Informasi Terpercaya Masa Kini

Misteri Hilangnya PM Australia Harold Holt pada 1967, Berenang di Pantai Lalu Lenyap Selamanya

0 3

SYDNEY, KOMPAS.com – “Perdana Menteri Australia Harold Holt hilang.”

Itu adalah kata-kata yang bergema dari pesawat televisi dan radio di seluruh Australia pada 17 Desember 1967, hari ketika Holt terjun ke ombak di Pantai Cheviot dekat Melbourne dan tidak pernah terlihat lagi.

Pemimpin Australia itu diduga tenggelam. Tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan, yang mengarah ke berbagai teori konspirasi, termasuk satu buku yang mengklaim bahwa dia telah dibawa oleh kapal selam China.

Berpuluh-puluh tahun setelah kepergiannya, karir panjang Holt sebagai politisi Australia yang progresif dan inovatif telah sepenuhnya dibayangi oleh sifat misterius kematiannya.

Baca juga: Misteri Asal Muasal Pager dan Walkie-Talkie yang Meledak di Lebanon…

“Teori konspirasi telah menjadi sangat terkenal dan hampir menjadi bagian dari cerita rakyat Australia,” Tom Frame, penulis biografi Holt dan direktur Kelompok Riset Kepemimpinan Publik di Perpustakaan Howard Universitas New South Wales, mengatakan kepada CNN, 2017 lalu.

Holt menjadi Perdana Menteri Australia pada Januari 1966, hanya dua tahun sebelum dia menghilang.

Dia pernah menjadi menteri yang setia di bawah pemimpin terlama di negara itu, Sir Robert Menzies. Menzies sangat kontras dengan Holt yang lebih muda, berusia 59 tahun.

“Dia seperti membawa hawa baru” kata John Warhurst, profesor politik emeritus di Universitas Nasional Australia.

“Dia lebih muda (dari Menzies), dia terkenal sebagai pria yang sangat bergaya dan progresif … Dilihat dari hari ini, dia adalah perdana menteri Australia modern pertama,” tambahnya.

Meskipun masa jabatannya relatif singkat, Holt mendapatkan serangkaian pencapaian signifikan termasuk mengubah mata uang Australia menjadi dollar dan sen dari sistem pounds dan pence yang rumit.

Kinerja lain pada masanya sebagai pemimpin adalah referendum nasional tahun 1967 yang bersejarah, yang membuka jalan bagi penduduk asli Australia untuk dihitung di antara penduduk negara itu.

Baca juga: Misteri Tarian Melayang Berezka Ensemble, Tekniknya Masih Dirahasiakan, Keluarga Pun Tak Tahu

Frame mengatakan Holt juga salah satu politisi pertama yang bekerja untuk mengakhiri kebijakan Australia Putih yang terkenal kejam, yang sangat membatasi imigrasi dari negara-negara non-Eropa, dan menjangkau tetangga-tetangga Asia di negaranya secara diplomatis.

Bukan hanya Asia yang diinginkan Holt untuk dituju oleh Australia. Sebagai Perdana Menteri, dia membangun persahabatan pribadi yang erat dengan Presiden AS saat itu Lyndon B Johnson.

“Dia menginginkan lebih banyak keterlibatan AS di Asia dan, karena dia memiliki hubungan pribadi yang baik dengan Johnson, dia mencoba menggunakannya untuk membujuk, mendorong, dan membujuk orang Amerika untuk menjadi bagian dari Asia,” kata Frame.

Hilangnya Holt terjadi pada hari Minggu yang panas dan lembap, cocok untuk berenang.

Sebelum makan siang pada 17 Desember 1967, Holt memutuskan untuk pergi ke pantai setempat, dekat dengan rumah liburan miliknya di Portsea di pantai Victoria.

“Ada seorang pelaut keliling dunia yang sedang berlayar ke Port Philip Bay (Melbourne), dan mereka pergi menemuinya. Dia (Holt) ada di sana bersama seorang teman wanita dan beberapa tamu rumah yang lebih muda,” kata Frame.

Holt dalam banyak hal adalah pria Australia klasik: suka berteman, sporty, memiliki selera hidup. Dia menikmati aktivitas menyelam dan spearfishing meskipun dia bukan perenang yang sangat handal.

Baca juga: Misteri Alice Guo, Mantan Wali Kota di Filipina yang Ditangkap di Tangerang

Tetapi saat itu, perdana ,enteri tidak dalam kondisi kesehatan yang sempurna. Dia baru saja menjalani operasi bahu dan telah diberitahu oleh dokternya untuk beristirahat setelah operasi.

Saksi mata di pantai mengatakan kepada polisi bahwa air pasang sangat tinggi dengan arus bawah yang kuat hari itu. Beberapa mengatakan itu adalah yang tertinggi yang pernah mereka lihat.

Meskipun demikian, Holt mulai berenang lebih jauh dari pantai, ke perairan yang lebih dalam, kata sebuah laporan polisi tahun 1968.

Salah satu hal terakhir yang dikatakan Holt kepada kelompok itu sebelum dia masuk ke air adalah, “Saya tahu pantai ini, seperti punggung tangan saya.”

Seorang saksi mata melihat Holt terus menerus sejak dia memasuki ombak lalu air tampak bergolak.

Australia terpana mendengar berita hilangnya perdana menteri mereka.

Detektif amatir, polisi, dan bahkan tentara Australia turun ke pantai untuk mencari pemimpin yang hilang, atau setidaknya jenazahnya.

Pencarian telah melibatkan hingga 300 orang pada waktu-waktu tertentu tetapi akhirnya dibatalkan pada 5 Januari.

Tidak ada jejak Holt yang pernah ditemukan, yang tersisa hanyalah tumpukan pakaiannya yang tergeletak di pasir di Pantai Cheviot.

Kepergiannya membuat kematian Holt menjadi bagian dari cerita rakyat Australia, dan memicu perdebatan sengit.

Ada spekulasi liar di media bahwa Holt telah bunuh diri, putus asa atas pernikahan yang diduga berantakan atau lelah dari pekerjaannya. Polisi dalam laporan tahun 1968 mereka menemukan bahwa hal ini sangat tidak mungkin.

Teori-teori lain memiliki kadar konspirasi yang lebih tinggi. Beberapa mengeklaim ada semacam kekuatan asing yang terlibat, bahwa dia dijemput oleh misi Rusia atau China dan dibawa pergi.

Bahkan ada sebuah buku yang dicemooh secara luas, berjudul “Perdana Menteri Adalah Mata-Mata” oleh jurnalis Inggris Anthony Grey, yang menuduh Holt sebagai mata-mata China, dan telah dievakuasi ke kapal selam China dari Pantai Cheviot di akhir misinya.

Hilangnya Holt membuat Partai Liberal yang berkuasa menjadi kacau, mengakibatkan serangkaian pemimpin jangka pendek yang tidak efektif dan akhirnya kembalinya Partai Buruh ke pemerintahan pada tahun 1972, setelah 23 tahun keluar dari pemerintahan.

Baca juga: Misteri Trotoar di Kuala Lumpur Tiba-tiba Telan Turis India, Korban 5 Hari Belum Ditemukan

Partai Liberal sendiri belum sepenuhnya pulih dari kematian Holt, hingga tahun 1975, ketika calon Perdana Menteri Malcolm Fraser mengambil alih.

Leave a comment