Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Nyaris Tidak Datang ke Pelantikan Anggota DPR

0 3

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir ke agenda pembacaan sumpah jabatan dan pelantikan Para anggota DPR terpilih 2024–2029 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Menurut pantauan Bisnis, orang nomor satu di Indonesia itu tiba dengan mengenakan jas berwarna biru navy, kemeja putih, dasi merah ditemani oleh presiden terpilih periode 2024–2029 Prabowo Subianto yang mengenakan jas hitam dan dasi biru.

Sebelumnya, Kepala Negara rencananya tidak menghadiri agenda tersebut dan akan langsung ke Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma untuk melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Mereka yang ‘Gigit Jari’ Gagal Dilantik jadi Anggota DPR RI 2024-2029

Hal ini dikonfimasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Yusuf Permana bahwa Jokowi akan langsung ke Halim setelah memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

“Rencana begitu [langsung ke Halim],” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga : : Rumor Masuk Kabinet Prabowo, Meutya Hafid Hadiri Pelantikan Anggota DPR

Adapun, agenda di Halim, Jokowi akan menerima Panitia seleksi (Pansel) yang akan menyerahkan 10 nama calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Yusuf Ateh mengatakan bahwa nama-nama tersebut akan diserahkan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, sebelum Jokowi bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT). “Ya insya allah (diserahkan ke Presiden hari ini). Rencana di Halim,” katanya melalui pesan teks.

Baca Juga : : Ada Ultraman di Pelantikan Anggota DPR, Ternyata Ini Sosoknya

Pansel akan menyerahkan 20 nama yang terdiri dari, 10 capim dan 10 dewan pengawas KPK. Nama-nama yang diserahkan merupakam capim dan dewas yang lolos tes wawancara dan kesehatan.

Setelah itu, Jokowi akan memilih 5 nama capim dan dewas untuk diserahkan ke DPR RI. Nama-nama yang dipilih Jokowi akan mengikuti fit and proper test di DPR RI.”Presiden serahkan ke DPR untuk dipilih 5 (nama) capim,” pungkas Ateh.

Leave a comment