Informasi Terpercaya Masa Kini

Meski Diincar Israel, Pemimpin Tertinggi Iran Tetap Muncul di Depan Publik, Sampaikan Hal Ini

0 3

TEHERAN, KOMPAS.TV – Pemimpin Iran rupanya tak gentar menghadapi ancaman Israel. Meski diincar dibunuh oleh Israel, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei muncul di depan publik untuk menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Agung Imam Khomeini di Teheran, Jumat (4/10/2024). 

Khamenei menyerukan persatuan muslim untuk mengalahkan musuh-musuh mereka. 

Dalam pidatonya, Khamenei menekankan, musuh Iran adalah juga musuh Irak, Lebanon, dan Mesir. Ia menyebut musuh mereka sama. 

Melansir kantor berita Iran IRNA, Khamenei mengecam kejahatan yang dilakukan oleh Israel dan menegaskan bahwa setiap negara punya hak untuk mempertahankan negara dan wilayahnya dari para penyerang.

Baca Juga: Iran Serang Israel atas Perintah Ayatullah Ali Khamenei, Balas Kematian Pemimpin Hamas dan Hizbullah

Khamenei juga menyebut Operasi Badai Al Aqsa yang dilancarkan Hamas, legal dan merupakan langkah internasional untuk menegaskan hak-hak rakyat Palestina.

Lebih lanjut, Ayatullah Khamenei memuji operasi yang dilakukan tentara Iran, dan menyebutnya sebagai langkah legal dan sah.

Ia menekankan agar Iran tidak menunda atau bahkan terburu-buru dalam memenuhi kewajiban.

Khamenei juga melontarkan pesan bagi rakyat Lebanon terkait gugurnya pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, dalam serangan udara Israel di Beirut pada Jumat pekan lalu.

“Janganlah kalian kecewa dan bersedih karena kehilangan tokoh-tokoh besar seperti Imam Musa Al-Sadr, Seyed Abbas Mousavi, dan lainnya. Jangan ragu di jalan perjuangan. Tingkatkan upaya dan kekuatan kalian,” ujar Khamenei dalam upacara memperingati gugurnya Nasrallah di Masjid Agung Imam Khomeini di Teheran, Jumat.

“Gandakan solidaritas, lawan musuh penyerang dengan memperkuat keyakinan dan kepercayaan, demi menggagalkan mereka.”

Khamenei juga menyebut aksi musuh seperti pembantaian warga sipil merupakan tanda kelemahan ketimbang kemenangan.

Dia juga mengatakan aksi semacam itu akan menyeret ‘serigala vampir’ menuju kebinasaan.

“Setiap pukulan terhadap rezim Zionis akan menguntungkan kemanusiaan secara menyeluruh,” imbuhnya.

Baca Juga: Netanyahu Semringah dengan Terbunuhnya Nasrallah, Langsung Kirim Ancaman ke Ayatullah Ali Khamenei

Ia juga menggambarkan dukungan Hizbullah terhadap Gaza sebagai pelayanan penting bagi dunia muslim. Khamenei menyerukan seluruh kaum muslim untuk mendukung Lebanon.

Upacara peringatan wafatnya Nasrallah dan tokoh-tokoh lainnya, termasuk Jenderal Iran Abbas Nilforushan, yang tewas dalam serangan udara Israel di Beirut pekan lalu, dimulai pada Jumat pukul 10.30 waktu setempat.

Upacara itu juga dihadiri oleh Presiden Iran Masoud Pezeshkian, juru bicara Parlemen Iran Mohammad Bagher Ghalibaf dan Kepala Kehakiman Gholam Hossein Mohseni Ejei.

Leave a comment