Informasi Terpercaya Masa Kini

Microsoft Rilis “Click to Do” di Copilot Plus PC, Fitur AI Serupa Circle to Search

0 3

KOMPAS.com – Microsoft resmi memperkenalkan deretan fitur baru di Copilot Plus PC, pada Rabu (2/10/2024). Salah satunya adalah fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama Click to Do.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengeklik sebuah gambar, video, artikel, dan konten lainnya untuk mendapatkan atau mencari informasi, mengedit, serta melakukan berbagai aksi terhadap konten tersebut.

Jika dibayangkan, fitur ini mirip dengan Circle to Search buatan Google yang ada di sejumlah smartphone buatan Samsung, seperti Galaxy S24 Series dan Galaxy A35 hingga Galaxy A55. Bedanya, Click to Do diklik, bukan dilingkari, dan fitur ini tersedia di PC, khususnya Copilot Plus PC, buka smartphone

Executive President & Consumer Chief Marketing Officer Microsoft, Yusuf Mehdi mengatakan Click to Do mengandalkan teknologi AI, dan disebut dapat memahami konteks atau apa yang sedang digambarkan dan diceritakan dalam sebuah konten foto, video, hingga artikel yang tampil di layar. 

Baca juga: Fitur AI Circle to Search Hadir di Samsung A55, A54, A35, A34, dan Tab S9 SE

Jika suatu konten diklik, misalnya konten foto, maka pengguna akan bisa menyimpan, menyalin, mencari informasi terkait gambar tersebut di internet melalui mesin pencari Bing. 

Pengguna juga bisa memanipulasi foto seperti menghapus obyek atau menerapkan efek buram (blur) pada foto. Ilustrasi cara kerja Click to Do bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Kemudian jika mengeklik konten artikel, Click to Do bisa merangkum atau menulis ulang (rewrite) artikel tersebut supaya mudah dimengerti. Jika pengguna mengeklik konten YouTube, pengguna bisa mencari informasi lanjutan yang berkaitan dengan video yang sedang ditonton.

“Pada prosesnya, Click to Do akan memproses dan memahami semua konten yang ada di layar. Jika konten ini diklik, maka akan ada jendela pop-up yang akan menampilkan opsi menu untuk mencari, memanipulasi, dan hal lainnya,” jelas Mehdi.

“Sehingga, apa yang ingin diterapkan pengguna terhadap konten tersebut akan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien,” tambah Mehdi.

Selain Click to Do, Microsoft juga memperkenalkan fitur AI yang disematkan ke dalam Windows Search di File Explorer.

Dengan fitur AI, pengguna kini bisa mencari konten gambar, video, atau dokumen di File Explorer dengan kata kunci yang melibatkan konten tersebut.

Ketika mencari konten yang melibatkan aktivitas barbeku, misalnya, pengguna bisa memasukkan kata kuncu “BBQ party” di kolom Windows Search.

Nantinya, File Explorer akan menampilkan gambar, video, atau konten yang melibatkan suasana pesta barbeku, sebagaimana tampak pada gambar di atas. 

Baca juga: Google Chrome Diperbarui, Ada Fitur Lens yang Mirip Circle to Search

Sebelumnya, Windows Search akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan nama file hingga jenis file-nya saja. Sehingga, fitur Windows Search akan kurang maksimal apabila mencari sesuatu file yang kita tidak ingat namanya apa.

Untuk ketersediaan, fitur Click to Do dan AI di Windows Search di File Explorer akan disebar dan diuji coba para pengguna Windows Insider mulai bulan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (2/10/2024). 

Microsoft menyebut fitur-fitur pencarian baru ini akan hadir secara bertahap ke semua pengguna pada November mendatang. Meski demikian, hanya pengguna Copilot Plus PC saja yang akan bisa mencoba fitur ini.

Hal ini terbilang wajar lantaran fitur Click to Do dan Windows Search yang diperbarui tadi mengandalkan hardware berbasis AI yang memang sudah ada di dalam perangkat berlabel Copilot Plus PC.

Leave a comment