Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Olahraga di Rumah untuk Diet Turun Berat Badan yang Cepat dan Efektif

0 2

Siapa bilang harus ke gym untuk mendapatkan tubuh ideal? Ini dia olahraga di rumah untuk diet turun berat badan yang cepat dan efektif.

Menurunkan berat badan seringkali menjadi tantangan yang memerlukan dedikasi dan konsistensi. Di antara berbagai cara yang tersedia, olahraga merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Dengan kesibukan sehari-hari, seringkali kita kesulitan meluangkan waktu berolahraga di luar rumah. Namun jangan khawatir, ada banyak jenis olahraga untuk diet bagi remaja maupun orang dewasa yang dapat lakukan di rumah tanpa perlu alat rumit.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah tidak hanya efektif membakar kalori dan menurunkan berat badan tapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan baik untuk wanita maupun pria. Dengan konsistensi dan pemilihan olahraga yang tepat, Bunda bisa mencapai tujuan penurunan berat badan.

Baca Juga : 10 Minuman Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa, Mudah Bisa Dibuat Sendiri

Jika Bunda ingin menghindari kerumunan gym atau tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, olahraga di rumah bisa menjadi solusi yang ideal. Berikut pilihan olahraga untuk diet yang mudah dilakukan pemula di rumah.

1. Jalan kaki

Mengutip dari CNET, Bunda bisa berolahraga hanya dengan jalan kaki di sekitar rumah. Berjalan kaki juga dapat membakar lemak tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita pascamenopause yang sehat kehilangan 3,9 persen lemak tubuh setelah 30 minggu berjalan kaki dan 1,8 persen setelah 15 minggu jalan kaki. Meskipun tidak dapat menargetkan area tertentu, jalan kaki di sekitar pekarangan rumah dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Menurut Nature, berjalan kaki selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu menunjukkan penurunan berat badan dan persentase lemak tubuh yang signifikan. Penelitian tersebut bahkan menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit mungkin sama bermanfaatnya dengan berjalan kaki selama 60 menit (dengan pola makan yang sehat).

2. High-intensity Interval Training (HIIT)

HIIT juga dapat membakar lemak. Latihan ini bisa mengurangi lemak tubuh dan lemak perut secara keseluruhan.

Bunda dapat melakukan latihan sekuat tenaga selama 30 detik hingga beberapa menit dan kemudian 1 hingga 5 menit pemulihan dengan tingkat intensitas rendah. Latihan ini biasanya berlangsung sekitar 30 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan selama 5 menit, tapi dapat disesuaikan dengan kenyamanan dan tingkat kebugaran.

3. Burpees

Burpees adalah latihan tubuh penuh yang menggabungkan beberapa gerakan dalam satu rangkaian. Ini membantu membakar kalori secara efektif dan meningkatkan kekuatan serta daya tahan. Burpees melibatkan hampir semua otot utama dan meningkatkan metabolisme.

Cara melakukannya:

  • Berdiri dengan kaki selebar bahu.
  • Turunkan tubuh ke posisi jongkok dan letakkan tangan di lantai.
  • Lompatkan kaki ke belakang sehingga tubuh berada dalam posisi push-up.
  • Lakukan satu push-up, lalu lompatkan kaki kembali ke posisi jongkok.
  • Lompat tinggi dan ulangi.

4. Squat jump

Squat jump merupakan variasi dari squat yang menambahkan unsur plyometric, yaitu jenis latihan yang melibatkan gerakan cepat dan kekuatan eksplosif. Squat jump membantu membakar kalori dan memperkuat otot kaki serta glutes.

Cara melakukannya:

  • Berdiri dengan kaki selebar bahu dan lakukan squat dengan menurunkan pinggul hingga paha sejajar lantai.
  • Dorong tubuh ke atas dengan melompat sekuat tenaga.
  • Mendarat dengan lembut dan langsung kembali ke posisi squat.

5. Mountain climbers

Latihan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan inti tapi juga meningkatkan denyut jantung sehingga efektif untuk membakar kalori. Mountain climbers adalah latihan kardio yang juga memperkuat otot perut dan bahu.

Cara melakukannya:

  • Mulai dari posisi push-up dengan tangan di lantai dan tubuh dalam garis lurus.
  • Tarik satu lutut ke arah dada, lalu ganti dengan lutut yang lainnya secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini secepat mungkin.

6. Plank

Plank merupakan latihan statis yang sangat efektif untuk membangun kekuatan inti dan stabilitas tubuh. Plank meningkatkan kekuatan inti dan membantu membakar lemak perut.

Cara melakukannya:

  • Mulai dari posisi push-up, tetapi letakkan berat badan pada lengan bawah.
  • Jaga tubuh tetap lurus dari kepala hingga kaki.
  • Tahan posisi ini selama mungkin.

