Informasi Terpercaya Masa Kini

Smartphone ZTE Blade A75 5G Resmi, Bawa Kamera 50 MP dan “Dahi” Mirip iPhone

0 2

KOMPAS.com – Perusahaan teknologi asal China, ZTE resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya, yaitu ZTE Blade A75 5G secara diam-diam di sejumlah negara di dunia, termasuk di negara tetangga Filipina.

Ponsel ini merupakan “kembaran” dari Nubia Focus yang diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol Februari lalu, namun dengan sedikit penurunan spesifikasi.

Salah satu spesifikasi yang dipangkas adalah kemampuan kamera. Jika di Nubia Focus kamera utamanya memiliki resolusi 108 MP, resolusi kamera utama ZTE Blade A75 5G diturunkan menjadi 50 MP.

Baca juga: ZTE Blade A35 Resmi di Indonesia, HP 90 Hz di Bawah Rp 1 Juta

Meski resolusinya berbeda, kamera utama di ponsel tersebut tetap ditemani dengan kamera sekunder dengan resolusi 2 MP. Kedua kamera ini juga tetap dimuat dalam sebuah modul lingkaran yang cukup besar di bagian tengah atas punggung perangkat.

Beralih ke bagian depan ponsel, kamera selfie ZTE Blade A75 5G mengalami peningkatan resolusi dibanding Nubia Focus, yaitu dari 5 MP menjadi 8 MP.

Posisi kamera selfie di kedua ponsel ini tetap berada di punch hole yang diletakkan di tengah atas layar perangkat.

Ukuran punch hole ini juga seakan bisa “melebar” ke kiri dan ke kanan sampai membentuk pil. Hal ini berlaku ketika ada panggilan masuk atau sedang merekam audio, sehingga “dahi” atau takik tersebut mirip fitur Dynamic Island di iPhone.

Masih soal desain, ZTE Blade A75 5G mengusung layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi HD Plus dan refresh rate 120 Hz. 

Pada aspek performa, ponsel ini ditenagai chipset Unisoc T760. Chipset ini memiliki delapan inti prosesor (octa core) dengan kecepatan clock maksimal 2,2 GHz. “Otak” di ponsel ini dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Baca juga: Hands-on ZTE Nubia Neo 2, HP Gaming dengan Tombol Mirip L1 dan R1

Fitur pendukung lain yang ada di ZTE Blade A75 5G mencakup baterai 5.000 mAh yang mendukung kecepatan pengisian dengan daya 18 watt, sistem operasi (OS) Android 13, pemindai sidik jari yang dibenamkan di tombol power, dan masih banyak lagi.

Di Filipina, ZTE Blade A75 5G tersedia dalam varian warna Black dan Mint Green. Ponsel ini sudah tersedia di sana dan dijual dengan harga 5.450 peso Filipina atau sekitar Rp 1,4 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (2/10/2024). 

Berdasarkan pantauan KompasTekno, ZTE Blade A75 5G sudah muncul di perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Perangkat dengan kode nomor Z2359 ini didaftarkan oleh PT ZTE INDONESIA pada 31 Juli 2024 dengan nomor sertifikat 101769/SDPPI/2024.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada informasi resmi tentang peluncuran smartphone ini di Indonesia.

Leave a comment