada Senin (7/10).

Leave a comment