7. Step-It-Up

Mengutip Shape, latihan plyometrik step-it-up ini melibatkan serangkaian latihan kaki, termasuk squat, jump, dan lunge. Latihan beban tubuh yang energik ini mencakup gerakan eksplosif yang benar-benar melatih kaki dan bokong Bunda untuk meningkatkan tenaga dan kekuatan.

Lakukan setiap gerakan selama 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik. Seluruh latihan akan memakan waktu kurang dari 30 menit untuk diselesaikan.

8. High knees

High knees merupakan latihan kardio yang baik untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. High knees membantu meningkatkan stamina dan membakar lemak tubuh.

Cara melakukannya:

  • Berdiri dengan kaki selebar pinggul.
  • Angkat satu lutut setinggi mungkin sambil berlari di tempat.
  • Ganti dengan lutut yang lain secara bergantian.

9. Bicycle crunches

Bicycle crunches termasuk latihan efektif untuk otot perut dan membantu dalam membakar kalori. Bicycle crunches meningkatkan kekuatan inti dan membakar kalori dari perut.

Cara melakukannya:

  • Berbaring telentang dengan tangan di belakang kepala dan kaki terangkat dengan lutut ditekuk.
  • Angkat kepala dan bahu dari lantai, lalu sentuh siku kiri ke lutut kanan sambil meluruskan kaki kiri.
  • Ganti sisi dan ulangi.

10. Jumping jacks

Jumping jacks adalah latihan kardio yang sangat sederhana namun efektif untuk meningkatkan detak jantung. Jumping jacks juga membantu dalam meningkatkan kebugaran kardio dan membakar kalori secara efektif.

Cara melakukannya:

  • Berdiri dengan kaki rapat dan tangan di samping tubuh.
  • Lompat dengan melebarkan kaki dan mengangkat tangan di atas kepala.
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi.

Jadwal Olahraga untuk diet

Ingin olahraga untuk diet turun 1 kg per minggu? Jangan asal olahraga, penting untuk mengingat beberapa elemen utama. Buat jadwal olahraga yang berkelanjutan dan fokus agar hasil diet optimal.

Mengutip Forbes, Bunda disarankan untuk tetap terhidrasi, fokus pada bentuk tubuh yang tepat selama latihan, dan tingkatkan intensitas secara bertahap seiring dengan peningkatan kebugaran.

Berikut contoh jadwal olahraga di rumah.

Senin: latihan ketahanan tubuh bagian bawah

Gunakan beban genggam atau mesin. Untuk squat dan lunge, jaga beban tubuh Bunda di tumit atau bagian tengah kaki untuk mencegah lutut melampaui jari-jari kaki.

Squat: Tiga set dengan 10 repetisi

Step-it-up: Tiga set dengan 12 repetisi (setiap kaki)

Selasa: Kardio dan inti

Lari dan HIIT di rumah selama 45 menit.

Plank: Tiga set 30 detik

Mountain climbers: Tiga set 1 menit

Rabu: Kardio dan mobilitas

Yoga: 30 menit menggabungkan gerakan mobilitas pinggul, bahu, tulang belakang, dan pergelangan kaki.

Jalan cepat: 30 menit

Kamis: Kekuatan tubuh bagian atas

Gunakan berat badan untuk push-up. Push-up. Tiga set 12 repetisi. Jika push-up standar terlalu sulit, modifikasi dengan menjaga lutut tetap di lantai atau coba push-up di dinding, meja dapur, atau meja. Jaga agar perut tetap aktif untuk menopang punggung.

Sabtu: Pemulihan aktif dan fleksibilitas

Jalan kaki atau bersepeda ringan selama 20 menit.

Rutinitas peregangan dinamis selama 10 hingga 15 menit.

Minggu: Kardio daya tahan tubuh

Lari dengan treadmill atau jalan cepat selama 60 hingga 100 menit (1 jam hingga sekitar 1 jam 40 menit).

Berolahraga di rumah menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang memungkinkan Bunda untuk tetap aktif tanpa harus pergi ke gym. Mengintegrasikan berbagai jenis latihan seperti burpees, squat, dan lain-lain dalam rutinitas harian dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan sekaligus meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Pilihan Redaksi

  • 5 Tips Ngemil Sehat Pakai Apel, Anti Lapar dan Tidak Bikin Gemuk
  • Panduan Melakukan Fasting Mimicking Diet yang Bisa Turunkan BB dan Bikin Awet Muda
  • Jadwal Diet Intermittent Fasting Tanpa Nyiksa, Cocok untuk Pemula

Kombinasikan olahraga ini dengan pola makan sehat untuk hasil yang lebih optimal. Dengan disiplin dan konsistensi, Bunda dapat mencapai tujuan penurunan berat badan yang diinginkan tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment